Tips Memilih Kursi Kereta Api Ekonomi Argo Parahyangan Excellence, Priority

By | December 30, 2019

Kursi Kereta Api Ekonomi Argo Parahyangan Excellence (Kelas Ekonomi) ternyata tidak berbeda dengan kursi kereta Argo Parahyangan Premium (Kelas Ekonomi).

Perlu diketahui bahwa kereta Argo Parahyangan ada lima jenis, yaitu:

  • Argo Parahyangan Biasa (Executive dan Economy).
  • Argo Parahyangan Priority¬†(Executive dan Economy).
  • Argo Parahyangan Premium (Executive dan Economy).
  • Argo Parahyangan Excellence (Executive dan Economy).
  • Argo Parahyangan Luxury (Executive).

Berikut ini adalah beberapa tips memilih kursi kereta api Argo Parahyangan Excellence (Economy Class) jurusan Jakarta Bandung, maupun sebaliknya. Satu gerbong kelas ekonomi memiliki kapasitas 80 orang penumpang.

1. Ini Nomor Kursi Dekat Jendela

nomor kursi kereta api dekat dengan jendela

Nomor kursi A dan D berada di dekat jendela

Jika kamu memang lebih suka menikmati pemandangan selama perjalanan, pilihlah tempat duduk dengan nomor belakang A dan D.

Kedua nomor ini terletak di samping jendela sehingga memudahkan kamu jika ingin membuat stories perjalanan atau foto-foto keindahan alam sepanjang perjalanan menggunakan kereta api.

2. Ini Nomor Kursi Dekat Gang

Nomor kursi titik tengah Argo Parahyangan Excellence Premium (Ekonomi)

Nomor kursi titik tengah Argo Parahyangan Excellence Premium (Ekonomi) nomor 10 dan 11.

Jika kamu ingin lebih leluasa ke kamar mandi atau lebih sering keluar masuk. Sebaiknya memilih kursi di bagian gang atau aisle.

Pilihlah nomor dengan akhiran B dan C. Kedua nomor ini terletak di gang sehingga memudahkan buat kamu untuk keluar masuk tanpa harus mengganggu penumpang lainnya.

Perlu kamu ketahui bahwa kursi kelas ekonomi memiliki jarak yang sangat sempit antara kursi di depan dengan dibelakangnya.

Sehingga kadang-kadang jika ingin keluar masuk, penumpang yang duduk dekat gang harus berdiri dulu memberikan jalan untuk penumpang yang duduk dekat jendela.

Daripada repot karena suka bolak balik ke kamar mandi, lebih baik kamu memilih tempat duduk di dekat gang supaya lebih leluasa dan tidak mengganggu penumpang lain.

3. Ini Nomor Kursi di Tengah Berhadapan 4 Penumpang

kursi kereta argo parahyangan excellence ekonomi ac

Nomor kursi titik tengah Argo Parahyangan Excellence Premium (Ekonomi)

Nah, ini dia yang perlu diperhatikan. Jika kamu memilih kereta Argo Parahyangan Excellence/Premium, pilihlah nomor 10A, 10B, 11A, 11B, atau 10C, 10D, 11C, 11D.

Nomor-nomor kursi tersebut memungkinkan kamu berada dalam satu area yang sama saling berhadapan sehingga jarak kaki lebih luas.

Perbedaan dengan kelas Executive adalah kursi kereta kelas Economy statis atau permanen, sehingga tidak bisa diatur sesuai dengan keinginan.

Umumnya kursi Executive bisa diatur searah dengan laju kereta. Sementara kelas economy ada yang tidak searah atau berlawanan dengan laju kereta.

4. Pertimbangkan Nomor Kursi Ini

Beberapa orang kadang-kadang merasa terganggu dengan lalu lalang orang. Apalagi jika mendapatkan tempat duduk dekat bordes atau penghubung antar gerbong kereta api.

Untuk gerbong Kereta Api Excellence (Ekonomi) ini berkapasitas 80 orang. Jadi, pertimbangkan lagi jika kamu memilih tempat duduk di nomor 1-2 dan 19-20.

Alasannya karena nomor kursi tersebut benar-benar di ujung mulut gang. Tapi, kelebihannya adalah bisa mendapatkan akses keluar lebih cepat. Jadi, sebaiknya dipertimbangkan saja sesuai kebutuhan ya.

Untuk kursi di paling ujung biasanya ada jeda di bagian belakang kursi untuk menyimpan bagasi. Jadi, rasanya lebih pas kalau kamu memilih tempat duduk ini jika sedang membawa koper yang cukup besar dan tidak mungkin untuk disimpan di bagasi atas.

5. Perbedaan Argo Parahyangan Excellence, Premium, Priority dan Biasa

kursi kereta argo parahyangan excellence ekonomi ac 5

Berangkat dari stasiun Gambir dekat Monas gaes

Perbedaan antara Argo Parahyangan Excellence, Priority dan Biasa adalah durasi perjalanannya. Argo Parahyangan Excellence membutuhkan waktu sekitar 2 jam 50 menit perjalanan, sementara yang lainnya lebih dari 3 jam perjalanan.

Tetapi, untuk titik tengah Argo Parahyangan Excellence kelas Ekonomi tidak berbeda yaitu di nomor 10 dan 11.

Titik tengah ini sama dengan jenis Argo Parahyangan Premium, titik tengahnya berada di nomor 11 dan 12.

Titik tengah ini kursinya berhadap-hadapan sehingga lebih cocok untuk keluarga atau rombongan dengan 4 orang atau 8 orang penumpang sekaligus dalam satu baris yang sama.

Jika kamu hanya 4 atau 8 orang (Genap) bisa memilih nomor:

  • 10A, 10B, 11A, 11B (Argo Parahyangan Excellence Premium/Ekonomi).
  • 10C, 10D, 11C, 11D (Argo Parahyangan Excellence Premium/Ekonomi).

Pada saat saya naik Argo Parahyangan Excellence untuk nomor besar menghadap ke Arah Bandung.

Sementara untuk nomor kecil menghadap ke Arah Jakarta. Jadi, kamu bisa memilih sesuai dengan arah yang diinginkan.

*Disclaimer: Tidak semua kereta punya pengaturan kursi yang sama. Tulisan ini berdasarkan pengalaman naik Kereta Api Argo Parahyangan Ekonomi Premium dan Argo Parahyangan Excellence. Sehingga kemungkinan akan ada perbedaan satu sama lain dengan jenis kereta lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.