Cara Kirim Uang Lewat Alfamart dengan Mudah

By | November 13, 2016

Salah satu adik saya kini ada yang kuliah lagi di Jakarta. Nah, kebetulan waktu itu saya bingung mau kirim uang ke dia yang belum punya rekening. Ternyata saya baru tahu kalau bisa kirim uang lewat alfamart. Prosesnya juga mudah tanpa antre panjang di bank.

Biasanya memang saya transfer uang lewat atm atau lewat teller di bank. Itupun setelah tahu nomor rekening yang dituju. Awalnya saya tahu karena browsing juga. Jadi di salah satu postingan ada yang kecopetan di pelabuhan dan butuh uang cash segera.

Nah, ternyata di pelabuhan tersebut ada minimarket. Kenapa harus lewat minimarket? Sebetulnya cara konvensional kirim uang tanpa rekening bisa menggunakan wesel pos. Tapi teknologinya udah kalah dengan pengiriman lewat rekening bank.

Apalagi sekarang jumlah minimarket lebih banyak dibandingkan dengan keberadaan kantor pos. Memang sih ada mobil pos yang bisa keliling tapi jumlahnya sangat terbatas. Belum lagi dengan kendala jam buka kantor pos yang mengikuti jam kerja. Beda dengan minimarket yang kadang bisa buka 24 jam.

Singkat cerita, korban yang kecopetan di pelabuhan tersebut bisa mendapatkan uang setelah temannya transfer lewat alfamart. Prosesnya cukup mudah. Kalau kamu juga punya kendala yang sama bisa langsung datang ke alfamart terdekat.

Syarat Kirim Uang Lewat Alfamart

  1. KTP pengirim
  2. No handphone pengirim uang
  3. No handphone penerima uang
  4. Uang yang akan dikirimkan

Setelah semua syarat lengkap, saya lalu mendatangi salah satu alfamart di dekat kantor saya. Tinggal nyeberang aja. Apalagi ada tiga minimarket juga di sekitar kantor saya di Jakarta Barat.

3 Langkah Kirim Uang Lewat Alfamart

  1. Siapkan persyaratan. Petugas akan mengisi lembar formulir pengiriman uang
  2. Sebutkan nomor handphone pengirim dan penerima saat diminta
  3. Pastikan mendapatkan kode pengiriman 10 digit nomor (kode MTCN)

Setelah bilang ke penjaga tokonya, kemudian saya dilayani sama seorang penjaga tokonya. Dia langsung meminta syarat-syarat yang diminta.

Saya langsung sigap memberikan KTP saya. Kemudian dia mencatatnya pada sebuah lembar formulir. Nah, biasanya slip setoran seperti ini kalau di bank, harus nasabah yang mengisi sendiri. Sedangkan di alfamart, penjaga tokonya yang akan mengisi lembar formulirnya.

Setelah semua data lengkap, saya diminta nomor handphone penerima uang. Beberapa cabang ada yang memberikan notifikasi lewat sms. Tapi di cabang yang saya datangi ini hanya memberikan secarik kertas.

Jangan lupa kirim kode penarikan ke orang yang akan menerima uang. Saya hanya tinggal foto bukti resi ini dan kirim menggunakan whatsapp ke adik saya.

Tapi bisa juga sih sms kodenya aja. Khawatir penerima tidak punya paket data jadi gak bisa buka whatsapp, apalagi buka gambar yang dikirimkan.

Biaya Kirim Uang Lewat Alfamart

Seperti di bank, ada biaya admin yang harus dibayarkan. Tapi ada juga sih bank yang tidak menarik biaya admin. Kecuali kalau transfer antar bank biasanya dikenai biaya admin sekitar Rp10.000,-

Nah, sedangkan biaya admin kirim uang lewat alfamart untuk sejumlah uang Rp600 ribu, dikenai biaya Rp15 ribu. Saya kurang paham apakah biayanya lebih besar jika nominal yang dikirimkan juga lebih banyak.

Cara Mengambil Uang Pengiriman di Alfamart

  1. Siapkan kode MTCN 
  2. Siapkan tanda pengenal seperti KTP, SIM, Paspor atau Kartu Pelajar
  3. Serahkan kode MTCN kepada kasir Alfamart
  4. Pengambilan uang

Pengambilan uang sudah tidak dikenai biaya lagi. Jadi, pastikan tidak membayar apapun kepada kasir Alfamart karena biaya pengiriman sudah ditanggung oleh pengirim.

Kelebihan Kirim Uang Lewat Alfamart

  • Bebas antrian pada jam tertentu
  • Buka 24 jam untuk cabang tertentu
  • Proses mudah dan cepat
  • Bisa dicairkan di cabang alfamart mana saja di seluruh Indonesia
  • Syarat mudah tanpa nomor rekening atau atm

Kekurangan Kirim Uang Lewat Alfamart

  • Biaya administrasi lebih mahal dibandingkan pengiriman lewat bank atau atm

Nah, itu sih pengalaman saya kirm uang lewat alfamart. Prosesnya yang sama juga bisa dilakukan di indomaret. Sepengetahuan saya mereka kerjasama dengan salah satu provider telekomunikasi sehingga bisa menggunakan jasa pengiriman uang yang terverifikasi oleh Bank Indonesia.

Nah, cara mengambil uang yang dikirim lewat alfamart juga sangat mudah kok. Adik saya tinggal mendatangi cabang alfamart terdekat, kemudian dia hanya tinggal menunjukkan kode penarikan ke kasir atau penjaga tokonya.

Well, semoga bermanfaat ya. Kalau kamu merasa postingan ini bermanfaat, boleh dong bantuannya di share lewat facebook kamu atau social media yang kamu miliki.

Kalau ada pertanyaan tentang cara kirim uang lewat alfamart ini, kamu bisa kirim pertanyaan lewat komentar di bawah ini.

Tips Kirim uang Lewat Alfamart

  • Metode pengiriman uang lewat alfamart cocok untuk orang yang tidak memiliki rekening apalagi tinggal di desa yang belum ada akses internet.
  • Alfamart memiliki 13 cabang di seluruh Indonesia yang siap melayani layanan pengiriman uang antar cabang.
  • Proses pengiriman uang lebih mudah daripada pengiriman uang di bank.
  • Nominal pengiriman minimal Rp10 ribu, maksimal Rp5 juta sekali pengiriman.
  • Kode MTCN berupa 10 digit nomor yang digunakan untuk mengambil uang oleh penerima. Pengirim harus memberikan kode ini kepada penerima lewat sms atau telepon.
  • Kode MTCN hanya berlaku selama 30 hari. Jika kode MTCN hilang bisa melakukan bantuan ke nomor customer service TrueMoney 08041000100 dengan memberikan informasi identitas pengirim lengkap.

Catatan:

Ternyata ada teman fb saya yang punya pengalaman kirim uang dari Kota Bandung ke Sumedang. Jumlahnya sekitar 2 juta rupiah. Nah, menurut pengalamannya uang malah baru bisa diambil saat kas ditambah pada hari Senin.

Jadi, sekedar saran, untuk jumlah yang lebih besar sebaiknya diambil pada hari kas ditambah yaitu hari Senin. Karena uang kas masing-masing cabang pasti jumlahnya berbeda terutama antara cabang yang ada di kota dan di desa.

Buat yang punya kendala baik cara berkirim uang atau cara menerima uang lewat alfamart bisa melayangkan keluhan seperti informasi yang tertera berikut ini ya guys, Semoga membantu.

453 thoughts on “Cara Kirim Uang Lewat Alfamart dengan Mudah

  1. Diana

    Ko saya mau ngambil uang di alfa g bisa y,katany harus daftar gimn cara daftarny

    Reply
    1. Bang Dzul

      Bukan gak bisa, harus ada kode mtcnnya dari pengirim klo mau ambil uangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.