Blog Competition

5 Tempat Wisata Libur Lebaran dan Tahun Baru di Bandung Bareng Keluarga

“Pokoknya kalau ke Bandung kita harus ke tempat wisata ya mas” kata-kata itu yang jadi prasyarat dari istri setiap kali saya ingin pulang kampung ke Bandung bareng keluarga. Ya, permintaan yang wajar sih. Soalnya Bandung emang banyak banget tempat wisata yang cocok bareng keluarga. Terlebih jelang libur lebaran apalagi saat libur tahun baru, suasana Kota Bandung seakan tak pernah berhenti berdetak.

Bandung yang jadi kota kelahiran saya memang kini sudah banyak berubah. Mulai dari berdirinya beberapa taman kota tematik hingga beberapa infrastruktur kota yang memanjakan warganya. Tapi, yang tak lekang adalah jajanan khas Bandung yang bikin tambah kangen, mulai dari batagor, cimol, mi kocok sampai jajanan kekinian seperti kue cubit green tea.

Kalau mau diurutkan memang banyak banget lokasi tempat wisata di Bandung. Karena saya tinggal di Bandung bagian Utara, jadi saya mau cerita aja tempat wisata sekitaran Lembang dan Dago, Bandung.

Lokasi-lokasi ini saya kunjungi dalam waktu yang berbeda-beda bahkan bisa selang beberapa bulan. Salah satu yang memang paling sulit dilupakan itu ya saat mengunjungi tempat wisata yang baru dibuka, kemudian booming setelah kita kunjungi. Rasanya beruntung aja bisa jajal pertama kalinya sebelum tempat wisata itu jadi lebih ramai.

1 . Farm House Lembang

Tempat yang satu ini memang cocok buat keluarga yang suka selfie. Banyak tempat keren dan bernuansa Eropa banget. Mulai dari Rumah Hobbit sampai mini farm dan peternakan kecil.

Yang saya suka, anak-anak bisa betah berlama-lama di sini karena tempatnya unik, menarik dan juga banyak tempat duduk-duduk sambil menikmati sosis khas Lembang.

2. The Lodge Maribaya, Lembang

Lokasinya enggak terlalu jauh dari Farmhouse Lembang. Jalannya aja yang lumayan menantang, selain agak sempit juga berbatu. Hati-hati aja ya saat berkendara ke tempat wisata yang satu ini.

Tempat wisata ini memang cocok untuk keluarga yang memiliki anak remaja. Ada beberapa wahana yang bisa memacu adrenalin seperti sky swing sampai sepeda gantung. Kalau saya sih cukup selfie-selfie cantik aja bareng keluarga. Latar belakang hutan pinusnya yang bikin The Lodge Maribaya jadi salah satu tempat hits di sosial media. Gak ada salahnya kalau libur lebaran jalan-jalan ke The Lodge Maribaya. Kalau mau sekalian nginep, ada fasilitas glampingnya juga lho.

3. Teras Cihampelas

Nah, kalau yang ini salah satu kreasi walikota Bandung terbaru, Ridwan Kamil. Kalau di media sosial sih lebih populer di kenal dengan Syk Walk Cihampelas seperti di Singapura. Bedanya, Sky Walk Cihampelas ini jadi tempat pedagang kaki lima berjualan dengan lebih bermartabat.

Saya sengaja datang pagi-pagi ke Teras Cihampelas supaya bisa dapet spot foto yang oke. Soalnya kalau kata teman saya, Teras Cihampelas selalu ramai saat sore hari.

Buat liburan tahun baru, Teras Cihampelas cocok banget buat menhabiskan waktu sambil menunggu pesta kembang api di Bandung. Asal enggak hujan aja ya hehe.

Tempatnya emang instagramable banget. Ada tempat duduk yang nyaman juga beberapa papan informasi yang ngebantu banget para pengunjung tentang fasilitas yang ada di Teras Cihampelas mulai dari toilet umum hingga mushola. Keren banget kan sampai ada tempat ibadahnya?

4. Dago Dream Park Bandung

Tempat wisata Dago Dream Park Bandung dekat dengan Tebing Keraton dan Taman Insinyur Haji Juanda. Tempat ini benar-benar berada di tengah-tengah hutan pinus. So, tempatnya adem banget dan berasa banget hutannya.

Terutama saat siang hari malah berasa kaya udah sore hari. Jalan-jalan di Dago Dream Park bisa lupa waktu tiba-tiba udah sore aja.

Ada banyak wahana yang cocok buat anak-anak untuk menghabiskan waktu libur lebaran ataupun libur tahun baru di Dago Dream Park.

Setiap wahana cukup terjangkau kok mulai dari Rp15 ribu sampai dengan Rp35 ribuan. Ada wahana tunggang kuda hingga Archery (Panahan). Udah kayak wisata halal a la sunnah Nabi aja kan?

5. Warung Langit, Ciburial, Dago Atas Bandung

Buat keluarga yang suka dengan tempat wisata anti mainsteram rasanya harus coba ke Warung Langit. Warung ini kalau menurut saya bukan sekadar tempat makan sih. Bisa juga jadi tempat wisata karena pemandangannya yang oke banget. Wisata bareng keluarga di Warung Langit saat cuaca cerah bisa menikmati pemandangan kota Bandung yang menawan.

Kita bisa duduk di dalam warung ataupun di luar warung. Ada beberapa tempat yang disediakan. Kalau kata keluarga saya sih enaknya ke Warung Langit jelang sore. Soalnya suasananya benar-benar kerasa banget saat sore jelang malam. Lampu-lampu kota Bandung mulai terlihat kerlap kerlipnya.

Salah satu yang saya suka di Warung Langit itu menyediakan segala jenis kuliner organik dan herbal. Contohnya ini saya pesan bayam organik goreng dan es jeruk nipis campur daun mint. Duh, rasanya segar banget apalagi sambil mendengar semilir angin bersahutan dengan pemandangan kota Bandung dari ketinggian.

Lokasi Warung Langit ini paling dekat dengan rumah saya di Ciburial. Pokoknya patokannya naik dari Jalan sebelum Pesantren AlQuran Babussalam, ikuti jalan ke Cibengang. Nanti tinggal tanya sama warga aja Warung Langit.

Setidaknya saya memang selalu mengagendakan liburan bareng keluarga dua kali dalam setahun terutama saat liburan. Ada sih rencana wisata ke luar negeri. Tapi untuk ke luar negeri saya memang rada ngeri dengan beberapa pemberitaan travel wisata yang nakal terutama travel wisata haji dan umroh.

Jadi, sebagai konsumen justru kita yang dituntut untuk lebih cermat dan teliti memilih travel wisata yang benar-benar amanah dan bisa memberikan pelayanan yang maksimal kepada para pengguna jasanya.

Kenapa harus pilih jasa travel wisata halal? Buat keluarga yang sudah disibukkan mengurus anak, rasanya pilihan tepat untuk menggunakan jasa travel wisata. Kita hanya tinggal ikut itinerary yang sudah diberikan dan duduk manis menikmati setiap perjalanan bersama keluarga.

Selain itu juga, dalam memilih travel wisata harus diperhatikan dengan menu-menu yang disajikan. Menu yang kita konsumsi benar-benar harus terjamin halal. Makanya pemilihan travel wisata halal bukan sekadar cap atau labelnya saja, tapi dalam praktiknya juga memikirkan hingga ke menu makanan halalnya juga.

Merujuk pemberitaan Gatra, umat Islam juga dianjurkan memilih travel wisata yang sudah menjalankan Fatwa MUI tentang  Pedoman Penyelenggaraan Pariwisata Berdasarkan Prinsip Syariah.

Jadi, berpedoman pada Fatwa MUI tersebut keluarga benar-benar dijaga dari hal-hal yang subhat terlebih dari hal-hal yang haram. Apalagi jelang Libur Lebaran dan Libur Tahun Baru banyak keluarga yang memang sudah merencanakan wisata bersama.

35 comments
    1. Dzulfikar

      @Jalan-Jalan KeNai haha iya mak, itu salah satu problem yang gak bisa dihindari saat ke Bandung, Macetos. Warga Bandung aja gerah kalau pas weekend, soalnya pasti macet, terlebih saat awal bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *