Blog Competition

Obrolan Ringan Tentang Laptop Asus ZenBook 13 UX331UAL

Laptop Asus ZenBook 13 UX331UAL

Setelah pulang dari acara review Laptop Asus ZenBook 13 UX331UAL, seperti biasa istri saya suka penasaran dengan acara yang saya ikuti. Kalau saya lagi excited biasanya saya timpali, tapi kalau kurang excited biasanya suka saya skip hahaha.

Kebetulan Laptop Asus ZenBook 13 UX331UAL ini eye catching abis. Desainnya tipis, performanya kencang dan yang bikin takjub itu laptopnya kuat banget meskipun dijatuhkan dari ketinggian tertentu sampai dijadikan keset.

Jujur aja saya kurang paham sebetulnya kenapa Asus sampai harus mengeluarkan laptop dengan standar military grade. Emang laptop ini bakal dibawa perang apa?

Spesifikasi Laptop Asus ZenBook 13 UX331UAL

Karena rasa penasaran itulah saya mendiskusikannya bareng istri di rumah sambil menikmati kopi Aceh Gayo.

“Yang, kamu tau enggak, tadi di acara, laptop yang direview itu udah kayak brankas. Dilempar, diinjak sampai dilindas juga tetap kuat banget.” tutur saya.

“Ah masa sih ada laptop kayak gitu?” jawabnya dengan sedikit terhenyak.

“Iya, aku juga awalnya enggak percaya. Tapi, setelah ditunjukkan ternyata beneran. Meskipun laptopnya dibanting, dijadikan keset, tapi tetap bisa nyala lho” sambil menyodorkan video saat Laptop Asus ZenBook 13 UX331UAL dibanting dan diinjak sama salah satu blogger yang punya bobot cukup lumayan.

“Sebetulnya bukan itu aja sih yang yang bikin aku heran. Laptop itu tipis banget. Gak sampe 1 kilo lho!” tambah saya.

Harga Laptop Asus ZenBook 13 UX331UAL

“Ya, kalau laptop kan sekarang emang pada tipis.Tapi, aku juga jadi penasaran tuh kenapa harus bikin laptop yang super banget ya?” timpal istri saya.

“Asumsiku sih Asus pengen kasih laptop yang bener-bener punya kualitas tapi tetap ergonomis. Tadi juga ada beberapa travel blogger yang tertarik, soalnya selain bobotnya cuma 985 gram, laptop ini juga tipis cuma 13.9mm.” pungkas saya.

Harga second Laptop Asus ZenBook 13 UX331UAL

“Bener juga sih yang, soalnya kan sekarang banyak banget tuh travel blogger yang keluar masuk hutan atau ke tempat-tempat ekstrim. Coba deh liat aja tuh fotografer National Geographic yang keluar masuk hutan cuma buat foto hewan. Bisa jadi kalau profesi-profesi seperti mereka ini emang butuh laptop yang andal tapi juga gak terlalu berat.” jawabnya.

Di situ saya baru sadar. Mungkin apa yang dikatakan sama istri saya itu ada benarnya. Saya jadi ingat Arbain Rambey yang bercerita kalau dia punya temen fotografer yang suka keluar masuk hutan.

Malah kadang-kadang bukan cuma bawa beberapa kamera aja tapi juga banyak barang dan laptop. Nah, kalau aja fotografer seperti itu punya Laptop Asus ZenBook 13 UX331UAL pasti kebantu banget dong. Ya gak?

Ukuran layarnya juga gak terlalu kecil dan gak terlalu besar dengan ukuran sekitar 13,3 inci. Jadi, kalau buat orang yang mobilitasnya tinggi banget sih pas nih laptopnya.

Kelebihan dan kekurangan Laptop Asus ZenBook 13 UX331UAL

Orang-orang seperti traveler atau fotografer yang suka keluar masuk hutan pasti punya banyak risiko bawa barang-barang elektronik. Apalagi kalau bawa kamera sama laptop.

Dengan cara seperti itu kan setidaknya bakal membuat beban mereka untuk mikirin jaga alat jadi berkurang hahahaha.

Kalau dipegang, bahan aluminium chassis dengan konstruksi magnesium alloy ZenBook 13 UX331UAL ini punya kesan kokoh tapi tetap stylish dan berkesan premium karena bawahnya yang kuat.

Kelebihan Laptop Asus ZenBook 13 UX331UAL

“Terus yang, Laptop Asus ZenBook 13 UX331UAL kabarnya sudah menerapkan teknologi baru. Jadi katanya sih udah mendukung Windows Hello.” kata saya.

“Emang ada ya Windows Hello?” tanya istri.

“Iya, aku juga baru tahu. Ternyata teknologi Windows Hello itu persis kayak smartphone flagship masa kini. Jadi fiturnya itu kurang lebih sama dengan fitur keamanan face lock dan fingerprint.” jelas saya.

“Oh, gitu. Jadi lebih aman ya laptopnya. Kalaupun dicuri pasti susah banget tuh bisa nyalain laptopnya, soalnya kan cuma bisa dibuka pake sidik jari atau face recognition.” kata istri saya dengan wajah yang takjub.

“Laptop ini tuh idaman banget sih. Apalagi kalau buat konten kreator yang hampir selalu butuh koneksi internet. Menariknya nih, dia punya fitur Wi-Fi Master.” timpal saya.

“Lah, bukannya Wi-Fi dimana-mana sama aja? Emang apa bedanya?”

“Jadi, kalau misalnya kita lagi ada di hotel yang cuma nyediain Wi-Fi di public area, otomatis gak dapet dong sinyalnya kalau lagi di kamar? Nah, degan Wi-Fi Master ini kita gak perlu khawatir lagi gak kebagian koneksi. Soalnya Wi-Fi Master bisa nangkep sinyal dengan jarak sampai dengan 300 meter. Jauh juga kan?”

“Emang kalau laptop biasa berapa meter jangkauan Wi-Finya” tanya istri saya penasaran.

“Kalau laptop umumnya sih yang normal antara 30 sampai dengan 50 meter. Jadi, kalau rumahnya luas atau kantornya bertingkat, tapi masih pakai Wi-Fi sentral ya wasalam kalau di luar jangkauan.”

“Nah, dengan teknologi Wi-Fi Master ini kita jadi gak perlu khawatir lagi susah dapetin sinyal Wi-Fi. Ya, bayangin aja kekuatan jangkauannya bisa lebih dari sepuluh kali lipat.”

“Ngaruh juga enggak sih sama koneksinya. Jadi gak yakin. Soalnya kalau jangkauannya jauh kan biasanya lebih lemot!” sanggahnya.

“Nah, itu dia! Karena dilengkapi dengan tenologi dual-band 802.11ac, jadi gak perlu khawatir. Meskipun jauh masih tetap bisa nonton Youtube Full HD kok.

Soalnya kecepatan transfer data Wi-Fi Master itu bisa sampai 867Mbps bahkan 6 kali lebih cepat kalau dibandingin dengan teknologi single-stream 802.11n.” jelas saya cukup panjang.

“Ah gak ngerti, malah pusing jadinya!” jawabnya.

“Sederhananya gini deh. Kalau laptop yang lain mindahin barangnya itu masih pakai mobil kol atau mobil pick up. Jadi kapasitasnya juga kecil. Nah, kalau Wi-Fi Master itu ibarat mindah barang pakai truck kontainer. Jadi kapasitas angkutnya juga lebih besar. Kalau pakai perumpamaan itu ngerti kan?

“Oh, iya, kalau dicontohin kayak gitu sih ngerti” jawabnya.

“Kira-kira gimana yang, mau gak investasi buat beli Laptop Asus ZenBook 13 UX331UAL?” tantang saya.

“Ya, kalau worth it mah gak papa, investasi aja. Apalagi belakangan ini kan kamu sering pergi-pergi ke luar kota. Aku jadi inget waktu kamu ke Surabaya enggak bawa laptop akhirnya harus cari warnet cuma buat ngerjain revisi dari client.” kata istri saya mengingatkan.

“Iya tuh, aku inget banget kejadiannya. Ya, mau gimana lagi. Soalnya waktu ke Yogya dulu juga kan bawa laptop tapi gak dipake. Abis itu juga aku males bawa-bawa laptop yang berat, mendingan nambahin oleh-oleh kan buat kamu.” kata saya sekenanya hahahaha.

“Kemaren kan laptop lama kamu baru ganti baterai. Nah kalau laptop yang kamu incer ini emang lebih bagus baterainya?”

Prosesor Laptop Asus ZenBook 13 UX331UAL

“Nah, ini kayaknya udah dipikirin banget sama Asus. Laptop Asus ZenBook 13 UX331UAL udah pake baterai lithium-polymer 50Whrs. Jadi bisa bertahan selama 15 jam. Awet juga kan?”

“iya sih, itu mah cocok banget kalau kamu pas ke luar kota. Asal udah dicharge aja sebelumnya supaya pas di bandara misalnya lagi nunggu boarding kamu bisa sembari ngerjain artikel” dukungnya.

“Yang paling aku suka selain fingerprintnya, Asus itu udah punya teknologi palm rejection. Jadi kalau pas lagi ngetik, terus telapaknya offside, gak bakalan nambah huruf kok.”

Eh iya, laptop ini juga punya kelebihan lainnya. Jadi, Laptop Asus ZenBook 13 UX331UAL itu bisa mendukung tulisan tangan. Nah, kalau buat blogger sih penting benget tuh supaya kontennya makin kreatif.

“Terus harganya berapa?” tanya istri saya.

“Ya, dengan beberapa kelebihan yang udah kita bahas tentang kelebihan Laptop Asus ZenBook 13 UX331UAL, udah lumayan banget kok, harganya di kisaran Rp 14,799.000.”

“Ya, kalau itu sih cukup wajar lah, apalagi kalau fiturnya aja kece badai. Kalau ini sih beneran investasi buat yang udah fokus jadi freelancer, full time content creator atau full time blogger.” jawabnya.

“Nah, itu dia. Laptop Asus ZenBook 13 UX331UAL ini pakai Prosesor Intel® Core™ i5 Generasi ke-8. RAM 8 GB dan SSD 256GB PCIe®, jadi kalau buat ngetik doang sih udah pasti kelas atas banget. Makanya sayang juga kalau punya laptop mahal tapi enggak dimaksimalkan. Bisa lah kalau udah dipakai buat edit video untuk vlog di Youtube.”

“Terus ada garansi enggak?” tanya istri saya.

“Tenang aja, Laptop Asus ZenBook 13 UX331UAL itu dapet garansi global 2 tahun. Jadi, kalau ada masalah bukan karena kelalaian sendiri, tinggal diklaim aja ke Asus Center.” pungkas saya.

Obrolan itu bikin saya makin mantap buat investasi nih. Laptop Asus ZenBook 13 UX331UAL cocok banget buat kebutuhan traveler yang punya mobilitas tinggi tanpa harus meninggalkan pekerjaannya. Fix banget #2018HarusGantiLaptopASUS

Spesifikasi lengkap ASUS ZenBook UX331UAL:

Main Spec.ASUS ZenBook UX331UAL
CPUIntel® Core™ i5-8250U Processor, 6M Cache, up to 3.40 GHz
Operating SystemWindows 10 Home
Memory8GB LPDDR3 2133MHz SDRAM
Storage256GB SATA3 M.2 SSD
Display13.3″ (16:9) LED backlit FHD (1920×1080) 60Hz, Ultra Slim 300nits
GraphicsIntegrated Intel UHD Graphics 620
Input/Output1x micro SD card, 1x audio jack COMBO, 1x Type C USB3.0 (USB3.1 GEN1), 2x Type A USB3.1 (GEN1), 1x HDMI, Support HDMI 1.4
CameraVGA Web Camera
ConnectivityBuilt-in Bluetooth V4.2, Integrated 802.11 AC (2×2)
AudioBuilt-in Stereo 1 W Speakers And Array Microphone, ASUS SonicMaster Technology

Support Windows 10 Cortana with Voice, Harman kardon

Battery50 Whrs Polymer Battery
Dimension310 x 216 x 13.9 mm (WxDxH)
Weight985gr with Battery
ColorsDeep Dive Blue, Rose Gold
PriceRp14.299.000
Warranty2 tahun garansi global
10 comments
  1. Blog Sabda

    bener deh mas, laptop sekarang tipis2. karena produsen menyesuaikan kebutuhan pasar yang pada nuntu mobilitas tinggi. Nah, mobilitas tinggi ini dampaknya harus gampang dibawa kemana2, hasilnya sih diciptakanlah laptop yang tipis dan ringan.

    Then, karena dipergunakan dengan mobilitas yang tinggi, resiko jatuh lebih besar terjadi, untuk itu Asus diciptakan dengan millitary grade.

    Dan juga bisa dibuat bapak2 militer sewaktu perang *eh canda deng….

  2. adhi nugroho

    Wah, seru baca percakapan abang dengan istrinya, ya. Apalagi pas ngebedain antara pick up dengan tronton. Memang kecanggihan ASUS ga akan abis diobrolin. Sukses lombanya, Bang. Salam hangat.

  3. Rina Darma

    Waktu aku baca standar military grade yg dipunyai Asus ini, aku langsung membayangkan dibawa perang haha…
    Emg kece badai laptop ini apalagi uda lihat video raditya dika sama ridwan hanif yg memperlakukan laptop ini dg ekstrim haha…
    G’luck yah 🙂

    1. Dzulfikar

      iya waktu pertama tahu military grade kirain cuma khusus buat anggota militer aja, taunya karena tahan diuji dengan berbagai cara mulai diinjek sampai dilindes pake motor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *