Fitur Baru Grand New Veloz dan Avanza Terungkap di GIIAS 2015

By | August 25, 2015

GIIAS 2015 (Gaikindo Indonesia International Auto Show) yang diselenggarakan di International Convention Exhibition BSD, Tangerang Selatan atau lebih dikenal dengan ICE BSD berlangsung dengan meriah dan megah. Tentu saja salah satu ajang pameran mobil terbesar di Asia Tenggara ini bukan hanya menarik minat pengunjung dalam negeri, tetapi juga dari luar negeri dan beberapa jurnalis dari negeri Sakura.

Pameran yang akan berlangsung dari tanggal 20 Agustus 2015 sampai dengan 30 Agustus 2015 ini dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla. Hadir pula beberapa pimpinan perusahaan tak terkecuali dari Toyota. Bahkan saya sempat menyaksikan mantan Menteri Perdagangan Rachmat Gobel yang juga pengusaha Panasonic sempat mengunjungi Booth Toyota untuk mengenal lebih dekat Alphard Hybrid yang baru saja di launching di GIIAS2015.

Toyota memiliki booth yang aksesnya paling dekat dengan pintu masuk dari Hall 10. Di Hall 10 ICE BSD inilah para pengunjung menyemut untuk melihat secara langsung mobil terbaru yang diluncurkan oleh Toyota Astra yakni Grand New Veloz dan Grand New Avanza.

Duo MPV maut ini memiliki senjata baru baik dari tampilan eksterior, interior, security, maupun kecanggihan mesin. Perubahan signifikan hampir terjadi dalam aspek tersebut. Dilihat dari segi eksterior, Grand New Veloz dan Avanza masih memiliki streamline tipe Avanza lama. Identitas Veloz dan Avanza tidak dihilangkan sama sekali. Setiap orang yang pertama kali melihat Grand New Veloz dan Avanza pasti bisa langsung mengenali dari mulai lampu yang lebih futurisitk dan body mobil yang lebih berkarakter.

Jika diminta memilih, tentu saja saya akan memilih Grand New Veloz. Semua fitur yang ada di dalam Grand New Avanza sudah tersedia di seri Grand New Veloz. Namun sebaliknya, ada beberapa fitur Grand New Veloz yang tidak dimiliki oleh Grand New Avanza. Untuk pilihan warna Grand New Veloz memberikan warna terbaik. Sebut saja Dark Red Mica Metalic yang benar-benar mencerminkan kemewahan. Tak perlu khawatir untuk pilihan warna lain, Grand New Veloz tersedia juga untuk warna Black Metalic, White, dan Silver Mica Metalic.

Dari segi tampilan depan saja kita sudah bisa melihat perbedaan antara Grand New Veloz dan Grand New Avanza. Perbedaan tersebut terletak pada grill depan. Grand New Veloz memiliki gril yang lebih sporty dan garang. Sedangkan Grand New Avanza memiliki gril yang kalem nan elegan. Sedangkan di sektor buritan, Grand New Veloz memiliki granish yang lebih manis untuk mempercantik penampilan. Bahkan detail terkecil pun seperti sirip ikan menempel di lampu rem belakang yang membantu aliran udara yang melewati body samping. Selain fungsional juga terlihat lebih sporty dan manis.

Mata kucing Grand New Veloz berbentuk bulat di sudut kiri dan kanan bawah, dilengkapi dengan rear sensor parking yang akan membantu pengemudi untuk mengetahui objek di belakang yang tak terjangkau pandangan mata. Smoothing Panel yang halus membuktikan pengerjaan dan desain yang rapih nan lembut.

Beberapa garnish atau pemanis memang sengaja disematkan pada Grand New Veloz. Beberapa sentuhan diberikan mulai dari garnish fog lamp hingga diatas nomor seri bagian belakang yang menambah terkesan elegan nan sporty.

Menilik kedalam interior ada beberapa perubahan signifikan pula. Selain kabin lebih kedap suara, safety belt dan headrest kini juga disediakan bagi penumpang ditengah baris kedua. Dan lagi untuk keluarga kecil yang baru memiliki baby, kini tidak perlu repot lagi untuk mengencangkan car seat anak. Safety belt khusus sudah tersedia di roof bagian tengah yang dikhususkan untuk mengencangkan car seat baby pada kursi penumpang.

Balutan kulit pada stir mobil memberikan kesan yang mewah. Apalagi ditambah dengan switch yang membantu pengemudi untuk mengontrol audio dan radio tape langsung dari stir. Untuk berkendara lebih ekonomis kini Grand New Veloz sudah dilengkapi dengan Eco Driving Indicator di speedometer yang akan menunjukkan cara berkendara yang hemat bahan bakar.

Indicator lain yang jarang diperhatikan adalah front passanger seat belt warning. Bukan hanya sopir saja yang diberikan warning indicator untuk menggunakan seat belt, namun kini juga penumpang wajib menggunakan seat belt demi keselamatan. Untuk benturan samping sudah dilindungi dengan side impact beam, sementara benturan depan sudah dilengkapi dengan dual srs airbags sehingga menjadikan MPV Grand New Veloz menjadi semakin aman dan nyaman dikendarai oleh keluarga.

Fitur keselamatan pada Grand New Veloz dan Avanza menjadi sektor yang banyak diperhatikan saat ini. Fitur keselamatan standar internasional Isofix pun sudah diaplikasikan pada Grand New Veloz dan Avanza terutama bagi keluarga kecil yang baru memiliki anak yang kerap menggunakan baby car seat.

IMG_20150822_184415

Untuk mendapatkan ruang yang lebih luas untuk bagasi belakang, kini tinggal menekan dengan mudah button kursi belakang yang dapat dilipat kedepan hanya dengan satu sentuhan saja (one touch tumble). Lebih praktis lagi kini kursi belakang dan tengah terbagi dua 50:50, sehingga jika tetap dibutuhkan hanya salah satu bagian saja yang bisa dilipat. Sementara bagian lainnya bisa digunakan penumpang untuk duduk.IMG_20150822_184350

Dari segi safety, standar pengereman Grand New Veloz dan Avanza sudah dilengkapi dengan system pengereman ABS standar semua mobil Avanza tipe terbaru. Pengemudi tidak perlu khawatir mobil akan selip di jalanan yang licin sehabis hujan atau berpasir.

Saat menghadapi banjir pun Grand New Veloz dan Avanza tidak perlu khawatir lagi karena lubang udara ditempatkan diatas grill sehingga akan terbebas dari banjir. Untuk sector dapur pacu, Grand New Veloz dan Avanza sudah dilengkapi dengan mesin lebih canggih, dual VVT-I yang membuat mesin semakin bertenaga dan semakin irit dikelasnya. Apalagi kini Grand New Veloz tersedia untuk kapasitas mesin 1.3 sehingga konsumsi bahan bakar akan semakin efisien.

IMG_20150822_184502

Untuk kemudahan pengemudi dan system keamanan, Grand New Veloz sudah dilengkapi dengan kunci immobilizer sehingga aman dari pencurian karena kunci tidak dengan mudah dapat di duplikasi karena memiliki chip khusus yg tidak mudah ditiru.

Grand New Veloz memiliki tampilan yang lebih stylish dan sporty, wajar jika harganya pun sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan Grand New Avanza yang fungsional. Untuk tipe Grand New Veloz paling rendah 1.3 Veloz M/T dibandrol dengan harga Rp 204.200.000,- sedangkan untuk tipe paling mahal Grand New Veloz dengan transmisi otomatis kapasitas 1.5 dibandrol dengan harga Rp 226.900.000.

Untuk tipe Grand New Avanza paling rendah 1.3 E M/T dibandrol dengan harga Rp 180.600.000,- sedangkan tipe paling mahal untuk Grand New Avanza anda bisa membawa pulang tipe 1.5 M/T dengan harga Rp 211.000.000,- (Harga area Jakarta)

36 thoughts on “Fitur Baru Grand New Veloz dan Avanza Terungkap di GIIAS 2015

  1. Pingback: M. Reza: Pertamax Turbo Diluncurkan Bukan untuk Menghapus Premium - DzulfikarAlala.com

  2. Dzulfikar Post author

    kata orang, jgn pernah berhenti bermimpi mbak Okti 🙂 semangat

  3. k.ginting

    wah… ketemu sama mentri perdagangan ya.. kok ngga foto bareng… sepertinya lebih tertarik sama veloznya dibandingkan sama mentri nich 🙂

  4. k.ginting

    wah… ketemu sama mentri perdagangan ya.. kok ngga foto bareng… sepertinya lebih tertarik sama veloznya dibandingkan sama mentri nich

  5. Donna Imelda

    Sebagai perempuan bekerja sekaligus ibu dan istri yang punya segambreng kegiatan, Veloz nyaman dan gaya. Toyota melalui Veloz, makin mengukuhkan diri sebagai produsen mobil keluarga pilihan nomer satu di Indonesia.Terus menyajikan pembaruan2 di setiap kemunculannya.

  6. Dewi

    Kalo saya pas pertama liat dari bodinya, udah mulai suka sama si Veloz merah nih mas. Eh, pas liat interior serta fitur-fitur lainnya jadi naksir berat deh 😀

  7. gardino

    Rata-rata semua menunjuk grand new veloz sebagai pilihan. Apa ini tanda Avanza akan ditinggalkan ya 😀

  8. Astari Ratnadya

    Toyota makin mempesona ajaaa sihhh.
    nabung ah buat ganti Veloz *horang kayah*

  9. Dzulfikar Post author

    fitur keamanannya juga nambah kyk immobilizer dan pengereman ABS

  10. Jarwadi MJ

    kebanyakan pembaca di sini sepertinya semuda saya, jadi memilih veloz dibanding avanza, tapi keduanya ok juga sebenarnya

  11. Dzulfikar Post author

    standar keselamatan mobil Eropa pasti ada kamera belakang

  12. Dzulfikar Post author

    sok atuh pak guru, kan sertifikasi udah cair hehe

  13. Dzulfikar Post author

    tunggu apa lagi mas, mumpung banyak diskon hehe

  14. Dzulfikar Post author

    tipe 1.3 mmg menjawab permintaan masyarakat. lebih irit tp tetap bertenaga.

  15. Dzulfikar Post author

    yg merona mah banyak mas selain veloz, cm gak dijual hehehe

  16. Shintaries Nijerinda

    Kayaknya semua milih Veloz deh ya
    keren abis sih

  17. Dani

    Veloz dari tipe 1.3 g nya aja udah greng tampilannya. Bikin mupeng tralala. Apalagi dibandingin sama yang saya pake sekarang. Harga sama tapi dipegang aja kerasa bedam 🙁

  18. Hazmi Srondol

    Veloz terlalu sporty, mas. bikin istri gak setuju beli. hahahhaha

  19. Keke Naima

    saya suka sama Veloz yang tipe 1.5. Apalagi ada kamera belakang kayaknya bakal bantu banget buat saya yang suka deg-degan kalau parkir mundur hehehe

  20. Choirul Huda

    veloz warna merah itu memesona banget mas 🙂
    anggun dan stylish…

    suka sama tongkrongannya yang ngejreng tapi ga terlalu mencolok di tempat umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.