unsplash
Advertisement

Beberapa orang masih merasa kebingungan dengan aturan check in di hotel. Contohnya seperti tanda pengenal hingga barang-barang apa saja yang boleh dibawa pulang.

Advertisement

Nah, supaya tidak kena biaya tambahan atau charge saat check in di hotel. Ada beberapa aturan mendasar yang perlu kamu ketahui.

Sebabnya karena aturan check in di Hotel itu berbeda-beda baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Secara umum, inilah aturan di Hotel yang wajib diingat ya.

unsplash

1. Check in sesuai dengan jumlah tamu

Inilah yang selalu menjadi masalah. Entah karena kurang paham aturan atau memang sengaja tidak mengikuti aturan.

Hotel adalah bisnis yang berorientasi pada keuntungan. Jadi, mau tidak mau, sebagai tamu tetap harus mentaati aturan hotel meskipun kamu bayar.

Advertisement

Aturan check in sudah jelas. Artinya tamu harus mengikuti ketentuan sesuai dengan aturan hotel tentang;

  • Jumlah tamu yang menginap.
  • Waktu check in dan check out.

Kesimpulannya, kamu tidak boleh membawa teman atau keluarga yang ikut menginap di kamar jika tidak sesuai dengan kapasitas yang diberikan oleh hotel.

Misalnya, kapasitas hotel hanya untuk 2 orang tetapi diisi oleh 3 orang. Jelas melanggar aturan, kecuali jika hotel menyediakan extra bed. Itu pun artinya kamu harus menambah biaya lagi.

Aturan check in seperti ini memang kadang-kadang berbeda antara satu hotel dengan hotel yang lain.

Tapi, jangan coba-coba menipu saat menginap di luar negeri. Kebijakan mereka sangat tegas terutama di Singapura.

Solusinya, cari hotel yang memang menyediakan extra bed dengan harga terjangkau.

Buat keluarga, pastikan hotel juga memberikan informasi yang jelas usia anak-anak yang diberikan free of charge dengan existing bed atau kasur yang sudah disediakan tanpa biaya tambahan.

2. Gunakan identitas asli

Identitas wajib ditunjukkan saat check in. Nah, identitas asli ini harus ada fotonya sehingga petugas hotel juga bisa mencocokan dengan foto.

Identitas asli yang bisa digunakan seperti e-KTP, SIM, atau Paspor.

Jika kamu hanya memiliki KTP sementara berupa lembaran kertas tanpa ada foto, sebaiknya menyertakan pula identitas tambahan lain, yang penting ada fotonya.

3. Ini barang hotel yang gratis dibawa pulang

Siapa nih yang suka koleksi lotion, shampoo dan sabun hotel?

Tiga barang tersebut memang diberikan sebagai complementary atau pelengkap yang bisa digunakan tamu hotel. Sehingga barang-barang habis pakai tersebut bisa dibawa pulang.

Nah, ini lho daftar barang-barang hotel yang bisa kamu bawa pulang dengan gratis;

  • Shampoo, conditioner, lotion, dan sabun.
  • Pasta gigi dan sikat gigi.
  • Sandal hotel.
  • shower cap.
  • Kopi, teh, dan gula yang disediakan di meja.
  • Pulpen dan notes.

Selain barang tersebut, sudah pasti tidak boleh dibawa pulang. Tapi, beberapa hotel menjualnya kok sebagai souvenir atau merchandise.

4.  Pastikan paham aturan lokal sesuai dengan lokasi hotel

Aturan lokal ini tentu berkaitan dengan norma dan budaya di setiap daerah. Misalnya dulu di Arab Saudi, pasangan yang belum menikah tidak boleh menginap dalam satu kamar.

Di Indonesia rasanya sudah cukup jelas. Bahkan sekarang sudah banyak bermunculan juga beberapa hotel syariah.

Jadi, silakan disesuaikan ya dengan kebutuhan masing-masing.

5. Perlukah memberikan tip?

Untuk beberapa hotel di kawasan Asia sebenarnya tidak ada aturan tip. tetapi, untuk di beberapa hotel di Eropa, Amerika dan Australia, biasanya tamu secara etika “mewajibkan” memberikan tip sebagai imbal jasa.

Besarannya pun tergantung dari daerahnya masing-masing. Tetapi ada standar yang bisa dijadikan patokan adalah antara $1 sampai dengan $2 dollar Amerika.

Jika dirupiahkan kira-kira boleh lah kamu memberikan tip antara Rp15 ribu sampai dengan Rp30 ribuan untuk bell boy yang membawakan kamu koper dari lobby ke kamar hotel.

Advertisement

Geek Blogger, An Inbound Marketers, SEO Specialist, Community Management Specialist. Open partnership. contact delapanempat[at]gmail[dot]com

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.