Soto Ayam Pak Man, Sampai Bikin Jokowi Mampir

By | December 22, 2018
soto ayam Pak Man

Jujur saya baru pertama kali datang ke Soto Ayam Pak Man Semarang. Itu pun diajak sama tim PT Astra International saat kunjungan ke KBA Pandean Lamper.

Soto ayam Pak Man di Semarang itu ibarat rumah makan Pringsewu. Hampir di setiap tempat ada banner besar yang menunjukkan arah menuju rumah makan Soto Ayam Pak Man.

Bandingkan foto Pak Man di Banner dengan sosok aslinya sekarang

Kalau tidak salah, yang saya kunjungi ini adalah salah satu cabang yang berada di Jalan Pamularsih Raya, Semarang.

Saya juga heran nih, soto ayam biasa seperti ini bisa membuat sosok nomor satu di negeri ini, Presiden Jokowi, sampai mau mampir di Soto Ayam Pak Man saat kunjungan ke Semarang.

Soto Ayam Pak Man disajikan dengan kuah bening dan bertabur topping istimewa seperti suwiran ayam, tauge, soun dan bawang goreng.

Penyajiannya sendiri bisa campur dengan nasi atau terpisah. Rasanya buat lidah saya cukup standar untuk ukuran soto ayam dan gurih. Hahahaha.

Kalau mau jujur sih ya masih kalah enak dibandingkan dengan Soto Kesawan atau Soto Medan RM Sinar Pagi.

Ulasan Jujur Bang Dzul

Ya, jelas beda sih dan tidak apple to apple karena Soto Medan yang saya cicipi berlimpah kuah santan yang kental dan menggugah selera.

Tapi, kalau datang ke Semarang belum mencicipi Soto Pak Man rasanya seperti belum ada yang lengkap. Sama halnya ketika mengunjungi Semarang tapi tak mampir ke Lawang Sewu, tempat wisata paling instagramable di ibukota Jawa Tengah ini.

Tempat Wisata Instagramable di Semarang

Beruntung saya bisa bertemu sosok Pak Man yang asli. Pria yang rambutnya sudah memutih ini adalah sosok yang ramah.

Saat bertemu, justru dia yang menawarkan kami untuk foto bersama. Kebetulan saat itu teman saya memang sedang memotret beberapa sudut rumah makannya.

Akhirnya sebelum pulang, kami pun berfoto dengan Pak Man. Seorang pengusaha sukses dan legenda yang masih hidup hingga saat ini.

Bagi warga Semarang sih ini sudah makanan khas Semarang terbaik lah. Jadi, mampirlah ke Soto Ayam Pak Man dan cicipi citarasa kuah gurihnya yang istimewa.

Porsi Soto Ayamnya memang kecil, tapi ada beberapa lauk yang juga sangat menggugah selera seperti tahu bacem, tempe bacem, sate usus, sate kerang, sate telur puyuh, perkedel, kerupuk dan jajanan kriuk-kriuk lain yang cocok banget untuk menikmati satu porsi kecil soto ayam yang masih hangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *