Review

3 Langkah Mudah Kirim Uang Lewat Alfamart

Salah satu adik saya kini ada yang kuliah lagi di Jakarta. Nah, kebetulan waktu itu saya bingung mau kirim uang ke dia yang belum punya rekening. Ternyata saya baru tahu kalau bisa kirim uang lewat alfamart. Prosesnya juga mudah tanpa antre panjang di bank.

Biasanya memang saya transfer uang lewat atm atau lewat teller di bank. Itupun setelah tahu nomor rekening yang dituju. Awalnya saya tahu karena browsing juga. Jadi di salah satu postingan ada yang kecopetan di pelabuhan dan butuh uang cash segera.

Nah, ternyata di pelabuhan tersebut ada minimarket. Kenapa harus lewat minimarket? Sebetulnya cara konvensional kirim uang tanpa rekening bisa menggunakan wesel pos. Tapi teknologinya udah kalah dengan pengiriman lewat rekening bank.

Apalagi sekarang jumlah minimarket lebih banyak dibandingkan dengan keberadaan kantor pos. Memang sih ada mobil pos yang bisa keliling tapi jumlahnya sangat terbatas. Belum lagi dengan kendala jam buka kantor pos yang mengikuti jam kerja. Beda dengan minimarket yang kadang bisa buka 24 jam.

Singkat cerita, korban yang kecopetan di pelabuhan tersebut bisa mendapatkan uang setelah temannya transfer lewat alfamart. Prosesnya cukup mudah. Kalau kamu juga punya kendala yang sama bisa langsung datang ke alfamart terdekat.

Baca juga Heran, 3 Kali Makan Disini Kok Cuma 7 Ribu?

Syarat kirim uang lewat alfamart

  • KTP pengirim
  • No handphone pengirim uang
  • No handphone penerima uang
  • Uang yang akan dikirimkan

Setelah semua syarat lengkap, saya lalu mendatangi salah satu alfamart di dekat kantor saya. Tinggal nyeberang aja. Apalagi ada tiga minimarket juga di sekitar kantor saya di Jakarta Barat.

Setelah bilang ke penjaga tokonya, kemudian saya dilayani sama seorang penjaga tokonya. Dia langsung meminta syarat-syarat yang diminta.

Saya langsung sigap memberikan KTP saya. Kemudian dia mencatatnya pada sebuah lembar formulir. Nah, biasanya slip setoran seperti ini kalau di bank, harus nasabah yang mengisi sendiri. Sedangkan di alfamart, penjaga tokonya yang akan mengisi lembar formulirnya.

Baca juga Bakso Urat enak di Pamulang

Setelah semua data lengkap, saya diminta nomor handphone penerima uang. Beberapa cabang ada yang memberikan notifikasi lewat sms. Tapi di cabang yang saya datangi ini hanya memberikan secarik kertas.

Jangan lupa kirim kode penarikan ke orang yang akan menerima uang. Saya hanya tinggal foto bukti resi ini dan kirim menggunakan whatsapp ke adik saya.

Tapi bisa juga sih sms kodenya aja. Khawatir penerima tidak punya paket data jadi gak bisa buka whatsapp, apalagi buka gambar yang dikirimkan.

Berapa Biaya Kirim Uang Lewat Alfamart? Klik Next…  

373 comments
  1. Andi

    Saya Tanya Ke AlfaMart Terdekat, Kata Yang Bertugas Tidak Bisa Transfer Uang ? Apkah DiAlfa Tersbut Tidak Tersediaa Untuk Transfer Uang Mas ?
    Apkah kita Masuk Ke Alfa salah Bicara ? Seharanya Ada singaktan Yang Harus Disingkat apakah benar ?

  2. inaj

    Hey guys aq inah.dari Cilacap
    Aq kirim tadi jam3’n dari jakarta ke Cilacap kox di Cilacap kawunganten.kox kasir y bilang gx bisa ngambil uang
    Tolong y guys info y

  3. surya

    Lur ibu ga bisa ambil karna ktp tidak aktif msa aktif abis terus uang nya bisa di ambil lagi gak mohon bantuan nya kta nya alfa gk bisa di gagalin krna udah sukses gitu

  4. surya

    Lur aqu minta bantuan nya saya kirim lwat alfa dri jkrta trus penerima nya ktp nya msabaktif nya habis trus gk bisa dibambil trus saya ke alfa lgi ktanya gk bisa di gagalin udah sukses aqu bingung tlong infor masi nya

    1. Dzulfikar

      @Zainul tentu tidak perlu mas. Fungsi alfamart seperti Kantor Pos atau ATM. Nanti penerima bisa mengambil di cabang alfamart mana saja. Yang penting penerima jelas sesuai nama KTP dan punya nomor hape.

  5. Bimo

    Kalau pengirimnya punya rek mandiri si lebih cepet pakai e-cash mas
    kaya saya mau kirim uang ke adik & dia ga punya mandiri, akhirnya saya suruh daftar e-cash dulu terus saya bantu upgrade no e-cashnya supaya bisa tarik tunai di atm

    setelah e-cash beres lalu saya transfer dari mandiri ke e-cash dia & setelah dana masuk bisa langsung diambil di atm tanpa perlu kartu tapi yaitu harus bulat angkanya karena di atm minimal 50ribu yg bisa diambil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *