Seharian di Theme Park kudu kuat jalan
Advertisement

Itinerary perjalanan adalah panduan yang berisikan tujuan, kegiatan dan biaya untuk traveling. Dengan membuat daftar itinerary, maka daftar kegiatan, anggaran serta tujuan perjalanan kamu akan jelas.

Advertisement

Karena itulah kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat itinerary perjalanan yang benar. Membuat jadwal tour wisata itu tidak susah alias gampang.

Kamu bisa mengikuti step by step-nya di bawah ini. Yuk langsung simak caranya:

1.  Menentukan Destinasi

Pertama, yang harus kamu lakukan adalah menentukan tujuan perjalanan, baik itu negara, pulau atau kota. Jika ingin berkunjung ke berbagai tempat, tentukan dulu berapa lama atau berapa hari kamu akan singgah di masing-masing kota.

Pastikan jika waktu tersebut sesuai dan pas dengan hari libur yang kamu punya, baik itu tiga hari, seminggu atau lebih.

Advertisement

2. Perbanyaklah Membaca Referensi

Selanjutnya adalah dengan memperbanyak membaca referensi perjalanan dari berbagai travel blog Indonesia yang bisa dijadikan rujukan terutama yang sudah pernah mengunjungi tempat wisata yang sama.

Cari informasi sebanyak mungkin sesuai dengan destinasi yang menjadi tujuanmu, karena itinerary yang bagus harus memiliki banyak sumber referensi.

Dengan cara demikian maka kamu dapat menyaring tempat mana saja yang akan dikunjungi.

3. Membandingkan Tempat Penginapan

Mencari tempat penginapan bukanlah satu hal yang gampang, pasalnya tidak semua tempat penginapan memiliki lokasi yang strategis.

Dengan menentukan lokasi penginapan, maka kamu pun dapat membuat paket wisata sendiri.

Cobalah bandingkan tempat-tempat penginapan di berbagai pemesanan online, baik itu terkait lokasi, harga, maupun jaraknya dengan tempat wisata yang ingin dikunjungi.

Jika kamu menginap di pusat kota, umumnya lebih mudah mendapatkan makanan. Selain itu juga dekat ke berbagai tempat, namun biasanya lokasi di pusat kota punya harga sewa yang lebih malah.

Sebaliknya jika memilih penginapan di pinggir kota, agak sulit mendapatkan makanan dan kemungkinan butuh waktu untuk ke beberapa tempat wisata di pusat kota. Kelebihannya jauh dari keramaian.

4. Tentukanlah Alat Transportasi dan Makanan

Keempat, kamu perlu memperhatikan transportasi yang akan digunakan dan juga makanan yang bisa ditemui di lokasi tujuan.

Tentukanlah alat transportasi, baik itu untuk perjalanan menuju lokasi, atau saat kamu berada di sana.

Menentukan apa saja yang akan dimakan juga membantu kamu agar tidak bingung ketika traveling, kamu hanya perlu mencari tempat yang menyediakan makanan tersebut.

5. Membuat Jadwal Perjalanan

Terakhir, baru membuat itinerary, catatlah tour itinerary dalam bentuk tabel baik dalam hardfile atau soft file.

Kamu juga bisa menggunakan berbagai aplikasi di smartphone yang memudahkan mengetahui detail perjalanan yang akan kamu jalani.

Dengan membuat itinerary, maka kamu dapat menentukan estimasi waktu yang dibutuhkan saat traveling ke semua destinasi wisata yang menjadi impianmu untuk dikunjungi.

Mural di Macau

Lakukanlah kegiatan sesuai dengan rencana perjalanan wisata yang telah kamu buat. Itinerary perjalanan membantu kamu mengunjungi banyak tempat dalam waktu singkat.

Sebaliknya, jika kamu tidak membutuhkan itinerary pun tidak mengapa. Kamu bisa go show ke berbagai tempat wisata tanpa rencana apapun, asalkan sudah siap dengan berbagai konsekuensinya.

Nah itulah informasi tentang cara membuat itinerary perjalanan yang bisa kamu ikuti step by step-nya.

Satu hal yang terpenting dari traveling ialah mencari destinasi yang tepat agar kamu bisa melepas sejenak beban kehidupan. Jangan membuang-buang waktumu untuk mengunjungi tempat-tempat yang tidak bermanfaat.

Advertisement

Geek Blogger, An Inbound Marketers, SEO Specialist, Community Management Specialist. Open partnership. contact delapanempat[at]gmail[dot]com

Join the Conversation

2 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  1. Itinerary ini cocok buat traveler yang punya waktu terbatas buat jalan-jalan. Beda dengan yang punya waktu banyak, biasanya jarang yang bikin itinerary… Itinerary bermanfaat banget agar waktu jalan-jalan jadi lebih efisien