7 Makanan Khas Surabaya yang Bikin Ketagihan

By | May 25, 2020

Siapa bilang Surabaya hanya terkenal dengan sebutan Kota Metropolitan? Nyatanya, Surabaya menjadi surganya kuliner maknyus yang menawarkan beragam rasa. Dari mulai yang manis, gurih, hingga makanan khas Surabaya yang pedasnya bikin kamu ketagihan.

Advertisement

Jika sedang berlibur ke Surabaya, tentunya kamu tidak ingin melewatkan wisata kuliner. Agar liburan terasa lebih seru, kamu harus mencoba beberapa rekomendasi kuliner khas Surabaya ini. Tanpa panjang lebar, yuk, simak ulasan makanan khas ini selengkapnya!

makanan khas surabaya
Makana khas surabaya

1. Rujak Cingur Asli Surabaya

Mendengar namanya saja, sudah terbayang rasa sedapnya rujak cingur khas Kota Pahlawan ini. Potongan sayur segar dan lontong yang dicampur dengan bumbu petis rujak cingur adalah kombinasi yang sempurna. Pastikan kamu mencicipinya selagi berada di kota ini.

2. Sensasi Pedas Tahu Campur Surabaya

Dingin dan ramainya Kota Surabaya pasti cocok jika dinikmati sambil menyantap tahu campur. Selain bergizi dan rasanya enak, makanan khas Kota Pahlawan ini meningkatkan selera makan.

Untuk bisa mencicipinya kamu tidak perlu merogoh dompet terlalu dalam. Selain harganya yang murah, makanan khas dari Surabaya ini juga mudah ditemukan di setiap sudut kota. Banyak wisatawan berburu sajian kuliner ini karena rasanya yang sangat enak dan bikin nagih!

Advertisement

3. Kue Apem Selong

Kangen makan kue tradisional bernama kue apem selong? Kamu bisa mendapatkannya dengan mudah di toko-toko kue Surabaya.

Rasa khas santan berpadu dengan harumnya daun pandan membuat kue ini banyak dicari. Kue apem ini sangat cocok dinikmati dengan secangkir teh manis hangat bersama keluarga maupun orang tercinta.

4. Sate Kelapa Tambaksari

Penggemar kuliner sate pasti tidak akan kecewa mencicipi sate kaya rasa ini. Sate kelapa Tambaksari menawarkan sajian sate yang berbeda dan tentunya harganya cukup terjangkau.

Advertisement

Yang membedakan sate kelapa dengan sate pada umumnya adalah bahan bumbu yang khas. Kombinasi campuran bumbu dengan kelapa muda membuat masakan ini menjadi primadona. Jangan sampai ketinggalan merasakan sate kelapa legendaris ini, ya!

5. Mie Lombok, Pedas tapi Bikin Ketagihan

Mie pedas mungkin terdengar biasa saja, namun bagaimana dengan mie dengan lombok yang melimpah? Mie Lombok Surabaya siap menjadikan wisata kuliner kamu lebih menantang dan melek. Tidak hanya rasa pedasnya saja yang bikin kangen, bumbunya pun juga terasa sampai sendokan terakhir.

6. Almond Crispy, Makanan Khas Surabaya yang Cocok untuk Oleh-oleh

Serunya liburan di Surabaya tentunya harus dibagi kepada kerabat kamu. Salah satu caranya adalah dengan memberikan oleh-oleh khas Surabaya. Jika kamu bingung memilih oleh-oleh unik namun kekinian, almond crispy menjadi pilihan yang tepat.

Oleh-oleh Surabaya ini bisa kamu beli di beberapa outlet maupun di tempat-tempat wisata bahkan di Tunjungan Plaza Barat. Snack renyah ini tersedia dalam varian rasa original, green tea, coklat, bahkan rasa mocca.

Advertisement

7. Gurihnya Bebek Sinjay

Di siang hari saat merasa lapar setelah berkeliling kota, bebek goreng Sinjay terasa nikmat untuk disantap. Kuliner lezat ini wajib dicoba sebelum kembali ke kota asal. Empuknya daging bebek berbalut gurihnya bumbu yang meresap membuat siapapun pasti ketagihan akan rasanya.

Wisata kuliner memang tidak bisa dipisahkan dari rencana liburan kamu ke Surabaya. Pastikan semua rekomendasi makanan khas Surabaya di atas sudah kamu cicipi sebelum pulang. Persiapkan liburan seru dengan matang dan jangan lewatkan kesempatan merasakan kuliner khas Kota Pahlawan ini.

Author: Bang Dzul

Geek Blogger, An Inbound Marketers, SEO Specialist, Community Management Specialist. Open partnership.

2 thoughts on “7 Makanan Khas Surabaya yang Bikin Ketagihan

  1. deddyhuang.com

    aku udah lama gak ke Surabaya, kota yang besar gini enaknya emang wisata kuliner. kalau buat jalan enaknya ke Surabaya dipinggiran ya masih ada alamnya.

    Reply
    1. Bang Dzul Post author

      Bener banget, klo gak ada covid gini sih harusnya gw juga udah kulineran di Surabaya hahahaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.