Cara bayar pajak motor jika KTP ganti alamat 2023

Cara bayar pajak motor jika KTP ganti alamat – Bagaimana cara bayar pajak motor jika KTP ganti alamat atau pindah rumah? Umumnya, alamat di STNK dan BPKB harus sesuai dengan alamat pemilik di KTP. Jadi, saat pemilik pindah alamat artinya data alamat di STNK dan BPKB pun harus ikut pindah.

Advertisement

Pengurusan pindah alamat atau pindah domisili ini bisa dilakukan pada saat perpanjang pajak tahunan atau pun saat perpanjang pajak 5 tahunan atau saat ganti kaleng plat nomor polisi.

Beli perlengkapan rumah tangga lengkap di sini

Syarat Pengurusan Pajak Pindah Alamat atau Mutasi Domisili

  • KTP Alamat Baru dan Fotokopi.
  • STNK Asli
  • BPKB Asli
  • Formulir Cek Fisik
  • Materai Rp10.000
Advertisement

Bawalah persyaratan tersebut ke domisili asal kendaraan, atau mengikuti alamat KTP sebelumnya.

Beli aksesoris motor dan mobil di sini

Contoh, jika alamat lama di Limo, Depok, Jawa Barat mau pindah ke Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, sudah jelas pindah lokasi domisili UPT SAMSAT.

Langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Cabut berkas di domisili asal.
  2. Bawa berkas ke samsat domisili yang baru.
  3. Cek fisik kendaraan di samsat domisili yang baru.
  4. Bawa formulir ke loket cek fisik.
  5. Bawa form ke loket mutasi alamat atau balik nama kendaraan.
  6. Tunggu panggilan untuk menerima notice pembayaran.
  7. Bayar di BANK yang tersedia di SAMSAT.
  8. Tunggu panggilan untuk perubahan STNK.
  9. Perubahan alamat BPKB kendaraan bisa dilakukan di Polda Metro Gatsu, Jakarta untuk Domisili JADETABEK.
  10. Jangan lupa ambil plat nomor jika ada perubahan nomor polisi kendaraan.
Advertisement

Biaya pindah alamat untuk Sepeda Motor siapkan saja antara Rp500 ribu sampai dengan Rp600 ribu, include pembayaran pajaknya.

Perlengkapan alat otomotif lengkap dan murah di sini

Biaya pindah alamat untuk Mobil siapkan saja antara Rp4 juta sampai dengan Rp5 jutaan include pembayaran pajak.

170 thoughts on “Cara bayar pajak motor jika KTP ganti alamat 2023”

  1. Slmt… Siang pak, mau tanya orang tua saya mau perpanjang pajak stnk tapi surat2 motor tersebut masih atas nama saya dan alamat rumah saya. Tapi sekarang alamat KTP saya sudah berbeda bukan alamat rumah saya, tapi masih sama2 wilayah jakarta timur juga sama alamat ktp saya yg skrng… Apa aja syarat2 dan berapa biayaya yg harus saya keluarkan… Terimakasih…..

    Reply
    • biasanya harus balik nama om. syaratnya bawa aja ktp baru dan stnk serta bpkb ke samsat terdekat. biayanya untuk balik nama mungkin sektiar 200rb variatif.

  2. Ijin bertanya pak..
    Saya mau perpanjang tahunan STNK motor atas nama saya. STNK dan BPKB jakarta timur (alamat lama), skrg saya pindah KTP di jaksel. Apa proses yg hrs saya lakuin pak? cabut berkasnya dmn? terima kasih pak atas jawabannya..

    Reply
  3. Pak mau tanya kalo kalo kecamatan sama kelurahan sama kota sama tapi kampung ya aja yg beda gimana pak apakah masih harus mutasi alamat? Mohon dibantu jawab

    Reply
  4. Pak mau tanya STNK motor saya domisili di Demak
    Sedangkan sekarang saya sudah pindah rumah di Boyolali
    Saya mau pajak tahunan tapi harus mengurus untuk menyamakan datanya dulu.. kira kira untuk ngurus data STNK dan BPKB apa bisa kalau mengurusnya langsung di domisili baru tanpa harus ke domisili awal

    Reply
    • klo beda polda tidak bisa kak, harus urus di domisili awal untuk cabut berkas baru bawa ke domisili baru klo beda polda. Misalnya polda jabar ke polda metro. Klo masih sama poldanya bisa langsung,

  5. Bang, motor ku mau bayar pajak dan ganti plat 5 tahunan. KTP baru udh pindah alamat, tapi masih punya KTP yg lama. Apakah bisa perpanjang 5 tahunan?

    Reply
  6. Mohon izin bertanya, motor saya dibeli di A ( kabupaten) a.n saya, bln Agustus 2023 nanti mati pajak 7 th dan sekarang ada pemutihan pajak s.d Des 2023. Sekarang saya dan motor nya sdh pindah di kota B (1 propinsi), yg ingin ditanyakan: cara mengurus mutasi & bayar pajaknya, apabila diminta ; apakah cek fisik kendaraan bisa di Samsat B, terimakasih

    Reply
    • Ambil berkas dulu di kabupaten A. Klo ada tunggakan pajak harus dibayarkan dulu. Setelah itu baru urus mutasinya ke kota B. Coba dicek klo polresnya beda udah beda wilayah. Jadi perlu mutasi. Klo dalam satu polda yang sama gak perlu mutasi. Cek fisik di kota B yang baru. tapi tetap bawa berkasnya dari kabupaten A.

  7. Bang tanya,saya punya kendaraan atas nama saya sendiri sesuai di KTP, sekarang sudah beda alamat tempat tinggal sudah beda kabupaten tapi masih 1 provinsi …apakah masih bisa perpanjang pajak nya. Atau harus cabut berkas jg bang.

    Reply
  8. Yth, kalo saya perhatikan birokrasinya kok ribet amat ya, sy mau pindah alamat rumah baru jadi bingung, bukannya kalo KTP kan sudah nasional NIK-nya ,kapan bisa disederhanakan saja pak dan bisa langsung online ….saya rasa harapan masyarakat semua begitu kok…tks

    Reply
    • Betul…bang Ribet, kemarin sy mau bayar pajak 2 unit R2 tp karna KTP sdah pindah alamat rumah harus mutasi …mending balik lagi lah…padahal kita mau bayar kewajiban pajak tp di bikin ribet…

  9. Halo bpk samsat yg baik, utk bayar pajak kiranya bisa di permudah lah pak. Klau rumit kyak gini, ujung ujungnya masyarakat juga enggan utk jadi warga yg taat bayar pajak. Salam Horas utk Indonesia. Tks

    Reply
  10. Halo bpk samsat yg baik, utk bayar pajak kiranya bisa di permudah lah pak. Klau rumit kyak gini, ujung ujungnya masyarakat juga enggan utk jadi warga yg taat bayar pajak. Salam Horas utk Indonesia. Tks

    Reply
  11. Bang mau nya dong, skrng kan ktp alamat nya di pulogadung tapi bpkb sama stnk masih alamat bekasi terus itu bayar ajak pertahunnya gimna dah yaa. Bisa atw nggk??

    Reply
  12. Bang maaf mau nanya, bkpb udah di balik nama dan sudah di mutasi dari jakarta barat ke jakarta timur, cuma alamat nya berbeda dengan yg di bpkb karna saya pindah alamat tapi masih dalam 1 kecamatan, itu ngurusnya ke samsat jakarta timur apa harus ke jakbar lgi ya bang, makasih

    Reply
  13. Bang tanya:kalo mau pajak tahunan tp alamat ktp dah ganti baru, apakah yg alamat stnk hrs ganti baru juga? Trus alamat di bpkb jg perlu ganti baru ga? Trus ngurus smua itu(ganti alamat stnk dan bpkb serta pajak skalian) kalo urus sndr di samsat bisa kelar 1 hari gak? Kira2 perlu balek lgi gak besokannya? Mksh bang

    Reply
    • iya klo domisili ktp ganti, alamat di stnk dan bpkb harus disesuaikan. Gak bisa sehari. BPKB paling cepet 2 mingguan. Klo STNK bisa sehari. Cm cabut berbas juga lama bisa 2-3 hari. Tegantung samsat mungkin beda2 durasi pekerjaannya.

  14. Bang, mau tanya ktp beda alamat sdh pasti cabut berkas dll !! Proses tahapan nya apakah sama dengan lampiran artikel disini (slide terakhir).

    Terimakasih

    Reply
  15. Bang maaf mau tanya ,kalau KTP pemilik sudah pindah domisili dan bpkb kendaraan masih proses angsuran di bank bagaimana mau bayar pajak kendaraan ? Mohon infonya Bang terimakasih

    Reply
    • Kurang paham klo masih dlm proses angsuran tp alamat beda. Dulu waktu masih cicil motor, sy ditawari pengurusan pajaknya sama pihak leasing, mungkin pihak bank bisa bantu mengurus. Tp pasti ada biaya tambahan.

  16. Bang nanya nih…motor dr 2013 sampe 2022 blm bayar pajak tahunan dan 5 tahunan sedangkan alamat bed krna pindah rumah…cuma samsatnya itu di lokasi yg sama…itu prosedurnya gimana ? Cabut berkas atau mutasi?

    Reply
    • Klo mutasi udah pasti cabut berkas. Klo kasusnya udh beda alamat harus cabut berkas dari samsat awal pindah ke domisili terbaru. Samsat baru sesuai dengan alamat ktp terbaru.

  17. Solo pajak motor , asal nama sesuai stnk walaupun beda alamat bisa² aja, ditangerang hrs persis nama berikut alamat ny. Sebenarnya ut pjk aslinya ap aj sih syaratny . Ko beda² tiap daerah. Mau byr ko susah amat.

    Reply
    • klo syarat cm ktp, stnk dan bpkb aja. kecuali klo masih kredit bawa surat pengantar dari leasing dan fotocopy bpkb.

  18. kenapa negara ini ribet sekali… lalu apa Fungsi dari Nomor NIK??? org itu bisa kpn aj pindah domisili sperti nikah, perluasan wilayah, kerja dll..
    masa iya harus ngrubah alamat di stnk dan bpkb juga, mana biaya jg mahal skaliii.. klo dinalar kan yg penting no NIK masih sama otomatis pemilik jg masih sama kan.. aneeehh

    Reply
  19. Bang mau tanya. Karena baru ganti ke e- no nik saya berubah. Tetapi nama dan alamat yg tertera masih sama dengan ktp yg lama. Apakah masih bisah digunakan untuk perpanjang stnk?

    Reply
  20. bang mau tanya kalau misalkan kita mau bayar pajak tapi ktp sudah pindah domisili pilihan nya mutasi atau balik nama ya? kalau misal perpanjang pajak pakai foto copy ktp lama bisa ga bang? atau hrs fisik nya jg?

    Reply
  21. Ribet ginii yaa ,pdahal ktp beda alamat juga kan ada NIK tinggal cek aja d web NIK ktp nya , aslii ney ribeet .. eh sory saya lagi ngmongin NEGARA ZIMBABWE

    Reply
  22. Klo semisalkan mau perpanjang pajak STNK tapi KTP sudah beda alamat namun masih 1desa cuma beda Alamat kampung/RT bisa ga bang ??

    Reply
  23. Klo misalkan perluasan rt gmn..sedangkan waktu ambil motor ktp saya rt08 sekarang pas ganti ktp yg elektrik di ktp saya rt03 sedangkan saya masih tinggal disituh juga masa dibilang kaga bisa…padahal belom lama saya bayar motor lain yg ktp baru bisa…ane ya…kecuali saya rmh pindah rt..ini kan cuma perluasan saja…klo memang harus merubah alamat kan bukan kesalan kita ya…masa sie harus merubah alamat lagi…kan perlu biaya juga…

    Reply
  24. Saya mau tanya, saya baru pindah KTP Jakarta dari Depok, saya sudah terlanjur bayar pajak mobil tahunan memalui e-samsa Depok, tapi saat mau pengambilan SKPD malah disuruh mutasi ke Jakarta, apakah penbayaran saya nge link? Atau disuruh bayar lagi ya?
    Dan berapa biaya pindah KTP tapi sudah bayar pajak ya??

    Reply
    • Klo sudah pindah ktp harus mutasi dulu baru bayar pajak. Sy dari Depok ke Tangsel seperti itu prosesnya. Mutasi dulu baru ganti kaleng/bayar pajak.

    • Halo mbak ini kasusnya sama seperti saya, untuk kelanjutannya seperti apa ya mbak? kebetulan asaya juga sudah terlanjur membayar online

  25. Salam sehat Bang..
    Maaf Bang, STNK saya sudah disesuaikan dengan alamat baru saat urus 5 tahunan tapi BPKB belum diubah alamat baru, dan barusan ke samsat untuk urus pajak tahunan di tolak karena harus ubah alamat BPKB di polda..
    Yang mau saya tanyakan apa saja yang harus disiapkan untuk ubah alamat saja di bpkb dan prosedur seperti apa?
    Mohon pencerahan.. Terima kasih Bang 🙏

    Reply
    • iya ke polda dulu, syaratnya bawa stnk asli yang sudah diubah alamatnya, ktp asli dan bpkb aslinya. siapkan fotokopinya untuk semua dokumen. prosesnya biasanya 2 minggu. Ada biayanya bisa langsung urus di polda. klo pakai jasa lbh mahal dan bisa lebih lama. tp tergantung klo mau cepat bisa lebih mahal juga.

    • Maaf tanya lagi bang, apakah bisa sekalian bayar pajak nya di polda mengingat beberapa hari lagi pajak nya habis, dan kalau tunggu 2 mingguan kemudian urus pajak apakah kena denda keterlambatan??

    • Kasusnya sama dengan saya Bang.
      Berarti ini masuk kategori BBN ya?
      & Bayar pajaknya sampe 2x

    • Judulnya ttp berubah alamat pasti ada biaya. Meski gak sebesar bea balik nama sepertinya. kmrn saya pindah kepemilikan dalam alamat yang sama vario 125 kena 500rb. Pindah pemilik dr kakak ipar. tp alamat masih sama di rumah mertua. Begitulah.

  26. Maaf saya mau tanya bang saya kan rencana mau pindah alamat dari tuban ke gresik . Otomatis d stnk harus di ganti domisili kan. Dan yang saya tanyakan apa boleh motor saya mash berdomisili masih plat tuban. Atau plat motor harus pindah juga ke gresik. Kalau ia lak ngurus dari tuban k gresik. Dan biayanya lak dobel.

    Reply
    • iya mmg gitu, jadi cabut berkas di domisili asal ke domisili baru itu bayar. nanti saat daftar di domisili baru daftar lagi bayar lagi. Begitulah mas.

    • Bang izin tanya, untuk cabut berkas karna pindah alamt KTP, pas di samsat domisili lama apakah kena biaya? Kalau iya berapa ya ? Atau hanya di samsat domisili bru yg kena?
      Sama kalau ubah alamat BPKB kena biaya berapa? Apakah bisa sekalian diurus saat cabut berkas di domisili lama?

    • cabut berkas di domisili lama. Biaya kmrn kena 150rb untuk motor ya. di domisili baru ya bayar lagi ada biaya admin untuk proses mutasi. klo ubah alamat di bpkb sama aja dengan mutasi nanti bisa diurus di samsat domisili baru. klo masuk polda metro urusnya di komdak. kmrn saya nitip urusin di samsat domisili baru. tp lupa brp ngurusnya.

  27. Bang mau nanya kan saya tadi baru aja urus mutasi dr bekasi ke bogor terus urus berkas mutasinya di bekasi apa sampe 30hari ya bang? Terus kena biaya 500rb kah?

    Reply
    • Biasanya max 3 hari. Mungkin krn mau Lebaran kali yaa. Kmrn sy abis 500rb juga untuk cabut berkas motor vario tahun 2015

    • iya bisa jadi gak perlu bayar BBN tapi prosesnya tetap sama harus cabut berkas dari samsat asal ke samsat baru. Jadi, mengikuti program pemutihan di samsat baru.

  28. Bang mau tanya, ktp saya cuma pindah RT saja dari RT 2 ke RT 3, di KTP rt 3 tapi di stnk dan bpkp Rt 2 bang,, apakah bisa ya??

    Reply
  29. Bang, saya sebelumnya ktp cirebon, stnk juga cirebon. sekarang pindah ktp boyolali. Untuk pajak tahunan apa bisa diurus di solo/boyolali dengan ktp baru?

    Reply
  30. Bang, saya mau tanya klo pindah alamat dalam 1 kelurahan dibekasi dan sudah jadi stnknya disamsat bekasi dan urus pindah alamat bpkb dipolda jakarta Gatsu prosedurnya seperti apa?

    Reply
    • bawa copy ktp, copy stnk dan copy bpkb serta semua dok asli (hanya untuk ditunjukkan saja) ke Polda. Nanti bisa diurus di bagian mutasi. Bisa titip urus lewat satpas sih biasanya. lbh murah dari biro jasa.

  31. Bang,saya mau nanya,alamat stnk maja alamat ktp saya sudah pindah ke serpong,tpi poto copi ktp lama msih ada,apa msih bisa di pke? Trs klo misalkn pindah alamat stnk brapa lama proses ny?

    Reply
    • biasanya alamat harus sama dengan alamat yang ada di STNK. Proses mutasi lama bisa 2 minggu karena harus cabut berkas dulu di samsat asal untuk dibawa ke samsat terbaru.

    • Bang dzul mau tanya sebelumnya dikeluarga saya ada motor milik dan atas nama kakak saya di stnk & bpkb (Depok), terus dia sekarang sudah berkeluarga dan pindah (Bogor) beserta ktpnya dia, tapi motornya memang ga dibawa dan emang untuk dipake pembantu saya disini (Depok), saya mau tanya kalo misal balik nama ke nama orang tua saya (Depok) itu gimana ya prosedurnya? Makasih bang dzul

    • Prosedurnya balik nama stnk di Depok aja. Jadi gak perlu mutasi. Balik nama ke alamat ortu di Depok. nanti klo perpanjang pajak ttp pake ktp ortu yang di Depok.

  32. Bang mau nanya, kalo misalkan kita udah pindah domisili dari tangerang ke bekasi, tapi masih punya ktp yg lama… kira kira boleh ga buat perpanjang stnk di tangerang ?

    Reply
  33. Bang mau nanya, kan saya beli motor di ktp lama ( jawa timur ) terus saya udah jadi warga dki, bisa kah pembayaran pajak dll menggunakan ktp saya yang dki? kebetulan ktp jawatimur saya sudah ga ada, mohon bantuannya. Terima kasih

    Reply
    • assalamualaikum om mau tanya, jadi saya kan melakukan balik nama stnk dan bpkb. dan 2 tahun lagi ganti plat nomer, nah di STNK nya udh berubah nama saya dan alamat nya itu di daerah jakarta timur, tapi PLAT NO motornya masih daerah jakarta barat (B), yang mau saya pertanyakan apakah nanti bisa saat mengurus perpanjang PLAT MOTOR 5 tahunan langsung jadi ke jakarta timur (T) om? dan kalo bisa apakah harus mengurus kembali data plat di stnk dan bpkb nya?🙏🙏

  34. Bang,saya mau bayar pajak STNK motor,tapi saya sudah pindah domisili dari Banten ke Jawa tengah ( Klaten) Gimana bang..mohon pencerahannya?

    Reply
  35. Bang dzul,

    Mau bayar pajak tahunan, tp alamat rumah sudah beda dan alamat ektp pun sudah ganti juga. Trus bpkb masih di leasing dengan alamat lama. Caranya gimana ya bang? Makasih

    Reply
    • Kalo Saya minta kode bayarnya via sambara lalu bayar di indomaret .. nanti ketika sudah lunas baru urus stnk yg baru

  36. Bang, kalau pindah alamat diktp beda kecamatan tapi masih 1 kabupaten artinya masih 1 samsat yang sama, itu kalau mau pajak ganti kaleng apa harus sama alamatnya juga ?

    Reply
  37. Bang saya mau tanya..saya baru update KTP,, di KTP baru nama saya ada yg berubah (tidak pakai fam/marga lg) dan alamat jg sudah ganti..saya mau perpanjang pajak tahunan,, apakah hrs balik nama terlebih dahulu? Klo domisili sih masih di samsat yg sama..terima kasih

    Reply
  38. Bang saya udah pindah alamat STNK Dan BPKB dari jakarta utara ke barat,apakah setelah itu perlu ada penggantian Plat nomer ? Karena pas saya urus pindah alamat di samsat dan polda tidak ada menyinggung untuk ganti plat nomer.

    Reply
  39. Saya mau tanya. Untuk saat ini kondisi mobil saya: plat B jkt, kena progresif ke 3.
    Namun saya pindah ke tangerang plat B juga dan jadi tidak kena progresif.
    Apakah biayanya adalah 4 s/d 5jt (+) pajak tahunan tnpa progresif? Atau masih kena progresif ya?

    Reply
    • Kalo boleh tau untuk motor kena berp kak, soal nya syaa mau byr pajak tahunan tpi alamat KTP sdh ganti dan KTP lama masih ada foto copy nya tpi d tolak g bisa byr kata ny hars k samsat minta ganti alamat gitu, tpi saya g tau berp biaya cuma rubah alamat saja dan nama pemilik tetap.

  40. Mau tanya, saya baru pidah Domisili dari kab.Ciamis ke kab.Bekasi dan saat ini sudah ber KTP kab.Bekasi,sedangkan di STNK dan BPKB masih alamat kab.Ciamis, apakah bisa bayar pajak tahunan dengan berbeda alamat di KTP dan di STNK juga Bpkb nya? Lalu untuk bayar pajak 5 tahun gimana? Kendaraan saya sepeda motor. Mohon pencerahan nya, Terimakasih?

    Reply
  41. saya pindah domisili masih dalam satu provinsi hanya beda kabupaten dan pajak 5 tahunan apakah saya dikenai biaya balik nama atau biaya mutasi saja?

    Reply
  42. Mau tanya,saya mau perpanjang pajak tahunan,waktu beli motor pakai KTP Jakarta barat,sedangkan ktp saya sekarang sudah pindah ke Tangerang kota,itu bisa tidak ya buat perpanjangan pajak tahunan,lalu bagaimana mana proses nya

    Reply
  43. Mau nanya mas, jika kendaraan saya ini alamatnya di daerah asal sumatera barat, kendaraannya pun berada di sumatera barat, nah ktp saya sekarang sudah jawa barat, saat saya membayar pajak di sumatera barat, ga bisa, padahal saya sekarang sudah berada di sumatera barat. Kenapa ga bisa ya ? Dan harus bayar denda 170ribu..

    Reply
  44. Mas mau tanya,mau bayar pajak tahunan tapi alamat pindah tapi masih satu kabupaten apakah harus ganti semuanya seperti STNK BPKB.dan saya tanyakan juga berapa besar bayar itu semua sampai 500 ribu apa lebih mas

    Reply
    • klo pemilik pindah alamat, domisili kendaraan harus ikut pindah sesuai domisili pemilik. Biaya mutasi saja. klo total biaya tergantung jenis kendaraan dan tahun pembuatannya.

  45. Mf mau tanya, kalo ktp sblmnya di kabupaten, yg terdapat d stnk dan alamt ktp yg baru di kota nya, apa sama harus cabut berkas dlu d samsat kabupaten dan lanju pengajuan lg di samsat kota? Trmksh

    Reply
  46. Bang mau tanya, saya mau mengurus perpanjangan 5th plat motor, tapi ktp lama saya alamat surabaya sudah habis masanya 2020, dan e-ktp saya luar daerah tepatnya NTT. mau ngurus di samsat kendala alamat ktp beda, walau kepemilikan sendiri. ini solusinya gimana ya bang? perlukah balik nama BPKB&STNK atau mutasi sesuai alamat KTP ya bang? saya stay di sby bang.

    Reply
  47. Bang saya mau nanya, kalau bayar pajak motor tahunan beda alamat bisa tidak ya. Motor saya belinya di Bojonegoro jatim, karena saya memang asli bojonegoro Jatim, sekarang ini saya pindah alamat di Surabaya, tapi pindah saya sifatnya hanya sementara, suatu saat akan kembali ke kota asal. Apakah STNK dan BPKB harus ikut ganti alamat? Mohon pencerahannya trimakasih

    Reply
  48. jika alamat ktp pindah nya beda kecamatan gimana bang, tapi masih sama di tangerang selatan…
    stnk alamat di kecamatan pondok aren
    ktp udh pindah kecamatan pamulang
    harus cabut berkas atau msh bisa di perpanjang stnk nya tanpa cabut berkas..?

    Reply
  49. Bang mau tanya KTP saya tadinya Jakarta pusat sekarang tambun karena pas punya motor itu masih single sekarang udah berubah tangga jadi KK dan KTP udah pindah alamat.

    Apakah nanti yang harus disiapkan bang disamsat

    Reply
  50. Mau tanyaa,
    Saya kan pindah rumah ni ,dan ktp juga pindah krna tinggal disini
    STNK mtor sya Masi alamat yg lama.nah KTP sya alamat baru
    ,Klo mau pindah alamat bru di STNK apa hrus cek fisik dll, Masi sama” kota Bekasi, cuma beda kecamatan dan klurahan aj

    Reply
    • Prinsipnya ttp harus pindah sih meski sama2 di kota Bekasi. Tp om bisa memastikan lagi ke kantor Samsat.

  51. Bang, kalau misalkan alamat KTP Bekasi (cikarang), dan sekarang tinggal di Jakarta (cipinang) yang kebetulan alamat nya sesuai dengan STNK dan BPKB (di cipinang jakarta), itu tetep masih harus cabut berkas di samsat bekasi, apa bisa langsung ke samsat jakarta (cipinang) dan bawa surat domisili dari RT RW (yang dari jakarta) untuk perpanjang pajak 5 tahunan.

    Reply
    • Perpanjang pajak 5 tahunan ini kan harus cek fisik.
      pemilik di SNTK dan BPKB harus akur dengan identitas pamilik KTPnya.

  52. Bang mau tanya, kalau saya pindah domisili/ktp dari bandung ke depok. Nah november ini motor kena pajak 5 tahunan. Prosedurnya apa sama utk mutasi? Cabut berkas di bandung aja baru nanti ngurus mutasi masuk di depok? Posisi motor di depok. Apa tetep harus cek fisik juga di bandung ya. Soalny jauh klo bolak balik. Sama syarat cabut berkas apa ya?

    Reply
    • Pindah domisili udah otomatis cabut berkas gan. Cek fisik udh pasti harus menghadikan motornya. Syarat cabut berkas atau mutasi sudah saya tulis di artikel. Dibaca lagi aja dari awal.

  53. Salam sehat Bang.
    Mohon pencerahannya bang.
    Bang saya beli mobil bekas, STNK mobilnya Jakpus. Alamat saya di Bekasi. Kalau saya cuma mau balik nama bisa tidak ya, biar tidak perlu cabut2 berkas segala. Apa tetap harus menyesuaikan alamat KTP?
    Terima kasih Bang.

    Reply
    • Iya, balik nama sama saja dengan cabut berkas. Semua nanti disesuaikan dengan KTP pemilik yang baru dari pemilik lama. Saya beli motor saudara, 1 alamat tetap balik nama. cabut berkas juga meski tidak mutasi/pindah alamat.

  54. Selamat siang.. saya mau tanya. Klo motor saya domisili di jakbar trs ktp saya pindah ke jaksel pengurusannya harus melalui samsat daan mogot dahulu atau bisa langsung ke polda metro jaya jaksel.?

    Reply
  55. Bang mau nanya, gw mau bayar pajak motor udh masuk tahun ke 3
    Alamat di KTP sm stnk cuman beda RT RW doang, kelurahan dan kecamatan masih sama

    Masih bisa kan ya buat bayar pajak ? Tanpa harus cabut berkas

    Reply
    • dicoba aja dulu om, tp idelanya mmg klo pindah domisili ttp ada pergantian data di stnk dan bpkbnya juga. klo pemilik sama beda rt dan rw ini perlu ditanya langsung ke pusat informasi samsat. saya kurang paham.

    • Selamat siang bg. Saya mau tnya..
      Alamat ktp sm di stnk saya beda. Soalny ktp baru, krn pindah domisili. Sdgkn motor msh kredit…
      Apa bisa lngsng byr pajak di samsat cabang terdekat ???

  56. Bang kalo mau bayar pajak motor trus ktp masih bogor jg, tapi beda kecamatan karena saya pindah apa bisa pake ktp yang baru atau gmna bang

    minta solusinya ?

    Reply
  57. Kemaren saya maw bayar pajak mobil saya.saat saya sudah di loket pembayaran kata petugasnya KTP yg saya bawa ( KTP adik saya ) sudah pindah alamat dari asalnya kota palembang ke kab.banyuasin dan memang STNK dan BPKB nya atas nama adik saya.kata petugas pajak samsat harus di mutasi dulu. Pertanyaannya apa yg seperti inilah orang sering bayar pajak dgn istilah nembak KTP. Kalo bisa begitu saya mau kok masalahnya gak pernah istilah nembak begituan. Kalo nggak ya…maksud saya sekalian aja bayar pajak mobil saya nunggu bayar yg 5 tahunan sekalian balik nama. Gak papa khan boss. Toh kita bayar denda kok. Maksud saya alangkah enaknya kalo hanya kasusnya seperti itu gak di persulit itung2 bisa meningkatkan kesadaran rakyat tuk bayar paja kendaraan nya. pemasukan bagi negara khan bisa lancar.rakyatpun lancar. Itu aja. wassalamualaikum…

    Reply
    • klo masih saudara bikin surat kuasa aja. klo bukan sodara itu nanti pengaruh ke pajak progressif. Jadi mmg harus balik nama ke pemilik saat ini.

  58. Halo bang , ane bayarin motor saudara plat jakbar trus udh sya balik nama ke ktp saya jaksel knp blat gak berubah ya masik plat jakbar ? Apakah motor saya masih ikut samsat jakbar ? Trus klo bayar pajek tahunan/5tahunan harus ke samsat jakbar ?

    Reply
  59. Salam sehat om?Om mau nanya, kalau di STNK alamat Jak-ut, trus di KTP alamat baru tp daerah Jak-ut jg.. jd alamat, RT&RW, kecamatan & kelurahan beda.. tp tetep sama-sama Jak-ut, itu gimana om? mhn info ya..thx?

    Reply
    • Bang tanya,saya punya kendaraan atas nama saya sendiri sesuai di KTP, sekarang sudah beda alamat tempat tinggal sudah beda kabupaten tapi masih 1 provinsi …apakah masih bisa perpanjang pajak nya. Atau harus cabut berkas jg bang.

  60. Mas, apakah pengecekan fisik kendaraan dilakukan juga di SAMSAT domisili awal? Kemarinnya saya ditolak ketika akan perpanjangan pajak karena KTP pindah alamat (bekasi ke depok). Oleh petugas diminta utk cabut berkas dan syaratnya kendaraan musti dibawa dan dicek fisik di SAMSAW domisili awal, padahal bawanya lumayan jauh nih dari Depok ke Bekasi.

    Mohon informasinya. Terima kasih 🙂

    Reply
    • Pengecekan cek fisik kendaraan dilakukan saat cabut berkas, untuk konfirmasi data. Ya, mutasi mau tidak mau mmg harus bawa kendaraannya. Berkas mutasi pun tidak langsung bisa diambil hari itu juga. Saya kmrn nunggu 2 hari.

  61. Mas saya cuma pindah RT saja apakah bisa perpanjang stnk.. kab.kec. kelurahan masih sama.. cuma pindah RT dari rt 02 ke 01 karna menikah . Gmn pendapatnya

    Reply
  62. ijin tanya bertanya bang, saya domisili di bogor tapi ktp saya alamat papua apakah bisa bayar pajak mobil saya sudah sesuai nama dengan di stnk tapi alamat stnk di bogor sedangkan alamat ktp di papua

    Reply
    • Intinya, pembayaran pajak kendaraan itu harus sama antara alamat di ktp maupun alamat di stnk dan bpkb. Jika berbeda, harus melakukan mutasi dari alamat lama ke alamat baru. Untuk lebih jelasnya bisa konsultasi ke kantor samsat terdekat.

  63. Bang saya mau bayar pajak kendaraan tp KTP nya sekarang sudah berbeda alamat kampung saja.. Kec. Dan kabupaten tetap sama…. Apakah saya tetap mutasi??

    Reply
    • dicoba aja dl, klo kec dan kab masih sama harusnya sih aman ya. Asal nama sama dengan STNK dan BPKB. Tp klo aturan strictnya mmg harus sama semuanya.

  64. Saya mau membayar pajak motor tahunan, tp domisili saya sudah pindah. Jadi alamat di ktp dan di bpkb berbeda. Dulu domisili sy di kota bogor, sekarang jd kabupaten bogor. Apa hrs sy cabut berkas dulu br bisa bayar pajak? Atau tdk perlu cabut berkas?

    Fyi : ini taun pertama sy membayar pajak motor

    Mohon jawabannya bang, terimakasih

    Reply
    • Klo domisili berubah biasanya harus cabut berkas, tp krn ini masih wilayah bogor dan masih pemilik yang sama, dicoba aja dl konsultasi di bagian informasi SAMSAT. Atau bisa tanya lewat twitternya aja.

  65. Saya dari Tanggerang mau bayar pajak di onlain tapi data tidak terbuka info TKB nya tidak bisa terbuka selalu x dan apa mungkin alamat STNK dan KTP tidak sesuai bagaimana caranya supaya sy bisa membayar pajak tahunan

    Reply
    • Datang aja ke samsat keliling, masih buka kok. Online saat ini blm bisa diharapkan. Sistemnya masih kurang bisa diandalkan.

  66. Di kabupaten saya ada 2 kantor samsat,saya akan membayar pajak kendaraan bermotor,juga sekaligus akan mengubah alamat pada stnk sesuai pd alamat ktp yg baru, pertanyaan saya : dulu stnk saya di terbit kan di samsat A (sebut saja), sedangkan domisili/alamat ktp sekarang dekat samsat B (tetap dalam 1 kabupaten) Di samsat mana saya akan urus ini? A atau B? Makasih bang, n tak tunggu jawabannya.

    Reply
    • iya itu harus mutasi, urusnya dari samsat A dulu cabut berkas, lalu bawa berkasny ake samsat B klo beda wilayah. klo 1 kabupaten coba cek dl samsatnya menginduk ke mana. Daerah jabodetabek itu beda wilayah POLDA.

    • Assalamualaikum bang mau tanya nih saya kan mau bayar pajak 5 tahunan, motor plat bekasi tetapi ktp saya sudah pindah jakarta itu gimana ya bang?

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.