5 Makanan Khas Bali yang Paling Bikin Kangen

By | May 23, 2020

Makanan khas Bali adalah ikon bagi Pulau Dewata yang terkenal hingga mancanegara. Jika kamu liburan ke Bali, mencicipi kuliner khas Bali adalah hal yang wajib dilakukan. Setiap jenis makanannya memiliki cita rasa yang khas yang tidak ditemukan di daerah lain. 

Advertisement

Apakah kamu akan berencana berlibur ke Pulau Dewata dan menjelajah kuliner uniknya? Ada beberapa makanan utama yang wajib kamu coba terlebih dahulu. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak ulasan selengkapnya dalam artikel ini.

Sate Lilit Bali (@makanterus)

1. Sate Lilit Bali, Sensasi Makan Sate yang Berbeda

Seperti namanya, sate lilit adalah olahan daging cincang yang diberi bumbu dan dililitkan pada batang serai. Selain menggunakan batang serai, yang membedakan sate lilit dengan sate lainnya adalah bumbu dan cara pengolahannya.

Jika sate pada umumnya diberi bumbu ketika dibakar, makanan satu ini dibumbui sebelum dililitkan. Adapun bumbu yang digunakan adalah rempah-rempah seperti kunyit, lengkuas, kencur, dan jahe serta bumbu tambahan lain seperti bawang putih dan bawang merah.

Nikmati sajian kuliner unik ini sambil menikmati sejuknya sawah dan rutinitas pedesaan Bali. Tentunya kamu akan menemukan rasa lokal yang hanya bisa didapatkan di Bali.

Advertisement

2. Gurihnya Ayam Betutu Khas Bali

Bosan makan ayam yang itu-itu saja? Saatnya kamu mencoba makanan khas Bali berupa ayam betutu ini. Ayam betutu terkenal dengan gurihnya bumbu-bumbu yang meresap hingga ke dalam daging berpadu dengan empuknya daging ayam. 

Jika kamu berkunjung ke Bali dan singgah di tempat kuliner Bali, kamu tidak hanya menemukan betutu ayam tapi juga bebek. Bumbu-bumbu yang telah diracik dibalurkan ke permukaan daging dan bagian dalam daging. Cita rasa ayam betutu akan membuat kamu ketagihan!

3. Aneka Kuliner Bebek Lezat

Bali tempatnya makanan enak, lezat, dan pastinya bikin kangen. Salah satu yang paling wajib dicicipi adalah kuliner bebek. Sekali kamu merasakan olahan bebek di tempat makanan tradisional khas Bali, rasanya kamu ingin mencobanya lagi. 

Advertisement

Kalau urusan cita rasa, kuliner bebek ini tidak tanggung-tanggung. Bumbu yang digunakan juga lengkap dan yang pasti diolah dengan tepat. Mengeluarkan uang cukup banyak untuk makanan enak ini pasti tidak akan rugi sama sekali.

4. Kuliner Babi Guling [Non Halal]

Makanan tradisional Bali satu ini sangat dikenal karena keunikannya dan sensasi rasanya. Masyarakat Bali biasanya menyebut babi guling dengan be guling. Dulunya makanan ini merupakan sajian untuk upacara adat dan keagamaan. 

Jika kamu berlibur bersama rombongan, berpesta sambil menyantap babi guling adalah pilihan menarik. Kuliner ini berupa anak babi yang perutnya diisi dengan bumbu dan sayur mayur kemudian dipanggang di atas api dengan cara diputar. 

5. Nasi Jinggo, Makanan Khas Bali paling Recommended

Suasana Bali yang asri dan cita rasa khas tradisional ada dalam satu paket makanan dari Bali bernama Nasi Jinggo. Makanan ini terdiri dari sekepal nasi putih hangat, ayam suwir merah, serundeng, dan sambal goreng tempe. 

Nasi Jinggo ini dibungkus dengan daun pisang segar sehingga membuat aromanya lebih harum. Kapan lagi mencoba sajian tradisional ini? Mumpung berada di Bali, pastikan kamu mencicipi hidangan bersejarah yang bikin kangen ini.

Begitu banyak makanan khas Bali yang paling direkomendasikan untuk dicicipi. Kelima list makanan di atas adalah makanan wajib yang tidak boleh dilewatkan. Sekalinya mencicipi, kamu akan merasakan sensasi liburan yang sempurna. Selamat mencicipi!

Author: Bang Dzul

Geek Blogger, An Inbound Marketers, SEO Specialist, Community Management Specialist. Open partnership.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.