Tips Menyusun Itinerary Perjalanan Wisata

By | September 26, 2019

Menyusun itinerary atau rencana perjalanan wisata adalah bagian terpenting untuk mendapatkan pengalaman travelling yang tak terlupakan. Menyusun itinerary bukan merupakan hal yang mudah.

Untuk perjalan ke negara tertentu seperti Eropa, Amerika dan Australia dibutuhkan dokumen itinerary. Apa itu dokumen itinerary? Dokumen itinerary adalah bukti tertulis perjalanan yang sudah dicetak. Jika dibutuhkan dalam bentuk softcopy, umumnya dokumen itinerary menggunakan tipe dokumen pdf, doc, atau excel.

Kesalahan dalam menyusun bisa membuat waktu piknik mu terbuang sia sia hanya karena salah dalam membuat rencana. Nah, apa sajakah yang perlu diperhatikan dalam menyusun itinerary? Berikut adalah daftarnya.

Sunflower Garden Changi Singapura

Sunflower Garden Changi Singapura

Tentukan Prioritas

Sebagai traveller tentunya kamu ingin mengunjungi dan melakukan banyak. Tetapi, menulis terlalu banyak daftar di rencana perjalananmu kemungkinan besar akan membuat kamu perlu merevisi ulang rencana tersebut nantinya.

Serta, kamu juga tidak akan bisa mengunjungi semua tempat yang telah kamu tulis dan melakukan semua hal yang kamu rencanakan.

Oleh sebab itu, kamu perlu menyusun prioritas tentang tempat apa saja yang ingin kamu kunjungi dan hal apa saja yang ingin kamu lakukan. Memiliki ruang yang cukup lebar antara waktu perjalanan dan aktivitas yang kamu lakukan akan memberi keleluasaan untuk menikmati perjalanan wisata kamu.

Pastikan Semuanya Tepat, dari Pintu ke Pintu

Waktu adalah aset paling penting bagi seorang traveller. Menentukan prioritas kunjungan akan membuat waktu perjalananmu optimal.

Selain itu, kamu juga perlu memperkirakan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan aktivitas satu ke aktivitas yang lain.

Misalnya, kamu menyusun itinerary ke Paris. Pesawat kamu tiba di bandara pukul 7 pagi waktu setempat, dan kamu sudah merencanakan kunjungan ke Eiffel pada pukul 8 pagi.

Maka kamu perlu pastikan berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk keluar dari bandara. Serta berapa lama perjalanan dari bandara ke Eiffel.

Jika di bandara kamu perlu waktu 30 menit serta perjalanan ke eiffel membutuhkan waktu 1 jam, maka kamu perlu mengatur ulang rencana perjalananmu.

Siapkan Ruang Untuk Revisi dan Keterlambatan

Karena keterlambatan dan jadwal yang molor pasti bisa kamu hadapi di perjalanan, mengantisipasi keduanya merupakan langkah terbaik.

Caranya dengan memberikan ruang untuk delay di setiap aktivitas yang sudah kamu rencanakan. Dengan begitu, saat keterlambatan terjadi, kamu memiliki waktu yang cukup untuk memperbaiki rencana.

Kumpulkan Informasi Akurat Sebanyak Mungkin

Karena kunci dari perencanaan yang baik terletak pada data yang kamu gunakan. Maka memilih informasi yang akurat merupakan kunci.

Pelajari review tempat wisata dari mereka yang pernah melakukan perjalanan ke tempat yang akan kamu kunjungi. Pelajari tentang momen-momen penting di tempat kunjungan yang mungkin bersamaan dengan waktu kunjunganmu.

Selain itu, bagikan itinerary yang sudah kamu buat dengan para traveler yang lain untuk mendapatkan komentar dan feedback mereka.

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk menyusun itinerary atau rencana perjalanan wisata yang baik. Memang cukup merepotkan, tetapi perencanaan ini penting agar liburanmu tidak berantakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.