Cuci Mata di Gasibu Bandung, Dapat Pentol Kuah

By | January 5, 2019

Langganan ke Gasibu Bandung, baru kali ini saya ketemu penjaja pentol kuah. Jadi, kuliner ini semacam bakso kecil-kecil dikasih kuah.

Aneh juga sih ya, kenapa dinamainnya pentol, bukan bakso aja sekalian. Mungkin biar unik? Atau ada penjelasan lainnya?

Apapun namanya, ternyata ada beberapa pembeli juga. Mungkin efek dari orang lain yang sudah beli, bini sama adik-adik saya juga jadi penasaran.

Setelah saya cicipi, hadeh hahahahaha. Rasanya jauh banget dari cuanki mamang-mamang di Gasibu.

Well, ini soal selera aja sih. Apalagi pentol kuah ini terasa baru di lidah saya.

Oh ya, pada tahu singkatan cuanki enggak sih? Mungkin saya dan kamu juga yang termasuk baru tahu singkatan cuanki setelah berpuluh tahun.

Singkatan cuanki adalah Cari Uang Jalan Kaki hahahaha. Unik banget kan?

Nah, kalau Pentol tau enggak singkatan dari apa?

Sebetulnya ada beberapa kuliner Bandung yang jadi favorit saya sih di Gasibu ini. Ada cilor Bandung sama keripik pisang.

Kalau keripik biasanya udah pasti jadi pesanan mertua. Nah, kalau pagi harus order dulu nih keripiknya, kalau telat malah bisa kehabisan.

Selain itu juga ada ikan teri, kalau kata orang Sunda mah impun. Ini juga jadi favorit ibu saya. Biasanya yang jual ibu-ibu pakai wadah besar dijajakan di pintu masuk taman.

Ada yang sudah diplastikin, tapi kita juga bisa beli sesuai dengan kebutuhan. Bisa beli seperempat, setengah kilo sampai satu kilogram juga bisa.

Nah, selain impun ada juga udang kriuk. Ini yang juga jadi favorit. Dulu sampe digrogotin tikus karena lupa cuma digeletakin aja di meja makan tanpa ditutup hahahaha.

Tips ke Gasibu Bandung

  • Sebaiknya amankan dompet dan barang berharga. Tas bini perna disilet.
  • Kalau bawa anak-anak apalagi, harus ekstra waspada jagain anak sama barang berharga.
  • Saya lebih suka pakai angkutan umum, soalnya bisa nyegat GRAB atau GOCAR di mana aja tanpa harus ribet cari parkir dan bisa keluar dari kemacetan dengan jalan kaki dikit ke luar.
  • Datang lebih pagi, kalau kesiangan beberapa makanan udah kehabisan, cuaca juga jadi lebih panas.

Nah, orang Bandung boleh dong bantu komen di bawah ini, kira-kira ada Kuliner Bandung apa lagi yang rekomen di kawasan Gasibu ini selain Cilor, Seblak, Cuanki, dan Sate Ayam hehehe…

2 thoughts on “Cuci Mata di Gasibu Bandung, Dapat Pentol Kuah

    1. Dzulfikar Post author

      hahaha,,,bentuk emang pengaruh banget ya, bisa bikin selera makan ilang jg klo bentuknya gak mendukung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.