Traveling

Warna Warni Festival Pesona Lokal Jakarta

festival pesona lokal jakarta

Jujur aja dari dulu saya selalu tertarik untuk motret Festival Budaya dengan kostum warna warni yang meriah. Kebetulan banget tanggal 11 November 2018 lalu, saya bisa langsung menghadiri Festival Pesona Lokal Jakarta di Gelora Bung Karno, Jakarta.

Oh ya, festival budaya ini adalah penutupan dari rangkaian Festival Pesona Lokal yang sudah diselenggarakan di 9 kota. Uniknya bukan cuma parade karnaval budayanya aja.

Kegiatan ini juga bersamaan dengan diselenggarakannya beberapa lomba lain seperti lomba mural, lomba kreasi makanan daerah dan lomba UMKM serta pasar rakyat.

Bocorannya nih, Festival Pesona Lokal Jakarta ini diikuti oleh hampir sekitar 10 ribu peserta dari Jabodetabek. Bahkan beberapa pemenang parade budaya dari 8 kota lainnya juga diundang kembali.

Demi menghadiri festival pesona lokal Jakarta ini saya rela berangkat pagi-pagi. Ya, kapan lagi dong bisa hadir sambil ngumpulin konten menarik seperti ini.

Kalau harus jalan sampai ke Jember untuk nonton Jember Festival kan harus ngongkos banyak. Kalau ke GBK doang sih saya tinggal naik Commuter Line doang.

festival pesona lokal jakarta

Namanya GBK saat Car Free Day itu super macet luar biasa. Makanya, kalau pas ada acara seperti ini di GBK mendingan jangan bawa kendaraan pribadi. Cukup andelin aja ojek online atau taksi online.

Suasana pagi di Area Parkir Selatan GBK beneran meriah. Saya datang sekitar pukul 07.00 WIB. Ternyata sudah ada 7500 peserta yang sudah bersiap untuk memeriahkan Parade Karnaval Budaya sepanjang 3,8 km dari Jalan Multatuli, mengelilingi Sudirman dan balik lagi ke Area Parkir Selatan GBK.

festival pesona lokal jakarta

Waktu motret-motret para peserta, saya juga sempat liat budayawan Betawi Ridwan Saidi. Udah sepuh tapi masih semangat buat menghadiri acara seperti ini.

Beberapa tokoh lain juga hadir seperti JJ Rizal dan tak ketinggalan Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan.

festival pesona lokal jakarta

Oh ya, Festival Pesona Lokal Jakarta ini itu salah satu program CSR Adira Finance, Kementerian Pariwisata (Pesona Indonesia) dan iNews yang didukung sama Adira Insurance.

Rangkaian kegiatan ini diselenggarakan selain untuk mempromosikan potensi budaya, pariwisata dan kearifan lokal daerah juga dalam rangka HUT Adira Finance ke-28. Wah, usia yang lagi matang-matangnya membangun karir ya.

festival pesona lokal jakarta

Selama ini jujur aja saya selalu mupeng kalau liat timeline Instagram Adira Finance kalau lagi di daerah lain saat penyelenggaraan Festival Pesona Lokal.

Sempet sih waktu saya jalan ke Medan, berbarengan dengan kegiatan Festival Pesona Lokal Medan. Sayang belum berjodoh bisa ikutan. Makanya pas ada kegiatan yang sama di Jakarta, saya gak mungkin melewatkannya.

festival pesona lokal jakarta

Kegiatan ini tuh udah diselenggarakan di Bandung, Solo, Bali, Makassar, Pontianak, Medan, Palembang dan berakhir di Jakarta. Dari kota-kota itu saya masih penasaran karena belum pernah ke Pontianak dan Palembang.

Makanya beruntung banget pas hadir di Jakarta, minimal bisa liat baju adatnya aja secara langsung udah senang. Moga jadi doa biar bisa segera pergi ke kedua kota tersebut. Amin.

festival pesona lokal jakarta

Kostum-kostumnya beneran amazing lho. Kalau menurut saya sih yang paling total banget itu kostum yang naga hijau ini. Dia sampai bikin ekornya panjang banget.

festival pesona lokal jakarta

Acara ini juga dibuka langsung oleh Direktur Utama Adira Finance bapak Hafid Hadeli dan management Adira Finance dan Direktur Utama Adira Insurance Bapak Julian Noor dan jajaran managementnya.

festival pesona lokal jakarta

Dalam pembukaannya, bapak Hafid Hadeli memberina ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat Jakarta yang sudah mendukung acara Festival Pesona Lokal Jakarta.

direktur-adira-finance-dan-adira-insurance
(Ki – ka): Wirdati, Head of Brand & Communication; Hafid Hadeli, Direktur Utama Adira Finance; Julian Noor, Direktur Utama Adira Insurance; Swandajani Gunadi, Director SDM Adira Finance pada penyelenggaraan Festival Pesona Lokal di Jakarta, 11 November 2018

Kalau dilihat dari beberapa kostum yang ada sih kostum Jakarta ini menurut saya rada kurang happening ya hahaha. Tapi, temanya udah dapet banget. Ada ikon ondel-ondel, topeng dan sayap yang mengembang.

festival pesona lokal jakarta

Nah, kalau dibandingkan dengan kostum dari daerah lain, setiap orang punya tema sendiri-sendiri. Jadi, totally beda satu sama lain tapi tetap mengusung kearifan lokal dari daerahnya sendiri.

festival pesona lokal jakarta

Acara ini juga sebetulnya dimeriahkan oleh penyanyi Via Valen dan Judika. Sayang banget saya harus capcus sebelum mereka manggung. Yap, soalnya ada kerjaan lain lagi yang gak bisa ditinggalkan.

festival pesona lokal jakarta

Salut banget deh buat Adira Finance yang bikin acara untuk mengenalkan budaya bangsa seperti ini.

Saya sampai takjub. Saya yakin bukan cuma saya aja yang menikmati parade karnaval budaya, tapi juga beberapa pengunjung yang tidak habis-habisnya selfie, membuat IG stories, bikin vlogging sampai bawa anak-anaknya buat foto-foto dengan peserta dengan kostum paling heboh.

festival pesona lokal jakarta

Kabar baiknya, acara Karnaval Budaya Adira Finance juga mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk karena diselenggarakan secara berseri dengan lokasi terbanyak.

Penghargaannya langsung diberikan oleh Direktur Utama MURI Jaya Suprana kepada Bapak Hafid Hadeli.

festival pesona lokal jakarta

Overall, saya puas banget bisa banyak dapetin konten. Aneka ragam budaya ini seharusnya memang tetap dirawat, dijaga dan dilestarikan.

festival pesona lokal jakarta

Mudah-mudahan bukan cuma Adira Finance aja yang bisa bikin acara sekeren ini. Program CSR seperti ini yang sebetulnya ditunggu masyarakat.

festival pesona lokal jakarta

Even-even seperti ini sebetulnya gak perlu nunggu momen seperti hari kartini atau hari nasional lainnya. Seperti yang diselenggarakan Adira Finance, saya yakin banyak seniman dan budayawan yang terangkat dengan acara seperti ini.

festival pesona lokal jakarta

Jangan sampai budaya yang kaya seperti ini mengemis di tanah kelahirannya sendiri. Coba deh tengok ke daerah Tangerang Selatan dan Tangerang. Berapa banyak ondel-ondel yang kini “mengemis” di jalanan.

Semoga generasi millennial juga mengangkat dan melestasrikan kearifan lokal daerahnya masing-masing dengan cara yang berbeda sehingga tidak dilupakan begitu saja.

festival pesona lokal jakarta

festival pesona lokal jakarta

Sosok yang gak bisa dilepaskan dengan perkembangan budaya Betawi di tanah aslinya.

festival pesona lokal jakarta

Berharap banget sih kalau kota Jakarta dipercantik dengan mural-mural seperti ini.

festival pesona lokal jakarta

Gak kalah kece juga untuk lomba muralnya. Temanya menarik banget. Perspektif seniman tentang budaya Jakarta ini yang kadang punya sudut pandang yang beda tapi ngena banget.

festival pesona lokal jakarta

Usahanya patut diapresiasi karena sampai bawa hiasan ondel-ondel segala.

festival pesona lokal jakarta

Sajian semur jengkol dari para peserta lomba masak.

festival pesona lokal jakarta

Ondel-ondel yang jadi ikon Betawi jadi spot paling banyak diburu buat foto-foto.

 

2 comments
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *