Ganti Timing Belt Karimun Kotak 2002 | Biaya dan Panduannya

By | November 13, 2020

Ganti timing belt karimun kotak ternyata menjadi langkah awal jika kamu baru saja mendapatkan mobil bekas. Gejala timing belt harus diganti bisa berdasarkan usia dari km atau suara yang berisik.

Rata-rata pengguna yang mendapatkan mobil bekas, langkah awal yang dilakukan untuk memperbaiki beberapa part yang sudah aus atau segera diganti adalah timing belt.

Lalu apa itu timing belt? Timing belt adalah sabuk karet bergerigi yang digunakan untuk memutar poros camshaft yang dihubungkan melalui sprocket camshaft dan sprocket crankshaft.

Umur Timing Belt Karimun Kotak Old

Penggantian timing belt biasanya dilakukukan secara rutin jika mobil sudah menempuh jarak hingga 60.000 km. Supaya aman rata-rata umur penggantian timing belt dilakukan setiap 50 ribu km sekali.

Nah, karimun kotak saya baru ganti timing belt setelah lima bulan pemakaian. Untungnya timing belt lama tidak sampai putus. Kendalanya fan belt sebenarnya sudah berisik. Supaya lebih senyap bukan hanya ganti fan belt tapi juga timing belt biar satu paket.

Penggantian timing belt cimun (sebutan buat karimun kotak 2002 saya), ini dilakukan di Bengkel Sumber Cahaya BSD Autopart BSD City. Tadinya mau ganti di Yovie Prima Motor BTC Bintaro, tapi barangnya sedang kosong.

Advertisement

Nah, dari kilometer inilah kamu bisa memberikan patokan kapan harus mengganti timing belt. Mobil bekas berusia 10 tahun ke atas rata-rata sudah menempuh antara 150 ribu sampai dengan 200 ribu km. Nah, alasan itulah yang membuat beberapa pengguna memprioritaskan mengganti timing belt terlebih dahulu sebelum mengganti part lainnya.

Untuk mobil Suzuki Karimun Kotak disarankan menggunakan part SGP Suzuki asli karena lebih kuat dan suaranya lebih senyap.

Meskipun memang ada beberapa rekomendasi lain seperti Continental Jerman. Dari harganya bisa setengahnya SGP, tetapi menurut beberapa pengguna lebih berisik dibandingkan dengan timing belt SGP.

Timing belt SGP ori

Untuk timing belt set Suzuki Karimun Kotak dibandrol sekitar Rp415 ribu. Satu set tersebut termasuk timing belt SGP dan bearing NTN.

Sebagai referensi jika memilih timing belt set Continental dengan bearing NTN, saya cek harganya secara online sekitar Rp258 ribu. Lebih terjangkau bukan?
Nah, jika mau puas bisa menggunakan SGP, tetapi jika dana mepet dan timing belt sudah menjadi urgent, sebaiknya langsung diganti dengan yang terjangkau.

Untuk ongkos pasang timing belt ini harganya antara Rp160 sampai dengan Rp180 ribu tergantung bengkel tempat pengerjaannya (non beres).

Nah, karena posisi water pump ini ada di dalam, jadi ketika mau ganti timing belt alangkah baiknya jika sekalian mengganti atau mengecek water pump sekalian. Jadi biar ongkos pasangnya sekalian tidak dua kali bongkar untuk dua hal yang berbeda.

Untuk water pump aisin ini dibandrol sekitar Rp236 ribu. Beberapa ada juga yang menggunakan merek GMB dan tidak ada kendala.

Advertisement

Nah, karena berurusan dengan water pump mau gak mau memang harus menambah air radiator. Kalau saran saya sih sekalian aja ganti coolant. Lebih bagus lagi kalau sekalian dikorok dulu sebelum ganti timing belt. Jadi, pas ganti water pump udah rontok kotoran atau karat sebelumnya.

Proses pemasangan timing belt
Panduan setelan timing belt di FB Group Karimun Kotak Solutions

Nah, jika kamu memang punya nyali untuk memasang sendiri, bisa melihat panduannya di Group Karimun Kotak Solutions yang memberikan informasi dengan baik. Bahkan bisa langsung berdiskusi jika ada kendala lainnya.

Harga Timing Belt Karimun Kotak Old

Advertisement

Perkiraan anggaran biaya untuk mengganti timing belt karimun kotak;

Timing Belt Set SGP (Timing belt + bearing NTN)Rp418.000
Busa timing beltRp30.000
Seal noken asRp75.000
Water pump aisin karimun kotakRp236.000
Fan belt karimun kotak SGPRp77.0000
Bearing pulley fan belt karimun kotakRp43.000
Coolant Ecstar Suzuki 4 literRp119.000
Ongkos pasangRp180.000
Grand TotalRp1.178.000

Penggantian timing belt ini usahakan di bengkel yang benar-benar memahami cara pemasangannya. Karena akan berpengaruh kepada performa mesin dan pengaturan stasioner juga.

Jika sudah melakukan penggantian timing belt dan seperangkat pendukungnya, biasanya tarikan jadi lebih enteng, suara mesin pun menjadi lebih senyap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.