8 Makanan Khas Bandung yang Autentik, Wajib Cobain!

By | May 30, 2020

Bandung menjadi salah satu kota teramai dan terpadat di Indonesia. Tidak heran jika banyak yang datang berlibur atau tinggal di Bandung.

Advertisement

Jika kamu menjadi salah satunya terutama yang sedang berlibur, setidaknya 7 makanan khas Bandung berikut ini.

cimol bandung
Makanan khas Bandung

1. Gehu Jeletot

Gorengan gehu gurih ini memiliki rasa pedas yang akan menemani waktu santai kamu. Di bagian dalam tahu terdapat tauge, irisan wortel, sayur kol dan beberapa ada yang menambahkan irisan daging sapi. Isian tersebut dibumbui dan ditumis terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam tahu.

Setelah itu, tahu akan dilapisi dengan tepung krispi kemudian digoreng. Untuk cara mengkonsumsinya, kamu bisa makan secara langsung, menggunakan sambal atau mengkonsumsinya dengan cabai mentah.

2. Colenak

Makanan dari Bandung ini menggunakan bahan utama dari peuyum. Makanan ini diolah dengan cara dibakar terlebih dahulu. Kemudian akan diberi gula merah yang sudah dicairkan dan parutan kelapa.

Menurut sejarah, makanan yang memiliki singkatan dicocol enak ini sudah ada sejak tahun 1930. Jadi, jika kamu penyuka makanan manis dengan citarasa sedikit asam, kamu wajib mencoba colenak khas Bandung.

Advertisement

3. Cireng

Aci digoreng atau cireng menjadi salah satu cemilan khas Bandung yang banyak ditemui bahkan di luar kota bandung. Makanan ini terbuat dari adonan tepung kanji yang dibumbui kemudian digoreng. Agar rasanya lebih enak, beberapa penjual memberikan perasa tambahan seperti abon ayam, sapi.

4. Burayot

Dalam bahasa Sunda, burayot ini memiliki arti kue yang bentuknya menggantung. Kue ini banyak ditemukan di daerah Garut. Makanan dari Garut ini menggunakan bahan gula merah, kacang tanah, tepung beras dan minyak kelapa.

Kue dari Bandung ini enak ketika disantap saat masih panas. Walaupun begitu, banyak juga yang mengemas kue ini kemudian menjualnya di toko, terutama menjelang lebaran.

Advertisement

5. Cuanki

Ketika dilihat, makanan dari Bandung ini mirip dengan bakso malang. Ini karena dalam 1 porsi cuanki, terdapat mie, aci, bakso, pangsit rebus ataupun goreng, siomay dan bakso goreng. Kemudian diberi taburan daun bawang dan daun seledri sebelum disiram dengan kuah bening yang rasanya gurih.

6. Peuyeum

Kurang lengkap rasanya jika ke Bandung tanpa membawa peuyeum sebagai oleh-oleh. Tape singkong ini bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama. Karena hal tersebut, peuyeum sering dijadikan sebagai oleh-oleh khas ketika pergi ke Bandung.

Kamu tidak akan kesulitan untuk membeli peuyeum terutama di daerah CIhampelas. Ini karena banyak tempat yang menjual makanan dari Bandung ini sebagai oleh-oleh yang dapat disantap langsung maupun untuk bahan dasar camilan lain.

7. Seblak

Jika kamu sedang jalan-jalan di Braga, jangan lupa untuk mencicipi seblak. Makanan dari Bandung ini menggunakan kerupuk basah, bumbu rempah pedas sebagai bahan utamanya. Untuk isiannya, banyak yang menambahkan telur, sosis, daging ayam, sapi, seafood, jamur dan makaroni.

Advertisement

Seiring dengan perkembangan kepopuleran seblak, tidak sedikit yang kemudian membuat seblak dengan tingkatan rasa pedas. Jadi, kamu bisa menentukan kepedasan seblak sesuai dengan selera kamu.

8. Siomay

Ada banyak jenis siomay dan siomay Bandung seperti yang di dekat stasiun, berbeda dengan jenis siomay yang lainnya. 1 porsi siomay, dilengkapi dengan tahu putih, siomay tenggiri, kol, kentang, pare. Kemudian disiram dengan saus kacang, perasan limau, kecap manis dan saus.

Jadi, sudah siap untuk mencicipi makanan khas Bandung seperti yang disebutkan di atas? Tetap jaga kesehatan dan selamat berlibur!

4 thoughts on “8 Makanan Khas Bandung yang Autentik, Wajib Cobain!

  1. ikromzain

    aku suka banget sama cuanki
    pernah diajak om beli di jalan serayu
    rame banget dan enak subhanallah
    pingin ke bandung lagi

    Reply
    1. Bang Dzul Post author

      Iya bener banget, yang paling rame di Serayu klo mau cari cuanki enak. Saya aja bleum pernah ke sana meski bbrp kali ke Bandung.

  2. Nurul Sufitri

    Duh, kutunggu2 gambarnya teu aya nya? Hihihihihihi… Jadi ngebayangin sendiri. Biasanya aku suka makan cuanki dan siomay batagor di depan FO2 di Bandung. Seblak juga enak, aku suka semua.

    Reply
    1. Bang Dzul Post author

      Aduh iya ya, nanti gambarnya saya lengkapin lagi deh. Makasih sarannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.