Sebuah pesan pendek saya terima sekitar awal September 2021. Pesan tersebut adalah sebuah undangan untuk menghadiri Grand Launching sekaligus Press Conference pada 15 September 2021.

Sebagai blogger, saya merasa tersanjung karena Astra Financial masih mengundang beberapa blogger untuk hadir dan duduk bersama dengan para jurnalis secara virtual.

Media gathering nasional virtual paling ramai di 2021

Singkat cerita pada tanggal 15 September 2021 tersebut, kami semua terkejut karena jurnalis dan blogger yang hadir di National Media Gathering tersebut mencapai 400 peserta.

Bahkan beberapa jurnalis mengikuti conference secara live dari beberapa daerah di pelosok dari Aceh hingga Papua. Beberapa bahkan mengikuti conference sambil melakukan tugas di lapangan.

Beberapa tokoh penting jurnalistik pun saya lihat hadir di Zoom Conference. Sebut saja seperti Pemred IDN Times, Uni Lubis.

“Saya berharap dengan reputasi Astra yang baik dan termasuk salah satu perusahaan yang cukup lama masuk ke bursa saham Indonesia akan menunjukkan semangat keterbukaan kepada publik. Saya yakin AstraPay dapat membangun kepercayaan publik di tengah banyaknya berita negatif terkait pembayaran digital,” ungkap Uni Zulfiani Lubis.

Kemudian ada wartawan tiga zaman, Ketua Dewan Kehormatan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Ilham Bintang yang sekaligus curcol bahwa dirinya adalah korban soal sistem keamanan data.

Seperti diketahui memang Ilham Bintang mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah karena rekeningnya dibobol orang lain.

“Saya yakin Astra sudah melakukan riset tentang bagaimana melindungi data pribadi pengguna AstraPay. Hal ini sangat penting bagi bisnis dompet digital ini. Selain itu, saya juga berterima kasih pada Astra, karena sejak pandemi baru pertama kali saya bisa berkomunikasi dan mendengar suara teman-teman sejawat dari seluruh Indonesia. Bagi kalangan media, mengumpulkan teman-teman sampai sebanyak ini cukup sulit. Apresiasi buat AstraPay untuk usahanya mengadakan acara ini,” tutur Ilham.

Hadir juga Wartawan Ekonomi Senior yang juga CEO SWA seperti Kemal Effendi Gani. Lalu ada juga Budi Setyarso Kepala Pemberitaan Tempo. Beberapa tokoh jurnalis tersebut cukup dikenal luas juga oleh masyarakat awam.

Acara Grand Launching AstraPay pada tanggal 15 September 2021 seperti “hajatan media” dengan membludaknya peserta yang hadir secara virtual.

Sangat jarang memang jurnalis bisa hadir sebanyak itu, bahkan mereka berasal dari beberapa daerah di pelosok nusantara. Hal tersebut tentu menjadi salah satu kebanggaan tersendiri bagi Astra Financial yang baru saja meluncurkan produknya AstraPay.

Astra Financial menawarkan dompet digital terbaru AstraPay yang mengedapankan kenyamanan dengan transaksi seamless serta jaminan keamanan bagi konsumen.

Dalam dialog dengan media pada AstraPay: National Media Gathering tersebut terjadi diskusi dan tanya jawab yang menarik dengan Director-In-Charge Astra Financial, Transportation & Logistics, Suparno Djasmin dan President Commissioner AstraPay yang juga CEO FIFGROUP, Margono Tanuwijaya, serta Direksi AstraPay : Meliza Rusli (Chief Executive Officer-CEO), Ricky Gunawan (Chief Operating Officer-COO) dan Reny Futsy Yama (Chief Marketing Officer-CMO).

Hadiah Door Prize Naik Jadi Rp1 juta

Uniknya saat pengundian door prize, salah satu pimpinan Astra langsung menaikkan angkanya dari Rp250.000 per orang menjadi Rp1 juta per orang. Tapi, sayangnya bukan saya yang dapat hehe.

Mungkin saking senangnya pimpinan Astra melihat antusiasme dari para jurnalis dan blogger yang hadir dalam Media National Gathering yang terbilang sukses.

Jika dilihat dari Infografisnya saja, dari tanggal 15-19 September 2021 sudah ada 394 artikel online yang terpublish tentang Grand Launching AstraPay. Hal ini menunjukkan bahwa memang para jurnalis dan blogger sangat antusias dengan produk unggulan Astra Financial sekaligus menjadi salah satu momen untuk silaturahmi nasional para jurnalis.

Meskipun ada beberapa kendala sound sempat hilang, suara tidak terdengar atau terlalu kecil, tetapi keseluruhan acara terbilang lancar dan tertib. Para jurnalis juga menyimak dengan apik serta antusias melontarkan diskusi kepada beberapa petinggi Astra Financial.

Berbagai pertanyaan, masukan dan komentar para pimpinan media dan reporter lain yang hadir saat itu, direspon dengan positif oleh Suparno Djasmin (Direktur PT Astra International Tbk.) “Sejak awal sesi diskusi media, kami mendambakan masukan dan diskusi dalam suasana obrolan yang akrab seperti ini.

Syukurlah hal ini terjawab dengan antusiasme pertanyaan media yang sangat signifikan. Walaupun tentunya tidak bisa menjawab semua pertanyaan, karena satu dan lain hal, kami berharap diskusi yang hangat seperti ini dapat berlanjut pada kegiatan selanjutnya,” tutur Suparno Djasmin.

Ia menambahkan bahwa AstraPay, yang termasuk salah satu unit bisnis Astra Financial, atau Divisi Jasa Keuangan Astra, mengucapkan terima kasih atas dukungan segenap seluruh media yang hadir, baik dari kalangan pimpinan media, maupun reporter. “Semoga diskusi ini menjadi momentum untuk membangun komunikasi dua arah yang lebih baik dan kuat antara AstraPay dan segenap rekan-rekan jurnalis di seluruh Indonesia,” tutup Suparno Djasmin.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.