Commuter Line Tetap Jadi Andalan Transportasi Masal

By | February 16, 2020

Commuter Line adalah kereta listrik yang beroperasi di wilayah Jabodetabek. Commuter Line bisa dikatakan menjadi salah satu transportasi masal andalan andalan yang tetap jadi pilihan hingga saat ini.

Advertisement

Commuter Line disebut sebagai salah satu transportasi masal karena dapat mengangkut jumlah penumpang yang banyak.

KRL Transportasi Masal Terbaik

perbandingan krl, lrt dan mrt

Sebagai perbandingan antara MRT, KRL, dan LRT di Jakarta saja, KRL masih mampu mengangkut jumlah penumpang terbanyak.

KRL memiliki delapan sampai dengan 10 rangkaian kereta yang dapat menampung 2000 orang sekali angkut. Sehingga jika ditotal diperkirakan per hari daya angkutnya sekitar 1.2 juta orang penumpang perhari.

Advertisement

Jumlah tersebut lebih banyak dibandingkan dengan kapasitas angkut MRT (170 ribuan per hari), dan LRT (360 ribuan per hari).

Commuter Line adalah Solusi Jitu Kemacetan

Fakta tersebut membuat Commuter Line dianggap sebagai salah satu solusi jitu kemacetan. Dengan waktu tempuh yang lebih singkat serta ongkos yang murah, diharapkan lebih banyak orang yang beralih dari kendaraan pribadi dengan menggunakan KRL.

Advertisement

Kelebihan lain KRL yang tidak dimiliki oleh MRT dan juga LRT adalah harga ongkosnya yang jauh lebih terjangkau dibandingkan dua moda transportasi lain.

Tetapi, jika dibangkan dengan bus Transjakarta, harga ongkosnya masih sedikit lebih mahal KRL.

Dengan alasan jumlah daya angkut penumpang itulah KRL tetap dianggap sebagai salah satu transportasi masal yang paling bisa diandalkan di kota metropolitan seperti di Jakarta.

Naik KRL untuk pertama kalinya pun menjadi salah satu pengalaman yang menarik. Apalagi sebagai warga ibu kota, belum lengkap rasanya jika belum pernah naik KRL.

Kamu juga bisa memanfaatkan konektivitas yang sudah dibangun oleh pemerintah. Artinya kini kamu bisa berpindah dengan mudah menggunakan semua alat transportasi masal baik itu KRL, MRT, LRT dan juga Bus Transjakarta seperti di kota-kota modern di luar negeri.

Author: Bang Dzul

Geek Blogger, An Inbound Marketers, SEO Specialist, Community Management Specialist. Open partnership.

2 thoughts on “Commuter Line Tetap Jadi Andalan Transportasi Masal

  1. Nurul Mutiara R.A

    Aku paling suka kalau pergi jarak jauh pakai kereta api. Tapi belum pernah sama sekali naik Commuter Line. Padahal udah ke Jakarta 2 kali. Harusnya nyoba kali ya meski 1 kali hehe

    Reply
    1. Dzulfikar Post author

      Iya betul banget mbak Nurul. Sesekali memang harus coba naik KRL. Moda transportasi ini paling oke kalau mau ke Bogor dan Bekasi dari Jakarta, begitu juga sebaliknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.