Review

Bayar Pajak Motor Cuma 5 Menit di Gerai Samsat Ciater, Serpong

Selain merayakan ulang tahun, buat yang punya kendaraan juga pasti ngerti harus merayakan ulang tahun kendaraannya setiap tahun dengan membayar pajak. Nah, pengalaman saya bayar pajak motor di gerai Samsat Ciater, Serpong ini benar-benar memberikan pengalaman yang berbeda dari pengalaman sebelumnya bayar pajak di Samsat, Ciputat.

Oh ya, sebelumnya gerai samsat ini berada di Pasar Modern BSD. Tapi kemudian pindah ke Ciater. Lokasinya berada satu gedung dengan Bank Banten. Kalau dari arah BSD, posisi Gerai Samsat Ciputat ini ada di sebelah kanan. Jadi, kamu perlu putar balik dulu.

Berbeda halnya jika kamu berasal dari arah Ciputat atau Pamulang. Gerai Samsat Ciater berada di sebelah kiri sebelum pom bensin Ciater. Nah, kantor Gerai Samsat Ciater ini cukup mudah dikenal kok. Biasanya suka ada truk Bank yang sedang parkir di depan gedungnya.

Sebelum bayar pajak motor, cek dulu jam operasionalnya ya. Jam buka Gerai Samsat Ciater Serpong

  • Senin – Kamis: jam 08.00 – 14.00
  • Jumat: jam 08.00 – 11.00, istirahat sholat jumat: 13.00 – 14.00
  • Sabtu: jam 08.00 – 11.00

Selain itu juga kamu perlu menyiapkan berkas atau syarat bayar pajak motor

  • e-KTP asli dan fotokopi
  • STNK motor asli dan fotokopi
  • BPKB motor asli dan fotokopi

Perlu kamu ketahui bahwa nama di semua dokumen tersebut harus sama. Misalnya jika di BPKB motor tertera nama Ali Nugraha, begitu juga dengan nama di STNK dan e-KTP.

Gimana kalau namanya beda antara dokumen sama yang mengurus bayar pajak motor? Cukup bawa surat kuasa dari pemilik yang dibubuhi materai 6.000.

Kebetulan sih waktu saya ngurus perpanjangan pajak tahunan motor di gerai Samsat Ciater ini tidak terlalu ketat. Motor punya saya masih atas nama saudara ipar saya. Karena masih saudara, saya males buat balik nama. Ya, meskipun risikonya harus pinjem e-KTP tiap tahun.

Nah, langkah bayar pajak motor di Gerai Samsat Ciater ini tergolong singkat. Bahkan lebih singkat waktu saya bayar pajak tahunan dan bayar pajak lima tahunan di Samsat Ciputat yang memakan waktu 30 menit sampai dengan 45 menit.

Saya juga baru tahu kalau bayar pajak motor di Gerai Samsat Ciater Serpong seperti ini cuma butuh waktu 5 menit aja. Kalau tidak antre mungkin bisa lebih cepat. Saat itu ada sekitar 5 orang antre sebelum saya datang.

Langkah bayar pajak motor di Gerai Samsat Ciater Serpong

  1. Bawa semua berkas asli dan fotokopi
  2. Kalau tidak sempat fotokopi, petugas bisa membantu dengan memfotokopi semua berkas. Saya bayar Rp 10.000 untuk fotokopi e-KTP, STNK dan BPKB.
  3. Serahkan berkas ke loket pendaftaran
  4. Tunggu nama kamu dipanggil sesuai dengan nama di e-KTP. Jadi pasang telinga kalau motornya atas nama orang lain. Kadang suka lupa kalau nama orang lain yang dipanggil.
  5. Setelah dipanggil lalu bayar
  6. Selesai

Rincian biaya bayar pajak motor di Gerai Samsat Ciater Serpong

  • Fotokopi Rp 10.000,-
  • Bayar pajak motor Rp 215.000,-

Biaya ini jelas lebih murah dibandingkan dengan saat saya membayar pajak motor di Samsat Ciputat. Bisa jadi karena waktu itu juga status motor saya masih kredit. Baca deh di sini tentang syarat bayar pajak motor kredit.

Untuk bayar pajak motor 5 tahunan tidak bisa dilakukan di gerai samsat seperti ini. Karena kamu harus membawa motor kamu ke kantor samsat untuk dilakukan cek fisik.

Nah, itu pengalaman saya bayar pajak motor di Gerai Samsat Ciater Serpong

Kelebihan bayar pajak di Gerai Samsat

  • Lebih cepat
  • Antrean sedikit
  • Loket hanya dua, loket pendaftaran dan loket pembayaran sekaligus pengambilan berkas
  • Lebih fleksibel karena sudah disediakan tempat fotokopi

Gimana, gampang banget kan bayar pajak motor di gerai samsat seperti ini? Kalau menurut saya, daripada ngurus pakai calo atau biro jasa, mendingan ngurus sendiri. Kecuali memang ada hal yang tidak bisa dihindari.

Jangan lupa subscribe Youtube dan Instagram ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *