Tempat Wisata di Ungaran, Semarang

By | February 15, 2019

Panas adalah salah satu hal yang paling lekat dengan Semarang, Ibukota Jawa Tengah ini. Padahal sebenarnya Semarang tidak selalu panas, khususnya daerah Ungaran atau yang banyak disebut juga dengan nama Semarang Atas.

Berbeda dengan Semarang Bawah yang terik dan lembab karena berhadapan langsung dengan laut, kawasan Semarang Atas sangat sejuk karena berada di perbukitan. Pepohonan menghijau dan udara yang berbeda 180 derajat dari Semarang Bawah pasti bikin kamu betah liburan di sana.

Kawasan ini hampir seperti Batu di Malang Raya, atau Lembang di kawasan Bandung. Pusatnya tempat wisata Semarang, ada di kawasan Ungaran ini. Mulai dari wisata alam yang natural, hingga wisata buatan yang sedang ngehits beberapa tahun belakangan.

Bisa ke mana saja kalau liburan ke Semarang Atas atau Ungaran? Beberapa tempat berikut ini adalah yang paling favorit di kalangan wisatawan baik dalam dan luar negeri.

Gedong Pass

gedong pass semarang

Foto Instagram @ali_musyaffa96

Pemandangan pegunungan di sekitar Ungaran tampak jelas dari Gedong Pass atau yang juga dikenal dengan nama G-Pass ini. Berlokasi di lereng Merbabu, Gedong Pass tidak hanya memiliki pemandangan yang cantik, tetapi juga air terjun yang segar dan banyak spot foto yang ciamik buat dipajang di medsos.

Tiket masuk ke tempat wisata yang berada di Dusun Gedong, Desa Tajuk, Kecamatan Getasan ini pun masih sukarela. Dan asyiknya, tempatnya bisa diakses selama 24 jam, jadi kamu bisa berburu sunset atau sunrise di sini.

Pondok Wisata Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti Semarang

Foto Instagram @jonihepi

Nggak lengkap kalau ke Ungaran tapi tak mampir ke Pondok Wisata Umbul Sidomukti. Bisa dibilang, tempat ini adalah landmark dari Ungaran, dan sudah terkenal sejak bertahun-tahun silam.

Tiga kolam yang ada di kawasan pemandian ini punya pemandangan yang sangat cantik. Lokasinya pun eksotis, berada di antara dua jurang dengan pemandangan yang menyejukkan. Menikmati alam sambil berendam di air yang segar, tentu jadi pelepas penat yang sempurna di akhir pekan.

Tempat wisata yang berada di Desa Sidomukti Jimbaran, Kecamatan Bandungan ini buka selama 24 jam. Tiket masuknya pun murah, hanya Rp 10 ribu saja per orang.

Candi Gedong Songo

candi gedong songo semarang

Foto Instagram @adi_mrizal

Ukuran Candi Gedong Songo memang tak sebesar Candi Borobudur atau Prambanan. Namun ini adalah salah satu candi yang letaknya paling tinggi di Pulau Jawa. Dengan pemandangan alam yang luar biasa di sekitarnya, dan juga pemandian air panas tak jauh dari lokasi Candi Gedong Songo berada.

Selain belajar sejarah, kamu juga bisa refreshing dengan santai di sekitar Candi yang berlokasi di Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang ini.

Curug Lawe Benowo

curug lawe benowo

Foto Instagram @nasyruddin1996

Terletak di Desa Kasidi, Gunung Pati, Ungaran Barat, Curug Lawe Benowo adalah salah satu air terjun tercantik di Semarang. Hanya dengan tiket masuk kurang dari Rp 10 ribu per orang, kamu sudah bisa menikmati indahnya pemandangan alam ini sampai puas.

Curug Lawe Benowo buka setiap hari, mulai pukul 08.00 hingga 15.00 WIB. Jangan lupa siapkan baju ganti dan alas kaki yang anti-selip jika liburan ke sini. Karena percikan airnya membuat jalanan licin dan baju pun basah.

Untuk menuju tempat-tempat wisata di atas, transportasi paling nyaman adalah dengan kendaraan pribadi. Jika kamu berasal dari luar Semarang, bisa sewa mobil di Semarang dan dibawa ke Ungaran.

Mudah saja menemukan sewa mobil di Semarang, kamu bisa mencarinya di Traveloka dan pilih armada yang paling sesuai. Setelah menemukan mobil yang cocok, sekarang waktunya berangkat ke tempat wisata idaman! Happy holiday.

Featured Image Instagram @erlanggaputri

2 thoughts on “Tempat Wisata di Ungaran, Semarang

    1. Dzulfikar Post author

      Tahun kemarin saya sampe dua kali ke Semarang tapi event berbeda. Foto-foto udah banyak tapi belum sempat upload hahaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.