Cerita Pertama Kali Liburan ke Legoland Malaysia

By | January 27, 2019

Sudah lama keluarga saya mendambakan bisa liburan ke Legoland Malaysia. Malahan anak saya sudah nonton beberapa kali film tentang sejarah pembuatan Lego di Youtube.

Mengingat keinginan anak yang begitu kuat buat liburan ke Legoland makin besar, apalagi ditambah dengan video dari Acan dan Acin yang beberapa kali liburan ke luar negeri.

Buat saya yang baru beberapa kali ke luar negeri juga punya keinginan dong ajak keluarga. Akhirnya mimpi itu coba kami pupuk supaya bisa segera terwujud.

liburan ke legoland malaysia
Water Park Legoland Malaysia

Beruntung kesempatan itu akhirnya datang juga. Sejak awal pertengahan tahun 2017 saya sudah mempersiapkan keberangkatan ke Legoland Malaysia bareng keluarga. Di samping itu juga saya sudah menabung 6 bulan sebelumnya.

Cara kami menabung cukup unik. Ini juga terinspirasi dari cara para backpacker yang menabung demi ongkos liburan ke luar negeri. Jadi, kami menabung dengan mengumpulkan setiap lembaran uang dua puluh ribuan.

Apapun alasannya kalau dapat kembalian uang dua puluh ribuan wajib hukumnya masuk celengan. Alhamdulillah ternyata dengan cara menabung seperti itu kami bisa punya bekal yang cukup untuk ke Legoland Malaysia.

Sembari menabung untuk bekal ke liburan ke Legoland Malaysia, saya juga melakukan riset. Mulai dari tiket pesawat, hotel sampai dengan makanan dan keperluan apa saja yang kira-kira bakal kami butuhkan selama di luar negeri.

liburan ke legoland malaysia
water park Legoland Malaysia

Salah satu cara riset yang saya lakukan adalah membaca beberapa pengalaman beberapa blogger yang sudah liburan ke Legoland bersama keluarganya. Sekalian aja mau bilang terima kasih sama teman-teman blogger yang sudah menuliskan beberapa tips bermanfaat saat liburan ke Legoland.

Salah satu yang juga cukup krusial itu ternyata cara ke Legoland. Ada beberapa yang masuk melalui jalur Singapura tapi ada juga yang langsung terbang ke Johor Bahru. Dengan berbagai pertimbangan dan was-was kebanyakan drama di Imigrasi Singapura, akhirnya saya putuskan untuk berangkat lewat Johor Bahru dan pulang lewat Singapura.

Rencana tersebut akhirnya memang berjalan dengan mulus. Sesuai perkiraan saya, ternyata lebih mudah dan lebih dekat ke Legoland dari Johor Bahru daripada dari Singapura.

Oh ya, kami berangkat Jum’at malam dan pulang Selasa malam dari Singapura. Total menghabiskan 4 hari 4 malam traveling pertama kali ke luar negeri bareng keluarga.

liburan ke legoland malaysia
Main lego raksasa di Water Park

Jumat malam sengaja memilih penerbangan paling akhir supaya tetap bisa ngantor, jadi tidak perlu nambah cuti terlalu lama. Tiba di Johor Bahru memang sudah larut malam tapi bisa langsung ke Hotel yang dekat dengan AEON Mall Malaysia di sekitar Taman Nusa Bestari di Johor.

Esok harinya mencari sarapan terlebih dahulu di sekitar hotel barulah ke Legoland Malaysia. Kami memang sudah menyusun itinerary selama di Johor Bahru untuk tiga hari. Dua hari menghabiskan waktu di Legoland, satu hari di Johor Bahru dan satu hari terakhir di Singapura.

Rencana ini memang sudah dikalkulasi dengan perhitungan tiket, pesawat, tiket masuk ke Legoland, sampai dengan beberapa tiket masuk ke tempat wisata di Johor Bahru. Kalau mau lebih ringkas untuk membeli tiket Legoland Malaysia bisa pesan langsung di Traveloka untuk pemesanan Theme Park maupun Water Park.

Hanya saja memang harus pandai-pandai memperkirakan cuaca. Hari pertama di Legoland, kami justru main ke Water Park terlebih dahulu, padahal cuaca sangat menyengat. Untuk yang satu ini saya juga sudah diingatkan untuk membawa topi, kacamata dan tabir surya. Hanya saja tabir suryanya tidak boleh dipakai saat berenang ya.

liburan ke legoland malaysia
Seharian di Theme Park kudu kuat jalan

Justru pada hari kedua malah kebagian hujan hahaha. Tapi, lumayan juga sih, karena tidak terlalu panas dan cenderung gerimis, kami cukup puas seharian berada di Theme Park meskipun tidak bisa mencoba semua wahana yang ada. Overall, beberapa wahana terbaik sudah kami jajal selama seharian penuh.

Meskipun ada food court di dalam theme park dan water park, saya tetap membawa camilan sendiri dan air minum di dalam botol. Nah, makannya bisa makan di luar baru masuk kembali. Cuma kalau di water park agak ribet, jadi cukup beli paket makan aja di food court yang tersedia di dalam.

liburan ke legoland malaysia
Wahana Ninja Go di Legoland Malaysia

Kalau membawa anak-anak yang masih kecil di bawah 5 tahun lebih baik bawa stroller dari rumah atau bisa juga sewa. Tapi, stroller ini pasti banyak manfaatnya tidak hanya saat di Legoland aja sih, bisa juga dipakai saat jalan-jalan di Singapura atau saat keliling Johor Bahru.

Liburan di Legoland Malaysia menjadi liburan paling berkesan buat anak saya yang pertama. Yap, sementara anak saya yang kedua memang tidak terlalu paham tapi dia masih ingat saat bermain kolam arus dan lego-lego raksasa di Water Parknya.

Mudah-mudahan ada rejeki lagi buat ajak anak-anak ke Legoland Malaysia lagi di lain kesempatan.

61 thoughts on “Cerita Pertama Kali Liburan ke Legoland Malaysia

  1. Nurul Sufitri

    Aku belum pernah ke LegoLand. Ke luar negeri baru ke Singapur hahaha. Beda banget sama orangtua dan suamiku yang udah kenyang ke mana2 hahaha. Mudah2an ntar kesampaian halan2 ke LN kayak Bang Dzul. Mantap!

    Reply
  2. Adhika

    Wah inspirasi nih mas baca pengalamannya, karena lagi ada keinginan kesana juga haha

    Btw cara dari johor ke singapuranya naik apa mas sekeluarga gitu sama anak2? Saya juga pingin berangkat dari singapura ke johor dan balik lagi singapura tapi bingung di imigrasinya dan naik apanya haha

    Reply
    1. Dzulfikar Post author

      ada kok busnya, klo dari singapura bisa naik dari bandara langsung ke Legoland, tp klo dari Johor ada bus causeway link, klo dr Johor ongksnya pakai ringgit nah klo dari Singapura ongkosnya pake dollar singapura. bisa cek rutenya online di easybookdotcom kok

  3. Jalan-Jalan KeNai

    Kalau untuk anak-anak yang usia 12 tahun ke atas, masih cocok gak ya ke sini. Pengen ajakin anak-anak saya ke sini. Tetapi, masih ragu. Khawatir wahananya terlalu anak-anak buat mereka

    Reply
    1. Dzulfikar Post author

      klo buat SMP sih mending ke Universal Studio aja mbak hahahaha klo di sini menurutku sih lebih cocok ke TK sama SD

  4. dinilint

    Aku juga cenderung masukin uang 20 ribuan ke dalam tabungan. Kalo aku sih kalo malem masih ada uang 20 ribuan, baru aku simpen ke dompet buat tabungan.
    Tapi akhir-akhir ini suka susah, karena jajannya kebanyakan pake uang digital. Haha.

    Reply
    1. Dzulfikar Post author

      bener kak, udah enak pake cashless ya, jadi gak repot sama kembalian. klo gitu ya disiasatin aja 10 persen pas gajian langsung masuk ke tabungan

  5. nurri

    Pantes ya orang2 suka banget ke Malaysia, ternyata salah satu tempat liburannya ada Legoland ini juga/

    Reply
    1. Dzulfikar Post author

      iya, anak saya excited banget nginep di resortnya. yup, gak bisa sepelein the power of 20 ribu

  6. Cindy Vania

    Wah asyiknyaaa sudah kesampaian ke Legoland.
    Aku masih nabung2 nih, walau tetep kepake buat a b c juga. Hahaha

    Semoga kalau anak bungsu udah gede, kesampaian juga

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.