Advertisement

Kota Cirebon ternyata tidak hanya terkenal dengan kuliner khasnya seperti Empal Gentong. Salah satu yang menurut saya juga enak adalah sajian sate kambing muda di warung Mang Darma, Krucuk, Cirebon.

Seperti apa sih rasanya?

Advertisement

Rasanya benar-benar empuk karena dipanggang hingga matang. Tingkat kematangannya pun sangat pas.

Jujur, setelah sate maranggi khas dari purwakarta, rasanya ini sate paling enak yang pernah saya cicipi.

Sate Kambing Muda Mang Darma ini memang tidak sengaja saya pesan saat road trip ke Cirebon. Saya berangkat pagi dan pulang pada sore hari.

Beberapa tempat yang saya kunjungi memang tidak banyak. Saya dan keluarga hanya mampir di Empal Gentong Mang Darma di kawasan Kurucuk dan Kawasan Batik Khas Cirebon di Batik Trusmi.

Advertisement

Jarak dari Batik Trusmi ke Empal Gentong Mang Darma ini juga tidak terlalu jauh. Begitu juga jaraknya dari pintu tol Palimanan.

Hanya memakan waktu kurang lebih sekitar 15 menit saja dengan mengandalkan petunjuk dari Google Maps.

Harga Sate Kambing Muda Mang Darma

Harga Sate Kambing Muda Mang Darma ini menurut saya jauh lebih murah dibandingkan dengan Sate Kambing Maranggi di Purwakarta maupun Sate Kambing Maranggi di Cianjur.

Harga satu tusuknya hanya Rp4.500 saja. Kalau dibandingkan dengan Sate Madura di pinggir jalan jelas berbeda. Jadi, jangan dibandingkan dengan sate-sate yang lain ya.

Dagingnya lembut dan sudah cukup nikmat jika disantap tanpa menggunakan bumbu kecap pedas yang sudah ditaburi dengan irisan cabai rawit tipis dan tomat yang membuat lebih segar.

Salah satu kebiasaan saya ketika mencicipi kuliner nusantara adalah dinikmati tanpa sajian sambal atau kecap.

Dengan cara seperti itu, saya bisa mencicipi rasa aslinya.

Begitu juga ketika saya mencicipi Coto Makassar. Saya cicipi dulu kuahnya sebelum meraciknya kembali dengan tambahan sambal, kecap, dan perasan jeruk lemon segar.

Jadi, kalau memang kamu kebetulan sedang mampir ke Cirebon, tidak ada salahnya untuk mencoba makanan khas Cirebon lainnya.

Memang sih, salah satu kuliner Cirebon yang terkenal adalah Empal Gentong Haji Apud.

Tapi, tak ada salahnya mencoba beberapa merek Empal Gentong lain seperti Empal Gentong Krucuk atau bahkan Empal Gentong Mang Darma yang juga menyajikan Sate Kambing Muda yang empuk dan nikmat ini.

Advertisement

Geek Blogger, An Inbound Marketers, SEO Specialist, Community Management Specialist. Open partnership. contact delapanempat[at]gmail[dot]com

Join the Conversation

2 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  1. lumayan dapat referensi baru ketika ke Cirebon, selama ini cuman empal gentong dan Tahu gejrot. Lihat postingan ini jaid pingin makan sate kambing muda ini,.