Pernah merasakan AC mobil karimun kurang dingin terutama di siang hari? Tenang, ada beberapa langkah yang harus dilakukan supaya AC kermbali menggigil. Kondisi AC kurang dingin pada mobil karimun kotak tahun 2002 ini setelah 5 bulan pembelian.

Beberapa penyebab AC kurang dingin biasanya karena evaporator kotor, freon bocor, atau kompresor ACnya rusak. Tapi, sebelum memutuskan untuk memeriksakan ke tukang AC yang tepercaya dan jujur. Sebenarnya kamu bisa melakukan identifikasi dan membersihkan terlebih dahulu dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Advertisement

Periksa kondisi evaporator

Langkah awal sebenarnya sangat mudah yaitu dengan identifikasi kondisi evaporator. Buka saja lubang evaporator dan diperiksa apakah evaporatornya kotor atau tidak. Jika evaporator kotor, bisa dibersihkan dengan semprotan air. Jangan menggunakan semprotan dengan tekanan yang terlalu tinggi karena bisa merusak kisi-kisi evaporator.

Kondisi evaportor yang kotor penuh debu

Jika evaporator tertutup debu seperti gambar. Kamu bisa membersihkannya sendiri. Kebetulan saya punya semprotan burung. Di toko online harganya sekitar Rp35 ribuan untuk ukuran 1 liter, Tapi, karena efek pandemi harganya naik jadi sekitar Rp75 ribuan.

Bersihkan evaporator secara berkala

Langkah kedua, yaitu dengan membersihkan evaporator dari debu dan kotoran lainnya. Cara membukanya ada di bagian belakang laci kabin sebelah kiri. Ada dua baut yang harus dibuka yaitu di bagian bawah dan di belakang laci kabin. Cukup menggunakan obeng plus dan kunci pas ukuran 10.

membersihkan evaporator dengan semprotan burung
Isi dengan air sabun atau sunlight secukupnya

Tekanan air dari semprotan burung ini cukup ampuh kok membersihkan debu-debu yang menempel pada evaporator. Cek evaporator cukup rutin misalnya satu bulan sekali.Selain memberishkan evaporator, kamu juga bisa mencoba membersihkan blower. Letaknya ada di sebelah kanan.

Advertisement

Blower berbentuk bulat dan memiliki dinamo. Cek juga dinamonya apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak.

Cek kondisi AC ke tukang service AC terpercaya

Jika setela mencoba membersihkan evaporator masih kurang dingin, cobalah untuk diskusi atau memeriksakan kondisi AC ke tukang AC yang tepercaya.

kompresi ac dan freon normal
Kiri kompresi, kanan freon

Saya memeriksakan kondisi AC mobil Karimun saya ke Tukang AC Sejuk Abadi di BSD Autoparts berdasarkan rekomendasi dari Google Search Locations. Mas Yono, pemiliknya sangat ramah dan selalu penuh dengan pelanggang.

Saat saya mau memeriksakan AC mobil saya sebenarnya mas Yono sedang menunggu dua konsumen lain yang sudah bikin janji. Sembari menunggu saya bujuk mas Yono untuk mengecek kondisi AC mobil saya tanpa harus diperbaiki.

cek kompresi ac dan freon
Pengecekan AC Karimun

Menurut pemeriksaan mas Yono yang juga rekenan Denso resmi, evaporator saya sudah berlendir dan disarankan untuk mengganti yang baru.

Kondisi kompresi AC masih cukup baik antara 30 sampai dengan 25. Sedangkan kondisi freon pun tidak ada kebocoran, jarum menunjukkan di angka 95.

pengecekan ac mobil karimun kotak
Cek AC Karimun Kotak

Jadi, menurut mas Yono kondisi AC masih normal dan cukup baik. Tapi, jika dirasa kurang dingin, dia menyarankan untuk mengganti evaporatornya dengan Denso original. Kisaran harganya antara Rp1 juta sampai dengan Rp1.5 juta belum termasuk ongkos pasang.

Cara membuat AC Karimun Kotak Makin Dingin

Berhubung harga evaporator memang cukup tinggi, akhirnya saya mencoba ide dari grup Facebook Karimun Kotak Solutions dengan menambahkan AC atau Cooling Fan Komputer di depan pintu masuk angin menuju evaporator.

Memasang cooling fan atau kipas pendingin komputer

Cooling Fan yang saya gunakan berukurang 12 inchi sesuai dengan saran dari teman-teman KKS yang sudah mempraktikkannya. Jika mencari di lapak harganya mungkin murah ya, hanya Rp5.000 saja, tapi karena agak susah mencarinya di tempat barang bekas, saya membelinya di toko komputer.

Advertisement

Satu cooling fan Komputer ukuran 12 inci gaming ternyata dibandrol Rp35 ribu. Di beberapa marketplace dengan barang yang sama sekitar Rp25 ribuan. Tapi, itupun belum termasuk ongkos kirim ya.

kipas karimun kotak
Kipas komputer meniup evaporator

Posisi pemasangan dengan arah tiupan ke evaporator. Jadi tiupan ke dalam bukan ke luar. Pemasangannya mudah tinggal menggunakan kabel ties saja teman-teman.

Mengoperasikan AC dengan metode ini

Bisa jadi cara menggunakan AC karimun kotak selama ini salah atau kurang tepat. Tips ini juga saya dapatkan dari rekan di KKS (Karimun Kotak Solutions).

  1. Hidupkan blower di posisi 3
  2. Tutup semua jendela dengan rapat
  3. Tunggu selama 5 menit, nyalakan AC, turunkan blower ke posisi 2.
  4. Pendingin disetel setengah saja supaya freon tidak beku yang membuat Ac tidak dingin.

Nah begitulah beberapa langkah yang bisa dilakukan sebelum memutuskan mengganti evaporator.

Jika langkah-langkah tersebut sudah dilakukan tapi masih belum ada efeknya. Barulah kamu bisa memutuskan untuk mengganti evaporator.

Pastikan hanya menggunakan evaporator asli Denso, agar kualitasnya juga terjamin. Jika dana kurang lebih baik menabung terlebih dahulu daripada membeli barang yang kurang berkualitas sehingga ujungnya Ac tetap tidak dingin.

Join the Conversation

1 Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.