Ada beragam destinasi wisata di Bali yang awalnya ditutup karena pandemi, namun sekarang satu per satu sudah mulai dibuka kembali dan dapat dikunjungi wisatawan. Hal ini adalah kabar yang sangat baik bagi wisatawan yang rindu dengan nuansa liburan di Bali.

Akan tetapi, liburan di masa pandemi seperti ini tidak sama lagi dengan liburan ketika sebelum pandemi. Kenapa ? karena sekarang wisatawan harus bisa menyesuaikan diri dengan kebiasaan baru ketika liburan.

Photo by Stijn Dijkstra from Pexels

Misalnya saja Anda harus update informasi persyaratan penerbangan di sini dan terbiasa dengan menerapkan protokol kesehatan dan juga persiapan liburan di masa pandemi ini harus Anda lakukan dengan lebih jeli dan juga hati-hati.

Agar liburan Anda nyaman dan aman serta menyenangkan, berikut ini ada lima persiapan yang dapat dilakukan sebelum pergi berlibur ke Bali.

1. Menentukan Destinasi Wisata yang Aman

Jika Anda belum menentukan tempat wisata secara spesifik untuk di kunjungi di Bali, maka Anda bisa memulainya dengan menentukan destinasi wisata yang dapat dikunjungi. Caranya mudah. Anda bisa mencari melalui situs website perjalanan wisata atau mencarinya di media sosial.

Akan tetapi, karena sekarang masih dalam masa pandemi, maka faktor kesehatan adalah hal yang sangat penting terutama ketika menentukan destinasi wisata Bali yang ingin Anda kunjungi. Sebaiknya anda memilih tempat wisata bali yang berada di zona hijau.

Tidak hanya itu saja, pilih juga tempat wisata yang sudah memiliki sertifikat CHSE (Cleanliness, Healthy, Safety dan Environment Sustainability); sertifikat tersebut dikeluarkan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sertifikat tersebut menandakan bahwa pelayanan di tempat wisata itu sudah aman dan juga sudah memenuhi protokol kesehatan, keselamatan dan juga kelestarian lingkungan.

2. Cari Tahu Aturan dan Protokol Kesehatan yang Diterapkan

Setelah Anda memilih destinasi wisata yang aman, maka selanjutnya adalah mencari tahu aturan dan juga protokol kesehatan seperti apa saja yang diterapkan pihak pengelola destinasi wisata tersebut. Misalnya saja dimulai dari jam operasional, bagaimana cara pembelian tiket masuknya, apakah ada pengurangan kapasitas pengunjung sampai syarat berupa dokumen yang harus dipersiapkan.

Mencari tahu aturan yang berlaku di sana sangat penting karena dapat menjaga diri anda dan juga orang lain dari ancaman potensi penularan virus corona. Selain itu, jika Anda mengunjungi tempat wisata lainnya yang ada di Bali jangan sampai berkerumun meskipun sudah memakai masker ya.

3. Pesan Tiket Pesawat dan Penginapan Secara Online

Dengan kita memesan tiket pesawat dan juga pesan penginapan secara online dapat meminimalisir adanya kontak fisik secara langsung dan hampir di seluruh destinasi wisata yang ada di Indonesia sudah menerapkan proses pembelian tiket secara online.

Anda pun juga disarankan untuk melakukan pemesanan secara online jauh hari sebelum tanggal keberangkatan sehingga Anda punya kesempatan untuk memilih tiket dan juga hotel dengan harga terbaik. Dengan memesan tiket jauh sebelum keberangkatan juga dapat memberikan kesempatan untuk anda mempersiapkan segala persyaratan untuk terbang ke Bali.

Salah satu platform untuk memesan tiket pesawat secara online dengan mudah adalah Traveloka. Di sini Anda bisa mendapatkan promo dan juga harga yang lebih kompetitif. Selain itu, dengan memesan tiket secara online di Traveloka maka Anda juga telah meminimalisir kemungkinan kerugian dari kejadian yang tidak terduga yang menyebabkan batalnya rencana liburan. Karena, Anda masih punya waktu untuk mengajukan penggantian jadwal keberangkatan.

4. Membawa Barang Wajib Bepergian Saat Pandemi

Setidaknya ada 4 perlengkapan yang perlu Anda bawa ketika akan berlibur ke Bali diantaranya adalah masker beserta cadangannya. Hal ini karena Anda disarankan untuk selalu mengganti masker maksimal selama 4 jam sekali.

Selanjutnya adalah sabun cair dan hand sanitizer. Kedua barang ini sangat dibutuhkan agar tangan Anda tetap bersih terhindar dari kotoran dan virus selama beraktivitas.

Selanjutnya ada semprotan disinfektan. Nah barang ini sangat penting karena dapat membunuh virus yang menempel pada benda di sekitar Anda. Seperti gagang pintu, meja makan, keranjang belanja dan juga mesin ATM. Terakhir adalah bawa peralatan makan sendiri, ibadah dan peralatan mandi sendiri.

5. Jaga Kondisi Tubuh Sebelum Liburan

Selalu pastikan kondisi tubuh Anda dalam keadaan sehat dan juga fit. Hal ini sangat penting karena akan membuat liburan tetap menyenangkan dan juga aman. Salah satu cek kondisi tubuh adalah dengan melakukan assessment atau deteksi dini secara mandiri bisa dengan memeriksakan diri ke dokter.

Jika Anda sakit ketika akan berangkat ada baiknya liburan ditunda terlebih dahulu. Karena orang dengan kondisi tubuh yang kurang sehat akan lebih beresiko terkena paparan virus dan juga penyakit.

Nah itulah 5 hal penting yang bisa Anda perhatikan sebelum berlibur ke Bali di masa pandemi ini. Dengan menerapkan tips-tips ini diharapkan liburan di masa pandemi ini bisa tetap bisa menyenangkan dan aman. Selamat berlibur!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.