Pemerintah Indonesia kini sedang gencar melaksanakan program pengurangan emisi karbon. Targetnya pada tahun 2060 emisi nol bisa terwujud. Langkah yang kini dilakukan diantaranya seperti dibangunnya beberapa PLTS untuk kawasan industri serta penggunaan kendaraan listrik.

Advertisement

Untuk mewujudkan komitmen tersebut, pemerintah sampai memberikan kebijakan nol pajak untuk kendaraan listrik. Kondisi ini tentu perlu didukung dan merupakan tanggung jawab bersama masyarakat.

Harapan tersebut diinisiasi dan didukung juga oleh TRAC, salah satu penyedia rental mobil terbaik dengan menghadirkan beberapa unit mobil listrik yang bisa kamu sewa saat liburan di Bali.

Cara sewa mobil listrik di Bali

Cara sewa mobil listrik di Bali

  1. Download aplikasi TRAC To Go di Google Play Store atau App Store.
  2. Lakukan pendaftaran data diri.
  3. Masuk ke Menu Experience di Aplikasi.
  4. Pilih jenis kendaraan.
  5. Ketahui kapasitas dan haga sewa kendaraan listrik.
  6. Lakukan pembayaran untuk booking via transfer atau ewallet.
  7. Username dan password kendaraan sebagai akses kunci digital akan diberikan lewat aplikasi SLICK. 
  8. Gunakan kendaraan sesuai dengan waktu penyewaan yang dipilih.

Jenis Kendaraan listrik yang disewakan

TRAC bekerja sama dengan Toyota dalam mengembangkan proyek EV Smart Mobility untuk mendukung program Eco Sustainable Tourism di Bali sehingga wisatawan akan merasa nyaman karena area wisatanya lebih bersih, aman, dan nyaman serta minim polusi.

EV Smart mobility menyediakan 3 jenis kendaraan dengan total 30 unit

  1. 20 unit Toyota COM (BEV)
  2. 5 unit Toyota C+pod (BEV)
  3. 5 unit Toyota Prius PHEV

Ketiganya bisa kamu sewa secara langsung dengan mendatangi stasiun di depan Central Parkir The Nusa Dua (Posisinya berada di depan Bali Collection) atau mendatangi station di area pintu masuk Pulau Peninsula The Nusa Dua.

Jika ingin lebih mudah, kamu bisa melakukan booking langsung lewat Aplikasi TRAC To Go atau aplikasi mTOYOTA.

Jika kamu melakukan penyewaan lewat aplikasi Trac To Go akan mendapatkan beberapa kemudahan serta penawaran promo harga penyewaan mobil listrik.

Selain itu, proses pembayaran jadi lebih mudah tanpa harus transfer karena Aplikasi Trac To Go sudah terhubung dengan sistem pembayaran menggunakan Shopee Pay. Jadi, tidak perlu repot untuk transfer lagi kan.

Cara sewa mobil listrik di Bali

Harga Sewa Mobil Listrik TRAC di Bali

Perlu diketahui juga bahwa penyewaan jenis mobil listrik COMS dan C+Pod hanya bisa disewa maksimal selama 4 jam pemakaian. Sedangkan untuk penyewaan harian, kamu tetap bisa menggunakan Prius PHEV untuk keliling Bali.

Advertisement

Seperti dikutip dari Aplikasi TRAC To Go, informasi harga penyewaan adalah sebagai berikut ini;

  1. Harga Sewa Toyota COMS adalah Rp 55.000 per jam, maksimal 4 jam saja.
  2. Harga Sewa C+Pod adalah Rp 88.000 per jam, maksimal 4 jam saja.
  3. Harga sewa Prius PHEV 4 jam dengan supir Rp 435.000
  4. Harga sewa Prius PHEV 12 jam dengan supir Rp 985.000
  5. Harga sewa Prius PHEV 24 jam tanpa supir Rp 550.000

Perbedaan PHEV dan BEV

Ada dua jenis kendaraan listrik yang disewakan. Dua jenis tersebut adalah Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), satu jenis lain adalah Battery Electric Vehicle (BEV). 

BEV sepenuhnya menggunakan sumber listrik sebagai tenaga penggeraknya. Itulah sebabnya kendaraan jenis BEV hanya bisa disewa atau digunakan oleh penyewa maksimal hanya 4 jam saja. Sementara untuk PEV menggunakan kombinasi sumber penggerak dari sumber listrik dan sumber minyak bumi. Sehingga waktu penyewaannya pun bisa lebih lama seperti kendaraan non listrik lainnya.

Advertisement

Langkah penggunaan kendaraan listrik untuk penyewaan ini perlu didukung oleh masyarakat sehingga emisi karbon bisa dikurangi. Sebagai informasi untuk setiap 1 km perjalanan dengan menggunakan sumber minyak bumi akan menghasilkan emisi sebanyak 200gram CO2. Untuk mengimbanginya paling tidak dibutuhkan 1 pohon mangga. 1 pohon mangga bisa menyerap 28 ton per tahun.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.