Dua tahun belakangan ini saya sudah jarang sekali membawa uang dalam bentuk kertas maupun koin. Uang koin paling saya kumpulkan dan saya letakkan di mobil untuk diberikan kepada pak ogah. Sementara untuk transaksi sehari-hari hampir lebih banyak menggunakan digital wallet atau metode transfer.

Advertisement

Perkembangan pembayaran secara digital pun kini lebih banyak dipilih oleh masyarakat karena lebih aman dan mengurangi kontak fisik secara langsung lewat pertukaran uang kertas atau koin. Tidak heran jika saat ini pembayaran digital melalui e-wallet semakin meningkat terutama di kota-kota besar.

Sesi media dialog dan silahturahmi pada National Media Gathering yang menjadi rangkaian acara Grand Launching AstraPay menghadirkan lima narasumber yaitu Director-In-Charge Astra Financial, Transportation, and Logistic Suparno Djasmin, President Commissioner AstraPay & Chief Executive Officer FIFGROUP Margono Tanuwijaya, Chief Executive Officer AstraPay Meliza Musa Rusli, Chief Operating Officer AstraPay Ricky Gunawan, dan Chief Marketing Officer AstraPay Reny Futsy Yama.

Nah, kebetulan 15 September 2021 lalu, PT Astra Digital Arta secara resmi meluncurkan AstraPay sebagai salah satu alternatif digital wallet yang saat ini sudah ada di Indonesia. Ada beberapa kelebihan AstraPay yang ditawarkan dibandingkan dengan dompet digital lainnya. Apa saja ya?

Kelebihan Dompet Digital Astra Pay

  1. AstraPay dapat digunakan untuk melakukan pembayaran angsuran layanan Grup Astra (FIFGroup, Toyota Astra Finance (TAF), Astra Credit Companies (ACC), Maucash).
  2. AstraPay dapat digunakan untuk bertransaksi secara seamless dimanapun dan gerai apapun dengan fitur QRIS. Di Indonesia sendiri sudah ada sekitar 9 juta merchant yang menerima pembayaran dengan sistem QRIS ini. Bahkan kamu bisa membeli mi ayam atau bakso favorit dengan pembayaran lewat QRIS. 
  3. AstraPay dapat digunakan untuk pembayaran angkutan umum seperti MRT Jakarta dan Transjakarta.
  4. AstraPay dapat digunakan untuk pembayaran tagihan listrik, PDAM, TV Kabel, BPJS, pajak, pembelian token listrik, pulsa handphone maupun paket data.
  5. AstraPay dapat digunakan untuk metode pembayaran untuk servis kendaraan d Toyota Sales Operation/TSO, Shop&Drive, Isuzu Sales Operation/ISO, Daihatsu Sales Operation/DSO, dan AHASS.
Advertisement
infografis kelebihan astrapay dibandingkan dengan dompet digital lainnya
Infografis kelebihan AstraPay

Apakah AstraPay Aman?

Bagi pengguna baru, tentu pertanyaan itu selalu muncul dalam benak kita semua. Nah, AstraPay menjawab keraguan tersebut dengan lisensi dari Bank Indonesia melalui keputusan No. 22/59/DKSP/Srt/B dan surat keputusan Transfer Dana No. 22/273/DKSP/100.

Lisensi yang diberikan tersebut merupakan salah satu jaminan dari AstraPay untuk standar keamanan data pengguna sesuai dengan regulasi yang berlaku di Indonesia. Jadi, soal keamanan data-data pengguna AstraPay, sepenuhnya akan terjamin aman dan terjaga. Astra tidak akan mungkin akan menggadaikan nama besarnya jika bukan karena sistem keamanan yang sudah dipersiapkan dengan sangat baik. 

Advertisement

Salah satu teknologi yang juga disematkan dalam AstraPay adalah sistem single device authentication. Sistem tersebut memiliki fungsi sangat penting sehingga pengguna hanya bisa melakukan login di satu handphone/device saja. Dengan begitu mencegah orang lain menggunakan akun yang sama di handphone lainnya.

Menurut CEO AstraPay Meliza Musa Rusli mengatakan bahwa “Sesuai dengan tujuan awal, AstraPay adalah aplikasi pembayaran digital milik Grup Astra yang memberikan kemudahan terhadap pengguna dalam melakukan pembayaran digital.” Langkah tersebut adalah kontribusi sebagai technology enabler dari produk-produk yang dikembangkan di dalam Grup Astra.

Hingga saat ini pengguna AstraPay sudah menembus angka 2,3 juta pendaftar. Astra menargetkan 15 juta pengguna hingga 2024. 

Menurut wartawan Senior Ilham Bintang bahwa AstraPay akan lebih mudah mendapatkan kepercayaan dari masyarakat mengingat nama besar Astra. Wartawan tiga zaman tersebut mengatakan bahwa Astra menjadi salah satu bagian yang tidak bisa dipisahkan dari pembangunan Indonesia sehingga perlu mendapatkan dukungan juga dari masyarakat.

Ilham Bintang juga mengingatkan Astra agar dapat mengemban erat kepercayaan masyarakat lewat sistem keamanan yang tepat. Sebagai salah satu korban pembobolan rekening, Ilham yakin bahwa nama besar Astra akan menjaga hal tersebut.

Suparno Djasmin selaku Director-In-Charge dari Astra Financial, Transportation, and Logistic  mengatakan: ”AstraPay berkomitmen mendukung transaksi pembayaran digital di dalam ekosistem Astra maupun luar ekosistem agar transaksi digital berjalan seamless, aman, dan terintegrasi. Komitmen ini sebagai bentuk dukungan Astra terhadap program Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT) yang dijalankan Bank Indonesia.”

“AstraPay hadir melengkapi pilihan di industri pembayaran digital sebagai mitra terpercaya yang solutif terhadap kebutuhan masyarakat Indonesia. Kami meyakini kehadiran AstraPay dapat meningkatkan kenyamanan konsumen Indonesia saat melakukan pembayaran digital. Hal ini tentunya akan berkontribusi positif terhadap Gerakan Nasional Non-Tunai dari Bank Indonesia,” tutup Djasmin.

Infografis AstraPay 15 September 2021

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.