3 Langkah Mudah Aktifkan Kartu Perdana Smartfren Secara Online

By | March 29, 2016

Sebagai salah satu bentuk peraturan yang harus ditaati, kini setiap aktivasi kartu perdana smartfren khususnya kartu perdana prabayar wajib melakukan aktivasi dengan menunjukkan identitas diri seperti KTP atau SIM.

Nah, awalnya teman saya bilang kalau aktivasi harus datang ke gerai Smartfren. Bingung dong masa zaman serba digital gini semua harus serba offline lagi.

Update terbaru 2017

Mulai 31 Oktober 2017, semua pengguna wajib melakukan pendaftaran menggunakan NIK di Kartu Keluarga. Pengguna yang sudah aktif juga wajib mendaftar ulang.

DAFTAR Lewat SMS

Ketik REG<spasi>NIK#NoKK

atau

REG<spasi>NIK#NamaIbuKandung

Kirim ke 4444

Daftar Ulang Lewat SMS

Ketik ULANG<spasi>NIK#NoKK

Atau

ULANG<spasi>NIK#NamaIbuKandung

Kirim ke 4444

*Nama Ibu Kandung sudah efektif tidak digunakan karena menurut pemerintah merupakan password yang cukup kuat sehingga khawatir disalahgunakan.

Karena penasaran dengan tantangan ini akhirnya saya mulai googling dan bertanya sana sini. Wah, ternyata gerai Smartfren bukanya office hours semua.

Gimana mau registrasi kartu perdana kalau pulang kantor aja baru jam enam sore. Bisa-bisa pas datang ke gerai Smartfren udah pada bubar.

Selidik punya selidik ternyata ada sedikit petunjuk. Sudah saya coba sendiri, ternyata bisa loh aktivasi kartu secara online.

Beberapa hal yang harus disiapkan sebelum melakukan pengisian data dan proses aktivasi kartu yaitu

  • Nomor Identitas diri seperti KTP/SIM/Paspor.
  • Nomor PUK yang berada di balik cangkang frame kartu perdana.
  • Alamat Email yang aktif.
  • Kode Outlet Pembelian Kartu Perdana Smartfren.
  • Nomor Telpon Smartfren yang akan didaftarkan.
  • Kode aktivasi yang ada di dalam box Smartfren.
  • Kuota Internet tentunya.

Langkah Pertama Aktivasi Kartu Perdana Smartfren

Jika semua sudah disiapkan pertama akses situs pendaftaran dengan alamat

https://my.smartfren.com/activasi_mdn.php

Setelah itu cukup isi data diri saja dengan lengkap mulai dari

Nama

No Identitas

Tanggal Lahir

Tempat Lahir

Alamat Lengkap Sesuai Identitas yang diisikan

Nomor Handphone lain. Boleh yang non smartfren.

Langkah Kedua Aktivasi Kartu Perdana Smartfren

Nah ini yang penting nih, meskipun tampil lebih awal sebaiknya isi belakangan supaya tidak salah.

Biasakan kerjakan segala sesuatu dari yang mudah dulu bukan?

Kalau dilakukan dari yang paling sulit dulu nanti yang mudah udah keburu puyeng duluan.

Masukkan kode outlet. Kalau selalu gagal tulis ulang saja kode yang ada di contoh. Misalnya NS051357. Kalau gagal coba yang ini ya CJB01370.

Setelah itu masukkan nomor smartfren, kalau belum hafal lihat di box hapenya yah hihihihi.

Nah, baru deh masukkin kode PUK. Lihatnya dimana? Ya itu di cangkang kartunya. Lihat lalu balik, pasti ada tertera nomor PUK.

Nomor PUK ini penting banget. Saat kartu kita terblokir atau ingin di reaktivasi karena hilang atau terjadi sesuatu hal. Operator biasanya membutuhkan PUKnya.

Selain menggunakan kode PUK bisa juga menggunakan kode Aktivasi.

Saya sendiri menggunakan kode PUK karena tidak menemukan ada tanda-tanda terdapat kode aktivasi di box hapenya.

Setelah beres proofread dulu ya, siapa tahu ada yang typo atau salah ketik, mungkin juga salah eja.

Langkah Ketiga Aktivasi Kartu Perdana Smartfren

Done udah beres.

Tinggal cek email aja untuk konfirmasi.

Supaya bisa memantau pemakaian kuota disarankan download apps smartfren deh di hape kalian.

Caranya gampang asal punya email aktif aja kok.

Nah, mudah bukan cara aktivasi kartu perdana smartfren 4G LTE?

Kalau ada pertanyaan sudah tahu kan cara hubungi saya? Cukup mudah bukan cara aktivasi kartu perdana smartfren tanpa harus repot datang ke outlet atau gerai.

178 thoughts on “3 Langkah Mudah Aktifkan Kartu Perdana Smartfren Secara Online

  1. saiaaaa

    saya sudah registrasi,tapi aplikasi smartfren saya berbeda tidak ada bulat bulatan nya gitu,trus paket nya juga gak ada,padahal saya belinya unlimited itu gimana ya min

    Reply
    1. Dzulfikar Post author

      coba aja tanya CS via twitter, klo lwt app blm pernah coba

  2. Zed

    Om mau tanya, dulu maret 2018 ane masih pake smartfren trus beralih ke operator lain, tapi perdana smartfren masih ane taruh di sim 2. Setelah itu sekarang mau pake smartfren lagi tapi lupa nomor dan segala macem. Trus ini sinyalnya udh lama ilang, trus gimana cara aktifin/balikin sinyal smartfren dan tau nomer ane lagi?
    Thanks

    Reply
  3. popeye

    kl kartu khusus internet yg diandromax ad masa aktifnya gak.. kl pun ad apa bisa diaktipin lagi.. soalnye msi ada sinyal.. tp sinyal internet gk kluar

    Reply
  4. Bondem

    Bang kalau nomer PUK nya hilang gimana??apakah masih bisa

    Reply
    1. Dzulfikar Post author

      gak perlu PUK lagi, klo mau registrasi pk KTP sama KK di Konter

  5. MASTAH TERCYDUQ

    Punya saya tidak di daftarkan dengan NIK kok tidak di blokir gan?

    Reply
    1. Dzulfikar Post author

      lewat email aja bisa kok ke delapanempat(at)gmail.com

    1. Dewi Puspita

      Sama nih,kode puk saya juga gak nemu

  6. yuli

    kalo bikin aturan yg enak napa bikin ruginya jual perdana aja tentang registrasi gagal

    Reply
    1. Dzulfikar Post author

      weh iya ya gan, justru ini peraturan pemerintah soale perdana banyak disalahgunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.