Bagaimana cara bayar pajak motor jika KTP ganti alamat atau pindah rumah? Umumnya, alamat di STNK dan BPKB harus sesuai dengan alamat pemilik di KTP. Jadi, saat pemilik pindah alamat artinya data alamat di STNK dan BPKB pun harus ikut pindah.

Advertisement

Pengurusan pindah alamat atau pindah domisili ini bisa dilakukan pada saat perpanjang pajak tahunan atau pun saat perpanjang pajak 5 tahunan atau saat ganti kaleng plat nomor polisi.

Syarat Pengurusan Pajak Pindah Alamat atau Mutasi Domisili

  • KTP Alamat Baru dan Fotokopi.
  • STNK Asli
  • BPKB Asli
  • Formulir Cek Fisik
  • Materai Rp10.000
Advertisement

Bawalah persyaratan tersebut ke domisili asal kendaraan, atau mengikuti alamat KTP sebelumnya.

Contoh, jika alamat lama di Limo, Depok, Jawa Barat mau pindah ke Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, sudah jelas pindah lokasi domisili UPT SAMSAT.

Langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Cabut berkas di domisili asal.
  2. Bawa berkas ke samsat domisili yang baru.
  3. Cek fisik kendaraan di samsat domisili yang baru.
  4. Bawa formulir ke loket cek fisik.
  5. Bawa form ke loket mutasi alamat atau balik nama kendaraan.
  6. Tunggu panggilan untuk menerima notice pembayaran.
  7. Bayar di BANK yang tersedia di SAMSAT.
  8. Tunggu panggilan untuk perubahan STNK.
  9. Perubahan alamat BPKB kendaraan bisa dilakukan di Polda Metro Gatsu, Jakarta untuk Domisili JADETABEK.
  10. Jangan lupa ambil plat nomor jika ada perubahan nomor polisi kendaraan.
Advertisement

Biaya pindah alamat untuk Sepeda Motor siapkan saja antara Rp500 ribu sampai dengan Rp600 ribu, include pembayaran pajaknya.

Biaya pindah alamat untuk Mobil siapkan saja antara Rp4 juta sampai dengan Rp5 jutaan include pembayaran pajak.

Join the Conversation

59 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  1. Mau tanya,saya mau perpanjang pajak tahunan,waktu beli motor pakai KTP Jakarta barat,sedangkan ktp saya sekarang sudah pindah ke Tangerang kota,itu bisa tidak ya buat perpanjangan pajak tahunan,lalu bagaimana mana proses nya

  2. Mau nanya mas, jika kendaraan saya ini alamatnya di daerah asal sumatera barat, kendaraannya pun berada di sumatera barat, nah ktp saya sekarang sudah jawa barat, saat saya membayar pajak di sumatera barat, ga bisa, padahal saya sekarang sudah berada di sumatera barat. Kenapa ga bisa ya ? Dan harus bayar denda 170ribu..

  3. Mas mau tanya,mau bayar pajak tahunan tapi alamat pindah tapi masih satu kabupaten apakah harus ganti semuanya seperti STNK BPKB.dan saya tanyakan juga berapa besar bayar itu semua sampai 500 ribu apa lebih mas

    1. klo pemilik pindah alamat, domisili kendaraan harus ikut pindah sesuai domisili pemilik. Biaya mutasi saja. klo total biaya tergantung jenis kendaraan dan tahun pembuatannya.

  4. Mf mau tanya, kalo ktp sblmnya di kabupaten, yg terdapat d stnk dan alamt ktp yg baru di kota nya, apa sama harus cabut berkas dlu d samsat kabupaten dan lanju pengajuan lg di samsat kota? Trmksh

  5. Bang mau tanya, saya mau mengurus perpanjangan 5th plat motor, tapi ktp lama saya alamat surabaya sudah habis masanya 2020, dan e-ktp saya luar daerah tepatnya NTT. mau ngurus di samsat kendala alamat ktp beda, walau kepemilikan sendiri. ini solusinya gimana ya bang? perlukah balik nama BPKB&STNK atau mutasi sesuai alamat KTP ya bang? saya stay di sby bang.

  6. Bang saya mau nanya, kalau bayar pajak motor tahunan beda alamat bisa tidak ya. Motor saya belinya di Bojonegoro jatim, karena saya memang asli bojonegoro Jatim, sekarang ini saya pindah alamat di Surabaya, tapi pindah saya sifatnya hanya sementara, suatu saat akan kembali ke kota asal. Apakah STNK dan BPKB harus ikut ganti alamat? Mohon pencerahannya trimakasih

  7. Klau KTP Depok pindah ke kab Bogor dengan nama yg sama apakah cabut berkas juga . Sedangkan platnya keluaran Depok juga

  8. jika alamat ktp pindah nya beda kecamatan gimana bang, tapi masih sama di tangerang selatan…
    stnk alamat di kecamatan pondok aren
    ktp udh pindah kecamatan pamulang
    harus cabut berkas atau msh bisa di perpanjang stnk nya tanpa cabut berkas..?

  9. Bang mau tanya KTP saya tadinya Jakarta pusat sekarang tambun karena pas punya motor itu masih single sekarang udah berubah tangga jadi KK dan KTP udah pindah alamat.

    Apakah nanti yang harus disiapkan bang disamsat

  10. Mau tanyaa,
    Saya kan pindah rumah ni ,dan ktp juga pindah krna tinggal disini
    STNK mtor sya Masi alamat yg lama.nah KTP sya alamat baru
    ,Klo mau pindah alamat bru di STNK apa hrus cek fisik dll, Masi sama” kota Bekasi, cuma beda kecamatan dan klurahan aj

    1. Prinsipnya ttp harus pindah sih meski sama2 di kota Bekasi. Tp om bisa memastikan lagi ke kantor Samsat.

  11. Bang, kalau misalkan alamat KTP Bekasi (cikarang), dan sekarang tinggal di Jakarta (cipinang) yang kebetulan alamat nya sesuai dengan STNK dan BPKB (di cipinang jakarta), itu tetep masih harus cabut berkas di samsat bekasi, apa bisa langsung ke samsat jakarta (cipinang) dan bawa surat domisili dari RT RW (yang dari jakarta) untuk perpanjang pajak 5 tahunan.

    1. Perpanjang pajak 5 tahunan ini kan harus cek fisik.
      pemilik di SNTK dan BPKB harus akur dengan identitas pamilik KTPnya.

  12. Bang mau tanya, kalau saya pindah domisili/ktp dari bandung ke depok. Nah november ini motor kena pajak 5 tahunan. Prosedurnya apa sama utk mutasi? Cabut berkas di bandung aja baru nanti ngurus mutasi masuk di depok? Posisi motor di depok. Apa tetep harus cek fisik juga di bandung ya. Soalny jauh klo bolak balik. Sama syarat cabut berkas apa ya?

    1. Pindah domisili udah otomatis cabut berkas gan. Cek fisik udh pasti harus menghadikan motornya. Syarat cabut berkas atau mutasi sudah saya tulis di artikel. Dibaca lagi aja dari awal.

  13. Salam sehat Bang.
    Mohon pencerahannya bang.
    Bang saya beli mobil bekas, STNK mobilnya Jakpus. Alamat saya di Bekasi. Kalau saya cuma mau balik nama bisa tidak ya, biar tidak perlu cabut2 berkas segala. Apa tetap harus menyesuaikan alamat KTP?
    Terima kasih Bang.

    1. Iya, balik nama sama saja dengan cabut berkas. Semua nanti disesuaikan dengan KTP pemilik yang baru dari pemilik lama. Saya beli motor saudara, 1 alamat tetap balik nama. cabut berkas juga meski tidak mutasi/pindah alamat.

  14. Selamat siang.. saya mau tanya. Klo motor saya domisili di jakbar trs ktp saya pindah ke jaksel pengurusannya harus melalui samsat daan mogot dahulu atau bisa langsung ke polda metro jaya jaksel.?

    1. Dari samsat dulu. Klo polda hanya ngurus baliknama BPKB aja. Lainnya ttp di samsat domisili ke samsat tujuan.

  15. Bang mau nanya, gw mau bayar pajak motor udh masuk tahun ke 3
    Alamat di KTP sm stnk cuman beda RT RW doang, kelurahan dan kecamatan masih sama

    Masih bisa kan ya buat bayar pajak ? Tanpa harus cabut berkas

    1. dicoba aja dulu om, tp idelanya mmg klo pindah domisili ttp ada pergantian data di stnk dan bpkbnya juga. klo pemilik sama beda rt dan rw ini perlu ditanya langsung ke pusat informasi samsat. saya kurang paham.

    2. Selamat siang bg. Saya mau tnya..
      Alamat ktp sm di stnk saya beda. Soalny ktp baru, krn pindah domisili. Sdgkn motor msh kredit…
      Apa bisa lngsng byr pajak di samsat cabang terdekat ???

  16. Bang kalo mau bayar pajak motor trus ktp masih bogor jg, tapi beda kecamatan karena saya pindah apa bisa pake ktp yang baru atau gmna bang

    minta solusinya ?

  17. Kemaren saya maw bayar pajak mobil saya.saat saya sudah di loket pembayaran kata petugasnya KTP yg saya bawa ( KTP adik saya ) sudah pindah alamat dari asalnya kota palembang ke kab.banyuasin dan memang STNK dan BPKB nya atas nama adik saya.kata petugas pajak samsat harus di mutasi dulu. Pertanyaannya apa yg seperti inilah orang sering bayar pajak dgn istilah nembak KTP. Kalo bisa begitu saya mau kok masalahnya gak pernah istilah nembak begituan. Kalo nggak ya…maksud saya sekalian aja bayar pajak mobil saya nunggu bayar yg 5 tahunan sekalian balik nama. Gak papa khan boss. Toh kita bayar denda kok. Maksud saya alangkah enaknya kalo hanya kasusnya seperti itu gak di persulit itung2 bisa meningkatkan kesadaran rakyat tuk bayar paja kendaraan nya. pemasukan bagi negara khan bisa lancar.rakyatpun lancar. Itu aja. wassalamualaikum…

    1. klo masih saudara bikin surat kuasa aja. klo bukan sodara itu nanti pengaruh ke pajak progressif. Jadi mmg harus balik nama ke pemilik saat ini.

  18. Halo bang , ane bayarin motor saudara plat jakbar trus udh sya balik nama ke ktp saya jaksel knp blat gak berubah ya masik plat jakbar ? Apakah motor saya masih ikut samsat jakbar ? Trus klo bayar pajek tahunan/5tahunan harus ke samsat jakbar ?

    1. Klo beda alamat harusnya sih nopol menyesuaikan. Pajak 5 tahunan sesuai dengan domisilinya di STNK atau BPKB.

  19. Salam sehat om😃Om mau nanya, kalau di STNK alamat Jak-ut, trus di KTP alamat baru tp daerah Jak-ut jg.. jd alamat, RT&RW, kecamatan & kelurahan beda.. tp tetep sama-sama Jak-ut, itu gimana om? mhn info ya..thx🙏

  20. Mas, apakah pengecekan fisik kendaraan dilakukan juga di SAMSAT domisili awal? Kemarinnya saya ditolak ketika akan perpanjangan pajak karena KTP pindah alamat (bekasi ke depok). Oleh petugas diminta utk cabut berkas dan syaratnya kendaraan musti dibawa dan dicek fisik di SAMSAW domisili awal, padahal bawanya lumayan jauh nih dari Depok ke Bekasi.

    Mohon informasinya. Terima kasih 🙂

    1. Pengecekan cek fisik kendaraan dilakukan saat cabut berkas, untuk konfirmasi data. Ya, mutasi mau tidak mau mmg harus bawa kendaraannya. Berkas mutasi pun tidak langsung bisa diambil hari itu juga. Saya kmrn nunggu 2 hari.

  21. Mas saya cuma pindah RT saja apakah bisa perpanjang stnk.. kab.kec. kelurahan masih sama.. cuma pindah RT dari rt 02 ke 01 karna menikah . Gmn pendapatnya

  22. ijin tanya bertanya bang, saya domisili di bogor tapi ktp saya alamat papua apakah bisa bayar pajak mobil saya sudah sesuai nama dengan di stnk tapi alamat stnk di bogor sedangkan alamat ktp di papua

    1. Intinya, pembayaran pajak kendaraan itu harus sama antara alamat di ktp maupun alamat di stnk dan bpkb. Jika berbeda, harus melakukan mutasi dari alamat lama ke alamat baru. Untuk lebih jelasnya bisa konsultasi ke kantor samsat terdekat.

  23. Bang saya mau bayar pajak kendaraan tp KTP nya sekarang sudah berbeda alamat kampung saja.. Kec. Dan kabupaten tetap sama…. Apakah saya tetap mutasi??

    1. dicoba aja dl, klo kec dan kab masih sama harusnya sih aman ya. Asal nama sama dengan STNK dan BPKB. Tp klo aturan strictnya mmg harus sama semuanya.

  24. Saya mau membayar pajak motor tahunan, tp domisili saya sudah pindah. Jadi alamat di ktp dan di bpkb berbeda. Dulu domisili sy di kota bogor, sekarang jd kabupaten bogor. Apa hrs sy cabut berkas dulu br bisa bayar pajak? Atau tdk perlu cabut berkas?

    Fyi : ini taun pertama sy membayar pajak motor

    Mohon jawabannya bang, terimakasih

    1. Klo domisili berubah biasanya harus cabut berkas, tp krn ini masih wilayah bogor dan masih pemilik yang sama, dicoba aja dl konsultasi di bagian informasi SAMSAT. Atau bisa tanya lewat twitternya aja.

  25. Saya dari Tanggerang mau bayar pajak di onlain tapi data tidak terbuka info TKB nya tidak bisa terbuka selalu x dan apa mungkin alamat STNK dan KTP tidak sesuai bagaimana caranya supaya sy bisa membayar pajak tahunan

    1. Datang aja ke samsat keliling, masih buka kok. Online saat ini blm bisa diharapkan. Sistemnya masih kurang bisa diandalkan.

  26. Di kabupaten saya ada 2 kantor samsat,saya akan membayar pajak kendaraan bermotor,juga sekaligus akan mengubah alamat pada stnk sesuai pd alamat ktp yg baru, pertanyaan saya : dulu stnk saya di terbit kan di samsat A (sebut saja), sedangkan domisili/alamat ktp sekarang dekat samsat B (tetap dalam 1 kabupaten) Di samsat mana saya akan urus ini? A atau B? Makasih bang, n tak tunggu jawabannya.

    1. iya itu harus mutasi, urusnya dari samsat A dulu cabut berkas, lalu bawa berkasny ake samsat B klo beda wilayah. klo 1 kabupaten coba cek dl samsatnya menginduk ke mana. Daerah jabodetabek itu beda wilayah POLDA.

    2. Assalamualaikum bang mau tanya nih saya kan mau bayar pajak 5 tahunan, motor plat bekasi tetapi ktp saya sudah pindah jakarta itu gimana ya bang?